BlogLifestyleKecantikan11 Penyebab Ketombe Yang Perlu Kamu Ketahui
0
0

11 Penyebab Ketombe Yang Perlu Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Shinta Dewi Kurniawati dan Diperbarui oleh Shinta Dewi Kurniawati

Jan 24, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
penyebab ketombetop-right-banner

Ketombe atau dandruff menjadi salah satu masalah rambut yang utama. Gejala yang timbul dari ketombe adalah rasa gatal pada kulit kepala. Penyebab ketombe beragam dan penting untuk diketahui agar kita bisa mencegahnya.

Ketombe biasanya ditandai dengan serpihan putih kecil-kecil yang menyebar di permukaan kulit kepala. Tidak jarang ketombe juga terangkat pada rambut dan jatuh ke permukaan baju. Hal ini menjadi sangat mengganggu karena selain terasa gatal, ketombe juga dapat merusak penampilan.

Terlepas dari masalah ketombe yang menjengkelkan menjadi dambaan setiap orang. Namun, untuk mengatasinya, Pins perlu tahu beberapa hal yang jadi penyebab ketombe. Di artikel ini, Pinhome jabarkan beberapa penyebabnya.

Baca juga:

Jarang Keramas

penyebab rambut rontok
Source : Shutterstock

Keramas bertujuan untuk membersihkan kulit kepala dan rambut agar selalu dalam keadaan sehat. Tentunya, jarang keramas akan membuat kulit kepala tidak sehat yang akhirnya menyebabkan munculnya ketombe. 

Kotoran, minyak, serta debu yang menumpuk di kulit kepala menyebabkan bau tidak sedap dan timbul jamur. Keramas secara rutin akan meminimalisir hal ini terjadi, kulit kepala dan rambut akan tetap bersih dan sehat.

Keramas Tidak Benar

Source : Shutterstock

Penyebab ketombe yang kedua adalah keramas yang tidak benar. Selain jarang keramas, ternyata sering keramas namun tidak dilakukan dengan benar juga dapat menyebabkan ketombe. 

Saat keramas, kita perlu memijat kulit kepala dengan lembut dan usapkan sampo dengan rata. Hal ini bertujuan untuk membersihkan keseluruhan permukaan kulit kepala dan terbebas dari ketombe.

Shampo Tidak Cocok

penyebab ketombe
Source : Kompas

Salah satu penyebab ketombe yang utama adalah penggunaan sampo yang tidak cocok. Seperti diketahui, tipe kulit dan rambut setiap orang berbeda-beda. Ada kulit kering, kulit berminyak, kulit sensitif dan lain sebagainya. 

Sampo yang digunakan saat keramas pun harus sesuai dengan tipe kulit kepala kita. Alangkah baiknya untuk mengetahui sampo mana yang cocok sebelum Pins membelinya. Pada umumnya, di setiap kemasan sampo sudah tertera tipe kulit kepala dan rambut yang cocok untuk digunakan.

Kulit Kepala Kering

penyebab ketombe
Source : Kompas

Kulit kepala kering dapat menjadi penyebab ketombe berikutnya. Saat kondisi kering, kulit kepala akan mudah terkelupas dan luka, hal ini menyebabkan kulit kepala mengalami iritasi.

Iritasi tersebut menimbulkan rasa gatal sehingga kita tergoda untuk menggaruk. Luka yang ditimbulkan akhirnya menyebabkan ketombe. Sebaiknya jaga selalu kelembaban kulit kepala kamu dengan menggunakan shampo yang cocok atau dengan bantuan conditioner.

Kulit Kepala Berminyak

penyebab ketombe
Source : Kompas

Produksi minyak berlebih pada kulit kepala juga dapat menjadi penyebab ketombe. Produksi minyak berlebih umumnya disebabkan oleh kondisi lingkungan sekitar, makanan, serta perubahan hormon.

Minyak akan membuat kulit kepala terlalu lembab, sehingga akan muncul jamur yang menjadi penyebab ketombe. Gunakan shampo yang cocok saat keramas untuk meminimalisir produksi minyak pada kulit kepala kamu, ya Pins.

Baca juga:

Alergi

penyebab ketombe
Source : Kompas

Penyebab ketombe yang berikutnya adalah alergi. Alergi dapat terjadi di setiap bagian tubuh manusia, terutama kulit. Alergi menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit kepala, yang pada akhirnya menimbulkan ketombe. Sebaiknya jauhkan makanan dan kondisi yang membuat alergi kamu timbul untuk menghindari munculnya ketombe.

Jamur Malassezia

penyebab ketombe
Source : Tribun

Jamur malassezia menjadi salah satu penyebab ketombe dan biasanya terjadi pada kulit kepala orang dewasa. Jamur ini akan muncul dengan mudah pada kulit kepala yang berminyak. Dengan adanya jamur ini, pertumbuhan sel kulit kepala menjadi terhambat, sehingga timbul iritasi yang menyebabkan ketombe.

Pola Makan Tidak Sehat

penyebab rambut rontok
Source : Shutterstock

Pola makan tidak sehat ternyata bukan hanya berpengaruh pada kondisi kebugaran, namun juga dapat menjadi penyebab ketombe. Kurangnya nutrisi seperti zinc, vitamin B, serta beberapa jenis lemak esensial dapat mempengaruhi timbulnya ketombe. Segera perhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu, ya Pins.

Stres

penyebab rambut rontok
Source : Shutterstock

Stres ternyata menjadi penyebab ketombe secara tidak langsung. Jika manusia mengalami stres, maka akan terjadi perubahan hormon yang tidak menentu. Perubahan hormon ini akan meningkatkan produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Terkadang, kondisi stres juga membuat kita sering menggaruk dan memegang kepala. Jika dilakukan secara terus menerus, hal ini dapat membuat kulit kepala menjadi iritasi, sehingga menyebabkan munculnya ketombe.

Tidur Dalam Kondisi Rambut Basah

penyebab ketombe
Source : Shopee Indonesia

Pins punya kebiasaan keramas sebelum tidur? Atau begadang dengan membasahi rambut agar tetap segar? Nah, sebaiknya hal ini segera dihindari, karena tidur dalam kondisi rambut basah dapat menjadi penyebab ketombe.

Selain menjadi penyebab ketombe, tidur dalam kondisi rambut basah juga menyebabkan rambut kusut dan bau. Ketombe yang terbentuk disebabkan oleh jamur yang timbul akibat kondisi lembab. Yuk, mulai sekarang hindari hal ini ya, Pins.

Jarang Menyisir Rambut

penyebab rambut rontok
Source : Kompas

Jarang menyisir rambut dapat menjadi penyebab ketombe yang terakhir. Perlu diketahui bahwa menata rambut dengan rapi dan menyisirnya dapat membuka rongga udara untuk kulit kepala. Hal ini membantu kulit kepala mendapatkan kelembaban yang terbaik, sehingga terhindar dari ketombe.

Nah, itulah beberapa penyebab ketombe yang perlu kamu ketahui. Memiliki ketombe di kulit kepala kita dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyebabkan kurangnya percaya diri. Semoga dengan mengetahui penyebabnya, Pins dapat melakukan langkah pencegahan segera.

Baca juga: 13 Shampo Untuk Rambut Rontok dan Tipis

Source feature image: Kompas


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami LRT City – Grand Central Bogor dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download