Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Penyakit Ain Adalah Penyakitnya Orang Islam. Cari Tahu Selengkapnya Di Sini!

Lifestyle

Penyakit Ain Adalah Penyakitnya Orang Islam. Cari Tahu Selengkapnya Di Sini!

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 21 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Penyakit ain bukanlah penyakit fisik pada umumnya,  seperti demam atau flu. Penyakit ini justru berkaitan dengan penyakit hati. Penyakit ain adalah penyakit orang muslim, biasanya disebabkan oleh rasa iri dan dengki terhadap orang lain. Baik Rasulullah dan Allah SAW sangat tidak menyukai umat-Nya yang memiliki penyakit ini.

Pinhome – Dalam beberapa surah dan hadis diterangkan mengenai apa itu penyakit ain. Beberapa hadis pun menjelaskan kerugian seseorang yang memiliki penyakit ain. Walau demikian, ada pula hadis yang turut menerangkan bagaimana cara mencegah penyakit ain. Untuk lebih jelas, yuk simak pengertian penyakit ain dan hal yang membersamainya!

Apa Itu Penyakit Ain?

(Pexels)

Penyakit ain adalah penyakit yang disebabkan oleh pandangan mata yang penuh dengki, iri, hasad, maupun takjub. Walau kehadirannya sering tak disadari, tetapi penyakit ain ini benar adanya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menjelaskan seperti berikut: 

“Ain itu benar-benar ada! Andaikan ada sesuatu yang bisa mendahului takdir, sungguh ‘ain itu yang bisa.” – HR. Muslim.

Penyakit ain dapat mendatangkan mudharat untuk diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu, Rasulullah SAW selalu meminta kepada umat-Nya untuk tidak berperilaku atau memelihara penyakit ain. 

Sebagaimana sebuah hadis yang memiliki arti seperti berikut: 

كانَ رَسولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وسلَّمَ يَأْمُرُنِي أَنْ أَسْتَرْقِيَ مِنَ العَيْنِ

“Dahulu Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam memintaku agar aku diruqyah untuk menyembuhkan ‘ain.” – HR. Muslim.

Bahaya Penyakit Ain

penyakit ain adalah
(Pexels)

Bahaya penyakit ain tak hanya dirasakan oleh diri sendiri, tapi juga orang lain. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa penyakit ain adalah penyakit yang bisa berujung pada kematian. Berikut arti dari hadis tersebut: 

“Sebab paling banyak yang menyebabkan kematian pada umatku setelah takdir Allah adalah ain.” – HR. Al Bazzar.

Selain hadis di atas, bahaya penyakit ain juga diulas oleh Al Lajnah Ad Daimah dalam fatwanya sebagai berikut:

مأخوذة من عان يَعين إذا أصابه بعينه ، وأصلها : من إعجاب العائن بالشيء ، ثم تَتبعه كيفية نفْسه الخبيثة ، ثم تستعين على تنفيذ سمها بنظرها إلى المَعِين

Artinya: “Ain dari kata ‘ana – yaqiinu’ yang artinya: terkena sesuatu hal dari mata. Asalnya dari kekaguman orang yang melihat sesuatu, lalu diikuti oleh respons jiwa yang negatif, lalu jiwa tersebut menggunakan media pandangan mata untuk menyalurkan racunnya kepada yang dipandang tersebut.”

Allah SWT juga telah menjelaskan penyakit ain dalam firman-Nya pada surah Al-Falaq.

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ ٱلْفَلَقِ (1) مِن شَرِّ مَا خَلَقَ (2) وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ (3) وَمِن شَرِّ ٱلنَّفَّٰثَٰتِ فِى ٱلْعُقَدِ (4)وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ (5)

Artinya: “Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.” 

Walau ayat di atas tak secara gamblang mengulas penyakit ain, namun Allah SWT memberikan pemahaman dan cara menghindari penyakit dengki tersebut.

Baca Juga: Orang Yang Berkata Dusta Merupakan Salah Satu Tanda Tidak Baik. Simak Detailnya Di Sini!

Doa agar Dijauhkan dari Penyakit Ain

penyakit ain adalah
(Pexels)

Penyakit ain memang dapat disembuhkan. Namun, alih-alih menyembuhkannya lebih baik jika Pins menghindarinya. 

Cara sederhana untuk menghindari atau mencegah penyakit ain yakni dengan selalu mendoakan keberkahan orang lain. Dalam surah Asy-Syura ayat 30, Allah SWT berfirman: 

وَمَآ اَصَابَكُمْ مِّنْ مُّصِيْبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ اَيْدِيْكُمْ وَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍۗ

Artinya: “Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu).”

Terdapat beberapa kalimat yang dapat kamu ucapkan untuk menyertai pujian agar terhindar dari penyakit ain, seperti “TabarakAllah” (تبارك الله) atau “Masha’Allah” (ما شاء الله).

Di samping itu, kamu juga dapat membaca surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-nas sebanyak tiga kali setelah subuh guna mencegah bahaya penyakit ain.

Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan umatnya untuk melakukan beberapa hal berikut agar terhindar dari penyakit ain. Berikut uraiannya: 

Pertama adalah dengan membaca doa seperti berikut: 

“Allahumma inni as-aluka al-afiyah fid dunya wal akhirah, allahumma inni as-asluka al-‘afwa wal afiyah fii dini wadunyaya wa ahlî wa malii, allahumma-astur ‘aurati wa aamin rau‘aatii”

Artinya:”Ya Allah, aku memohon keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga, dan hartaku. Ya Allah, tutuplah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut.”

Doa tersebut dapat dibaca sebanyak dua kali sehari, yakni saat pagi dan sore hari. 

Cara selanjutnya yakni dengan memohon keberkahan terhadap sesuatu yang dilihat. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya demikian: 

“Jika salah seorang dari kalian melihat sesuatu yang menakjubkan dari saudaranya, pada dirinya atau pada hartanya, maka doakan keberkahan padanya, karena sesungguhnya penyakit ain itu haq (benar).”

Terakhir, Pins dapat berwudhu jika sekiranya hati mulai dekat dengan penyakit ain.

Dari Aisyah radiallahu ‘anha, Rasulullah SAW berkata, “Orang yang menimbulkan penyakit Ain diperintahkan untuk berwudhu, kemudian orang yang menderita penyakit Ain diperintahkan untuk mandi dengan air sisa wudhu nya.”

Demikian penjelasan mengenai penyakit ain serta cara mencegahnya. Semoga dapat mendatangkan manfaat untuk Pins!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel