Cara Mengatasi Kacer Nyilet, Ciri, dan Penyebabnya - Pinhome

Pinhome

Cara Mengatasi Kacer Nyilet, Ciri, dan Penyebabnya

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 20 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Cara Mengatsi Kacer Nyilet – Kacer termasuk jenis burung kicau yang mengagumkan dengan penampilan cantik dan suara yang cukup khas. Hanya saja kesan ini bisa berubah, ketika burung sakit dengan ditandai badan kurus (Nyilet).

Tentu hal ini cukup disayangkan, mengingat burung ini dikenal sebagai jenis burung yang cukup tangguh dan agresif yang notabenya dinilai tidak mudah terkena serangan penyakit.

Burung Kacer yang nyilet pada umumnya kondisi kesehatan serta tenaganya menurun. Dengan demikian burung akan menjadi cenderung agak lemes. Bahkan perilaku yang diperlihatkan juga tidak akan selincah hari-hari biasanya.

Dengan demikian, burung seperti ini akan menjadi sangat sulit untuk dikondisikan dan siap untuk dilombakan. Lantas bagaimana cara mengatasi Kacer nyilet?

Penyebab Kacer Nyilet atau Kurus

cara mengatasi kacer nyilet

Sebelum menjawab petanyaan cara megantasi Kacer nyilet, alangkah baiknya kamu mengetahui penyebab Kacer nyilet karena dengan demikian kedepannya bisa meminmalisir terjadinya hal yang sama

  • Kacer kurang gizi
  • Kacer cacingan.
  • Kacer mengalami gangguan pencernaan

Ciri – ciri Kacer mengalami gangguan pencernaan

  • Burung memiliki badan yang kurus hingga terlihat seperti silet
  • Burung suka mengembangkan bulunya
  • Kotoran burung terlihat hitam
  • Kotoran berair
  • Mata burung layu
  • Dubur burung selalu basah dan kotoran selalu menempel
  • Burung suka mencabuti bulunya sendiri

Cara Mengatasi Kacer Nyilet

cara mengatasi kacer nyilet

Jangan pernah untuk mencoba memandikan burung sampai burung kita benar –benar sehat, karena kondisi badan burung saat ini sangat lah lemah dan tidak mempunyai tenaga, dikarenakan makanan yang dimakannya tidak dicerna dengan sempurna oleh tubuh burung.

Sehingga, tidak terjadi metabolisme yang memberikan tenaga untuk burung. Untuk masalah penjumaran, sebaiknya penjemuran hanya sepintas saja hanya untuk menghangatkan badan burung sekitar 5 menit. Namun, harus dilakukan di pagi hari sekitar jam 7 pagi.

Untuk sehari – hari burung harus di krodong dan hanya dibersihkan kandangnya saja. Kemudian, air minum dan makanan juga harus dganti setiap hari, jagalah kebersihan kandang burung serta perlengkapannya agar terhindar dari kuman dan bakteri.

Jika Kacer peliharaanmu mengalami masalah seperti nyilet, sebaiknya segera mencari cara untuk mengatasinya. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi Kacer yang nyilet seperti berikut ini.

Pemberian Extra Fooding yang Cukup

Burung Kacer yang tidak memperoleh asupan EF yang memadai akan menjadi nyilet. Karena, tubuh tidak memperoleh nutrisi yang cukup setiap harinya.

Sedangkan untuk idealnya, asupan jangkrik setiap harinya untuk tiap burung pastinya berbeda-beda. Akan tetapi, 10 ekor jangkrik setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan burung pada nutrisi tersebut.

Baca juga : Cara Merawat Kacer Agar Gacor Ngeplong dan Rajin Bunyi

Untuk menghindari terjadinya Kacer nyilet, segera penuhi kebutuhan nutrisi tubuh burung itu untuk setiap harinya dengan pemberian EF yang cukup. Berikan jangkrik kurang lebih 5 ekor pagi dan sore setiap hari.

Nammun, jika sudah terlanjur nyilet, maka sebaiknya berikan EF dengan takaran lebih banyak. Tujuannya, tak lain agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Dalam hal ini, jangan merasa khawatir jika Kacer menjadi OB (over birahi) sesudah diberikan jangkrik banyak. Selama kamu dapat mengontrol dan meredam birahi burung dengan cara memandikanya dengan rutin, burung Kacer akan tetap baik-baik saja.

Namun, jika kamu merasa khawatir tidak bisa mengendalikan birahi burung Kacer tersebut, maka kamu harus bisa lebih waspada.

Pada saat burung Kacer menunjukkan gejala birahi berlebih, kamu bisa menurunkan kembali jumlah pemberikan jangkrik. Kemudian, kamu bisa mengimbangi dengan mandi dengan rutin juga di setiap hari.

Pemberian Pisang Kepok

Cara mengatasi Kacer nyilet selanjutnya bisa dengan memberikan pisang kepok. Tidak hanya Cucak Ijo atau pleci yang doyan makan buah. Akan tetapi burung Kacer pun bisa senang sekali makan dengan pisang kepok.

Nah, pisang kepok ini sangat penting kamu berikan untuk burung Kacer yang mengalami nyilet. Karena, pisang terdapat kandungan nutrisi yang penting sekali untuk membantu menggemukkan Kacer yang nyilet.

Untuk cara pemberiannya, kamu bisa memberikan pisang pada waktu burung Kacer sedang lapar, terlebih lagi sesaat setelah burung dientas dari jemuran.

Namun, sebelum dijemur, burung hanya diberikan jangkrik satu saja untuk mengganjal perutnya yang kosong. Saat penjemuran sebaiknya kamu mengosongkan voer.

Baca juga : Cara Efektif Mengatur Birahi Kacer Paling Ampuh

Sesudah kamu mengangkatnya dari jemuran, sebaiknya burung Kacer kamu diangin-anginkan terlebih dahulu, dan setelah itu kamu bisa masukkan pisang yang telah dibuang kulitnya.

Apabila burung Kacer kamu tetap tidak mau makan pisang, sebaiknya anda semua pisang tersebut dalam cepuk dan taruh di tempat biasa kamu meletakkan cepuk voer atau EF. Jika kamu telaten melakukannya biasanya Kacer sudah mau makan dengan lahap.

Cara mengatsi Kacer nyilet ini akan berhasil kamu lakukan jika mau melakukannya dengan penuh kesabaran dan ketelatenan. Penuhi juga nutrisi burung Kacer. Namun jangan sampai berlebihan di dalam memberikannya.

Sekian informasi tentang cara mengatasi Kacer nyilet atau kurus. Semoga bermanfaat ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel