Pinhome

9 Penyakit Kelinci Paling Umum dan Cara Mengobatinya

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim ∙ 2 March 2022 ∙ 6 menit membaca

Sama seperti hewan peliharaan lainnya, kelinci juga membutuhkan perawatan khusus agar tidak terserang penyakit. Terlebih untuk kamu yang beternak kelinci, jangan sampai kelinci yang kamu pelihara mati karena sakit dan akhirnya tidak mendapat keuntungan. Ada sejumlah penyebab penyakit kelinci yang paling umum.

Penyakit pada kelinci tersebut biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti terpapar kuman, bakteri, makanan yang tidak sehat, lingkungan yang kotor, dan masih banyak lagi. Untuk menghindari penyakit kelinci tersebut, alangkah baiknya kamu mengetahui 9 jenis penyakit paling umum pada kelinci, beserta penyebab dan cara mengobatinya.

9 Penyakit Kelinci Paling Umum

Berikut ini adalah berbagai penyakit kelinci yang sering terjadi dan cara mengobatinya:

Scabies

Penyebab Kelinci Scabies

Scabies merupakan penyakit kelinci menular yang disebabkan oleh tungau sarcoptes scabies. Kelinci yang terserang penyakit ini memiliki ciri-ciri gatal-gatal, bulu rontok, dan kerusakan pada kulit.

Mengobati Scabies Kelinci

Cara mengobati kelinci scabies yang masih gejala ringan bisa menggunakan PK (permanganas kalikus) yang tersedia di apotik terdekat.

  1. Intermectin (suntik subkutan) 0,02 ml/kg
  2. Kepromec oral 0,02 ml/kg
  3. Pilih salah satu ya guys…

Caranya tinggal di oleskan pada bagian tubuh yang terjangkit. Namun, jika kelinci scabies sudah parah harus dilakukan suntikan injeksi yang membutuhkan keterampilan khusus.

Baca juga: Kelinci Hias Bligon

Cara Menyuntik Kelinci Scabies

Cara Menyuntik Kelinci Scabies

Pastikan jarum suntik yang akan digunakan steril, bersihkan dahulu bulu atau dipotong pada sekitar tengkuk untuk memudahkan penyuntikan. Bersihkan daerah tersebut dengan alkohol, lakukan gerakan seperti mencubit pada bagian kulit tengkuk, masukkan jarum suntik hingga ke bawah kulit sedalam 1 cm dan jangan sampai mengenai daging, dan suntikan obat harus sesuai dosis.

Mencret

Kelinci juga bisa terkena mencret. Biasanya kelinci yang sakit mencret karena kondisi cuaca yang tidak menentu, nutrisi makanan kelinci yang kurang terpenuhi, kebersihan kandang yang kurang baik sehingga kuman dan bakteri mudah menyerang kelinci.

Cara Mengatasi Kelinci Mencret

Bila kelinci peliharaan kamu mengalami mencret bisa diatasi dengan mudah. Kamu harus rajin membersihkan kandang agar kandang bersih dari kuman dan bakteri serta mengubah pola makan kelinci sebaiknya diberi makanan berkualitas dan mengandung serat.

Kandang kelinci sistem battery

Kembung

Masalah penyakit kembung pada kelinci bisa disebabkan oleh kelinci terlalu banyak mengkonsumsi sayuran terutama yang mengandung serat tinggi, kurangnya asupan nutrisi makanan yang baik, pemberian makan pada kelinci tidak tepat misalnya saja makanan yang diberikan kualitas rendah dan masalah pencernaan kelinci itu sendiri.

Cara Mengobati Kelinci Kembung

Kelinci kembung juga sangat membahayakan bisa saja kelinci mati. Cara mengobati kelinci kembung adalah dengan mengganti menu makanan, lakukan pemijatan langsung pada perut kelinci, atau kamu bisa memberikan obat seperti antibiotik atau jenis obat lainnya.

Baca juga: Kelinci Hias Himalayan

Pilek atau Flu

Penyakit kelinci berupa flu atau pilek dapat disebabkan oleh infeksi pada saluran pernafasan bawah, infeksi gigi dan penyakit lain. Kelinci pilek harus ditangani secara khusus.

Cara Mengobati Kelinci Pilek

Untuk mengobati kelinci pilek kamu bisa melakukan cara alami dengan memberikan ramuan alami jahe dan gula yang dicampur dengan air hangat. Tetapi, jika kondisi belum membaik kamu bisa memberikan obat flu khusus hewan.

Sakit Kulit Gudikan (Gudik)

Kelinci yang mengalami sakit kulit atau gudik akan sangat mempengaruhi Kesehatan fisik kelinci. Kelinci akan terlihat sangat tidak sehat dan berat badan kelinci akan turun drastis. Penyebab kelinci gudikan adalah kelinci terserang kutu sarcoptes scabie, gejala awalnya gatal-gatal pada bagian kepala lalu menjalar sampai kaki.

Pada bagian kuping akan meninggalkan bekas luka karena garukan yang keras. Untuk itu, kamu harus sering membersihkan kandang kelinci agar kutu tidak bersarang. Penyebab utama kelinci gudik karena terserang kutu scabies yang menular ke hewan bahkan manusia. Faktor lain bisa karena kebersihan kandang kelinci kurang baik dan makanan yang tidak sehat.

Mengobati Kelinci Gudikan

Agar gudik pada kelinci tidak menularkan pada kelinci lain kamu harus mengobatinya. Mengobati kelinci gudikan bisa menggunakan obat salep scabies ( jamur kutu gudik kudis ) yang di jual di apotik. Apabila gudikan sudah sangat parah kamu perlu membawa kelinci ke dokter hewan agar dilakukan penyuntikan injeksi.

Cara mengobati kelinci gudikan langkah pertama, cukur bulu kelinci yang terdapat gudik, lalu cuci dengan air hangat, setelah bersih keringkan dengan kain bersih sampai kering. Selanjutnya oleskan salep belerang, caviam atau lainnya sebanyak 2 hari sekali.

Diare

Mengobati penyakit kelinci karena diare cukup berikan obat sulpha khusus hewan perlu diingat kamu harus memberikan sesuai dengan dosis yang sudah tertera di kemasan. Kamu juga bisa menggunakan cara alami dengan memanfaatkan daun jambu klutuk, daun pepaya, garam dan madu yang direbus. Air rebusan itu selanjutnya berikan ke kelinci kamu.

Makanan Untuk Kelinci Diare

Saat kelinci mengalami diare lebih baik kamu memberikan makanan yang berserat seperti sayuran agar kelinci kamu memiliki serat yang cukup pada tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan kelinci supaya normal Kembali.

Baca juga: Kelinci Hias Netherland Dwarf

Sakit Mata

Jika kelinci mengalami mata merah, mengobatinya cukup dengan memberikan obat tetes mata yang biasa dipakai manusia. Kamu harus membaca terlebih dahulu cara pemakaiannya agar tidak melebihi dosis. Namun, bila kondisi mata belum juga membaik kamu perlu membawanya ke dokter hewan.

Cara Merawat Kelinci Sakit Mata

Merawat kelinci sakit mata karena iritasi, mata merah, belekan tentu harus diperlakukan secara khusus. Kamu harus rajin mengontrol kondisi kelinci setiap harinya, memberikan makanan bernutrisi dan pastikan sakit mata yang diderita kelinci berangsur-angsur membaik.

Tidak Mau Makan

Nafsu makan berkurang pada kelinci sangat mempengaruhi kondisi Kesehatan. Ada banyak faktor kenapa kelinci tidak mau makan. Seperti kelinci dalam keadaan stress, kelinci sedang hamil tua, terserang suatu penyakit dan masih banyak lagi.

Cara Alami Menambah Nafsu Makan Kelinci

Terdapat cara alami untuk mengatasi kelinci tidak mau makan. Cara ini bisa menambah nafsu makan kelinci. Caranya ialah mengganti makanan dengan jenis lain secara bertahap, menyemprotkan Cairan manis seperti madu, susu atau gula untuk memancing makan kelinci, berikan ramuan temulawak, berikan larutan buah kurma, dan masih banyak lagi. Cara alami tersebut bisa menambah nafsu makan kelinci sehingga kelinci akan tetap sehat.

Stres

Tidak hanya manusia saja yang bisa mengalami stres, kelinci juga bisa mengalami stres. Hal-hal yang menyebabkan kelinci stres bisa berupa kelinci dibawa dalam perjalanan jauh, lingkungan tempat tinggal kelinci tidak nyaman, penanganan kelinci yang kasar sehingga membuat kelinci panic.

Kurangnya asupan makanan dan minuman, suhu kandang yang tidak sesuai pastikan kandang kelinci dengan suhu yang pas tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas dan juga beberapa hal lainnya.

Cara Menangani Kelinci Stress

Kandang Alam Terbuka

Supaya kelinci yang kamu pelihara tidak stres kamu perlu melakukan penanganan khusus. Misalnya berilah ruang bebas pada kelinci sesekali lepaskan kelinci dari kandang, beri porsi makanan gizi seimbang maka pencernaannya pun akan lancar, hindari atau jangan terlalu sering memegang kelinci, berikan perhatian khusus dengan mengontrol Kesehatan kelinci setiap harinya.

Memelihara kelinci memang gampang-gampang susah. Hewan satu ini termasuk hewan yang sensitif jika terdapat perubahan pada lingkunganya. Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui penyakit kelinci dan perubahan-perubahan yang terjadi pada kelinci, apakah kelinci itu terserang penyakit atau tidak dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia