Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Penyebab Bulu Murai Batu Kusam dan Cara Mengatasinya

Hobi

Penyebab Bulu Murai Batu Kusam dan Cara Mengatasinya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 11 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Penyebab bulu Murai Batu kusam – Burung Murai Batu, memang dikenal dengan kicauannya yang khas dan mempesona. Selain itu, burung ini juga memiliki pesona fisik dengan bulu yang indah dan mengkilap.

Tak heran jika banyak peminat burung ini, baik untuk dijadikan burung lomba, maupun hanya dijadikan sebagai burung pajangan di rumah. Meskipun begitu, dalam memelihara burung Murai Batu seringkali terjadi perubahan warna bulu yang sangat mengganggu penampilannya.

Sebagian besar pemilik burung ini cenderung sering mendapati perubahan warna bulu Murai Batu yang kusam. Jika kamu sebagian dari mereka, di sini kami akan memberikan ulasan tentang penyebab bulu Murai Batu kusam dan bagaimana cara mengatasiya. 

Baca juga: Tips Masteran Murai Batu Agar Cepat Masuk

Penyebab Bulu Murai Batu Kusam

penyebab bulu murai batu kusam
(Shutterstock)

Ada beberapa hal yang menyebabkan bulu Murai Batu kusam yang perlu kamu perhatikan, salah satunya adalah  kurangnya minyak / lemak di muara kelenjar lemak yang terletak di atas pantat burung. 

Tak hanya itu, peyebab bulu murai batu kusam lainnya juga bisa terjadi karena lubang kelenjar minyak pada murai Batu tertutup kotoran yang mengering ataupun bekas luka yang mengering.

JIka kamu menghadapi masalah seperti itu, silahkan pegang burung tersebut, dan dicek kelenjar minyak di atas pantat burung dan pencet lembut pada bagian itu. Perhatikan apakah ada minyak di tanganmu.

Jika tidak ada, maka ada sesuatu yang menutupi ntah kotoran yang menempel atau hal lain (meskipun kandungan minyak hanya sedikit, minyak akan tetap keluar dan menempel di tangan).

Baca juga : Ciri-ciri dan harga murai batu nias

Selain peyebab bulu murai batu kusam di atas, mungkin juga disebabkan oleh beberapa faktor dibawah ini:

  1. Masih dalam keadaan basah, langsung dijemur (membuat bulu keriting dan karenanya terlihat kusam).
  2. Pernah disemprot larutan anti kutu ataupun larutan agar bulu mengkilap.
  3. Ketika mabung, burung kekurangan lemak sehingga sudah tidak bisa menolong kondisi bulu yang telanjur rusak.

Baca juga : Cara Cepat Merontokkan Bulu Murai Batu

Kesimpulan

Dengan meneliti kondisi satu-persatu hal di atas, kamu bisa menyimpulkan mengapa bulu burung murai batu kusam dan bagaimana mengatasinya.

Jika memang sudah telanjur rusak dan bukan karena kelenjar lemak tertutup atau produksi lemak sedikit, maka tidak akan bisa pulih kecuali setelah melewati masa mabung yang dirawat dengan benar.

Baca juga: Racikan Makanan Burung Murai Batu Agar Gacor


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel