Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Salto

Diperbarui oleh Mega Puspita Ratna ∙ November 17, 2022 ∙ 5 menit membaca

Cara Mengatasi Cendet Salto – Kebanyakan para kicau mania kurang menyukai terhadap perilaku cendet salto. Dikarenakan bisa menyebabkan bulu burung rusak dan juga kadang membuat burung terlalu sibuk salto sehingga jarang berkicau lagi. Salah satu perilaku “negatif” ini yang kerap ditunjukkan oleh burung cendet adalah burung tersebut melakukan salto.

cara mengatasi cendet salto
(Hargaburung.id)

Pinhome – Tingkah laku yang satu ini memang kerap ditemukan pada burung kicauan peliharaan yang dikurung dalam sangkar. Hampir semua burung memiliki potensi yang sama untuk melakukan aktivitas salto ini. Namun, salah satu jenis burung yang kerap dan rawan melakukan aktivitas ini adalah burung cendet. Burung cendet memiliki suara yang sangat kencang dan sangat banyak variasi suara yang dimiliki. 

Penyebab Burung Cendet Salto

(Budidayakenari.com)

Mengatasi burung cendet salto tidak semudah makan kentang goreng, terlebih lagi jika kebiasaan buruk yang dilakoninya tersebut menjadi kebiasaan cendet sehari-hari. Akan tetapi, cendet bisa dicegah untuk tidak terlalu sering melakukan salto jika dilakukan terapi dan pelatihan. Jika dilakukan secara rutin, maka berangsur-angsur kebiasaan salto ini akan hilang sendirinya. Salto yang sering dilakukan oleh burung pada umumnya memiliki beberapa faktor penyebabnya diantaranya adalah sangkar, faktor lingkungan, kondisi burung, dan juga dari segi pakan.

Sebelum menangani cendet yang suka salto akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu penyebab burung cendet suka salto seperti di bawah ini :

1. Penyebab Alamiah

Burung Cendet salto dikarenakan karakter alaminya. Pada saat berburu mangsa dialam bebes, burung ini pun sering melakukan tingkah-tingkah akrobatik dan termasuk juga salto.

2. Karena Burung Merasa Stres

cara mengatasi cendet salto
(Rajakicau.com)

Pada saat burung Cendet ini mengalami stres baik karena lingkungan ataupun berbagai akibat lainnya burung inipun bisa saja mengalami salto.

3. Cara Mengatasi Cendet Salto Karena Gangguan Keseimbangan Tubuh

Apabila burung Cendet ini mengalami gangguan sistem pada tubuhnya atau mengalami gangguan keseimbangan, bisa saja burung ini mengalami salto. Untuk itu ketika merawat burung ini haruslah sangat berhati-hati.

4. Posisi Tenggeran yang Mendukung

(Burungcantik.com)

Pada umumnya kandang cendet hanya didesain untuk satu tenggeran saja, dan mengakibatkan terdapat ruang kosong yang cukup banyak di bagian atas. Mengingat burung cendet merupakan burung yang aktif bukan tidak mungkin cendet akan memanfaatkan ruang yang tersedia untuk melakukan aksi salto.

6. Pemberian EF yang Berlebihan

Ternyata kemungkinan besar di karenakan pemberian EF yang berlebihan. Selain bisa mengakibatkan cendet jadi suka salto, bisa juga mengakibatkan burung tersebut jadi suka miyik.

Baca juga : macam-macam jenis burung cendet lengkap dengan gambar

Dampak Negatif Burung Cendet Salto

Jika dibiarkan aktivitas burung cendet yang salto maka akan berdampak negatif pada burung tersebut burung seperti rusaknya bulu, timbulnya luka baru, jarang berkicau dan secara tidak langsung juga akan mengakibatkan harga cendet tersebut akan menjadi lebih murah. 

Cara Mengatasi Cendet Salto

Berikut sedikit alternatif yang bisa digunakan untuk mengurangi kebiasaan burung cendet salto

Memasangkan Full Kerodong

cara mengatasi cendet salto
(Caracari.us)

Menutupi sangkar dengan kerodong secara full akan meredam kebiasaan salto yang dilakukan oleh burung. Cendet yang memang memiliki kebiasaan buruk salto yang disebabkan oleh lingkungan, maka ia akan merasa tenang dan aman jika dimasukkan dalam sangkar yang tertutup. Sebagai bentuk upaya terapi, penggunaan full kerodong sebaiknya diterapkan setiap hari sehingga kerobong hanya dibuka ketika akan dibersihkan tau burung akan dimandikan.

Cara Mengatasi Cendet Salto Merubah Posisi Tenggeran

Tenggeran yang dipersiapkan di dalam sangkar burung sebenarnya bisa menggunakan 2-3 buah yang dipasang pada tempat yang sejajar tepat antara atas dan bawah. Dengan kondisi tenggeran yang demikian ini maka perilaku salto Cendet akan berkurang.

Baca juga: macam-macam jenis burung murai batu lengkap dengan gambar

Meningkatkan Intensitas Mandi

(Kicaumania.com)

Melakukan mandi malam memang terkesan kurang efektif. Akan tetapi, terapi mandi mala mini rasanya sangat penting untuk dilakukan guna mengurangi kebiasaan salto yang dilakukan oleh burung.

Cara Mengatasi Cendet Salto Mengurangi Pemberian EF

Cendet salto juga bisa disebabkan karena burung tersebut merasa memiliki “tenaga” yan berlebihan jadi salah satu cara yang digunakan untuk melampiaskannya adalah dengan cara salto. Cobalah mengurangi pemberian EF seperti jangkrik ataupun ulat kandang selama beberapa hari.

Jika burung cendet mulai tenang anda bisa mengembalikannya ke porsi semula. Akan tetapi jika masih sering salto coba untuk kurangi porsi pemberian EF setiap harinya danusahakan jangan di berikan secara langsung cukup letakan di wadah pakan dan usahakn jangan di lempar.


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada Perumahan Ruma Prana di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Finansial
Finansial Pahami Yuk! Contoh Pasar Monopolistik dan Pengertiannya

Pasar monopolistik adalah kebalikan dari pasar persaingan yang sempurna. Pada ilmu ekonomi, arti pa

Gadget
Gadget 8 Cara Mengatasi Lupa Sandi HP Vivo Untuk Pengguna Baru Android

Bagi para pengguna baru android pasti pernah mengalami banyak kendala yang sering dijumpai ketika s

Finansial
Finansial Mudah! Ini 7 Cara Menggunakan Tradingview

Supaya aktivitas jual beli saham yang kamu lakukan berjalan lancar, kamu dapat menggunakan berbagai

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia