Pinhome

Penyebab dan Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 7 March 2021 ∙ 4 menit membaca

Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi – Burung cililin atau yang juga dikenal dengan sebutan tangkar ongklet ini terkenal dengan kecerdasannya yang di atas rata-rata. Dengan kecerdasan yang dimiliki burung cililin dapat menirukan banyak suara kicauan burung lainnya. Membuat para kicau mania tanah air sering menggunakan burung cililin ini sebagai burung masteran. 

Meskipun burung tersebut memiliki keunggulan seperti yang telah disampaikan di atas, untuk membuat burung cililin gacor membutuhkan proses yang cukup lama. Namun, proses untuk membuat burung cililin gacor tidak sebatas perawatan yang rutin. Akan tetapi bangaimapun burung harus memiliki kondisi terbaiknya seperti kondisi fisik dan mentalnya.

Baca Juga: 

Penyebab dan Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi 

cara mengatasi cililin macet bunyi

Burung cililin rentan menghadapi stress hingga membuatnya menjadi macet berbunyi. Terkadang hal tersebut bahkan membuatnya menjadi mati. Hal tersebut merupakan salah satu kejadian yang bisa di sebut sebagai kekurangannya secara umum. Oleh karena itu, Anda harus memahami bagaimana perawatan harian cililin yang baik dan benar. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir dan dihindari seperti burung cililin macet bunyi. 

Penyebab Cililin Macet Berbunyi 

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa faktor penyebab cililin macet bunyi seperti di bawah ini:

Kekurangan dan Kelebihan Pakan

Dalam pemberikan pakan pada burung cililin sebaiknya berikan jumlah yang cukup. Jangan terlalu berlebihan dan juga kekurangan pakan. Jika burung kebanyakan mengkonsumsi makanan maka akan membuatnya menjadi malas untuk berkicau. Bahkan dapat membuat burung cililin macet bunyi, rawan sakit, stress dan bahkan kematian.

Baca juga : Jenis Makanan Cililin Agar Cepat Gacor dan Rajin Bunyi

Jangan Dijemur Terlalu Lama

Burung cililin macet bunyi juga bisa di sebabkan oleh penjemuran yang terlalu lama, karena burung cililin tidak begitu menyukainya. Ketika proses penjemuran dalam durasi lama terlalu panas, burung cililin rawan menjadi stress dan akhirnya menjadi macet bunyi. Bahkan bisa membuat burung cililin menjadi mati karenanya. Untuk melakukan penjemuran yang tepat, maka bisa dengan melakukan perawatan yang pula.

Jangan Sering Terkena Angin Kencang

Burung cililin tidak menyukai tempat yang memiliki hembusan angin yang terlalu kencang. Hal itu karena bisa membuatnya mudah sakit dan menjadi drop. Jauhkan burung cililin dari hembusan angin terlalu kencang, seperti kipas angin, ventilasi udara,blower, dan tempat lainnya.

Air Yang Kotor

Ganti secara berkala dan rutin air yang berada di dalam cepuk sangkar burung cililin. Pastikan cepuk dan airnya tersebut benar-benar bersih. Air yang kotor, dapat membuat burung cililin mudah sakit dan lebih parahnya lagi menjadi macet bunyi.

Cara Mengatasi Cililin Macet Bunyi

Jika Anda sudah memahami tentang penyebab cililin macet bunyi, hal yang perlu di perhatikan adalah merawat burung cililin yang sedang macet bunyi. Dengan cara merubah perawatan khusus untuk mengembalikan kesehatan mental dan fisiknya menjadi normal. Sehingga ketika burung sudah pulih maka akan rajin gacor kembali.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Kolibri Nyilet

Ganti Sangkar

Jika sangkar burung sebelumnya memiliki ukuran yang cukup kecil, maka ketika masa terapi berlangsung pindahkan ke kandang yang lebih luas. Hal ini akan membuatnya menjadi lebih nyaman dengan lingkungan yang baru.

Pakan Ekstrafooding

Jika burung sedang mengalami ngedrop sehingga macet bunyi, maka berikan pakan tambahan dari Ekstrafooding lebih banyak dari sebelumnya. Kandungan protein yang ada pada Ekstrafooding cukup banyak, sehingga meningkatkan stamina pada burung. Pakan yang bisa di berikan, antara lain seperti ulat jerman,kepompong, kroto dan juga jangkrik.

Terapi

Sesekali lakukan terapi pada burung cililin macet bunyi tersebut dengan menggantang burung di tempat yang nyaman dan teduh. Sambil memutar suara air mengalir dan suara hutan.

Penjemuran dan Masteran

Untuk menjemur burung cililin macet bunyi, lakukan sebentar saja, sekitar 10 menit ketika matahari mulai terbit. Setelah itu simpan di tempat yang sejuk dan nyaman, sambil mendekatkan burung lainnya yang memiliki suara ngerol atau dengan memutar Audio suara burung. Seperti memutar suara burung kenari , burung robin, blacktharoat dan jenis burung lainnya. Bagi yang belum memiliki koleksi suara burung cililin, maka bisa mendownloadnya di halaman ini Suara Burung Cililin Gacor Rapat Durasi Panjang.

Air bersih

Sediakan selalu air bersih di dalam sangkar burung cililin setiap harinya. Berikan air putih bersih tersebut sebaiknya yang sudah matang. Hal ini akan membuatnya menjadi lebih sehat

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang penyebab dan cara mengatasi burung cililin macet bunyi dengan cepat. Cara diatas bisa diaplikasikan dengan mudah, dan membutuhkan beberapa waktu tertentu.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel