Ini Dia Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Pinhome

Ini Dia Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 8 November 2021 ∙ 5 menit membaca

Kondisi lingkungan yang bersih adalah keinginan setiap warga yang tinggal di daerahnya masing-masing. Dengan lingkungan yang bersih menjadikan lingkungan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Lingkungan yang bersih juga dapat dijadikan representasi dari kualitas hidup masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut. Lingkungan yang kotor dan jorok dapat Pins perhatikan dari kebiasaan masyarakat yang tidak bisa menjaga kebersihan lingkungannya seperti buang sampah sembarangan atau kualitas sanitasi lingkungan yang buruk. Apakah Pins tahu pentingnya menjaga kebersihan lingkungan?

Pinhome – Hidup di lingkungan yang kotor pastinya dapat memberi ancaman terhadap kesehatan masyarakat sekitarnya. Dengan lingkungan yang kumuh, penyakit akan lebih cepat tersebar daripada lingkungan yang terjaga kebersihannya. Selain itu, lingkungan yang kotor dan kumuh juga tidak enak untuk dipandang. 

Maka dari itu, masyarakat harus selalu dihimbau dan diajak untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Tak lain dari itu, masyarakat juga perlu diberi penyuluhan tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan oleh pemerintah daerah setempat. Dengan begitu masyarakat akan sadar untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. 

Walaupun begitu Pins juga bisa mengetahui pentingnya menjaga kebersihan lingkungan lewat membaca artikel ini lho. Mari kita lihat di bawah ini apa saja urgensi dari menjaga kebersihan lingkungan. 

Terhindar dari Sampah 

Di lingkungan dengan kebiasaan masyarakat yang buruk dalam menjaga kebersihan makan akan Pins temukan sampah yang berserakan di pinggir-pinggir jalan. Sampah yang berserakan sangat mengganggu pemandangan. 

Dari sampah tersebut juga mengeluarkan aroma yang tidak sedap bahkan bau busuk yang menyengat akibat limbah rumah tangga. Bahkan akibat terburuk dari sembarangannya buang sampah adalah dapat menyebabkan banjir ketika hujan datang karena sampah tersebut dapat menyumbat saluran air. 

Dengan langkah menjaga kebersihan lingkungan, makan Pins dan masyarakat akan tuai hasil yang sangat bermanfaat, yaitu terbebas dari sampah yang berserakan. Jika lingkungan terbebas dari sampah maka banyak sekali manfaat yang didapat seperti pemandangan lingkungan yang rapi, udara lebih sejuk, dan saluran air yang mengalir lancar serta tidak bau. 

Baca juga: Cara Membuat Rumah Ramah Lingkungan

Terhindar dari Ancaman Banjir

(Pinterest)

Banjir yang terjadi pada suatu daerah mungkin banyak sebab musababnya. Namun di pemungkiman padat pada pasalnya banjir biasa hadir karena ulah masyarakat yang tidak peduli terhadap pembuangan sampah yang baik. Sebagai contoh di Jakarta, banjir sering hadir karena masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan pada kali, sungai, atau saluran air. Sampah-sampah tersebut akan menyumbat aliran air pada lingkungan dan menyebabkan banjir yang tidak terhindarkan. 

Lain hal jika masyarakat sudah sadar akan manfaat dari menjaga kebersihan lingkungan. Pembuangan sampah yang terkontrol dengan baik akan menghindarkan terjadinya banjir karena sampah-sampah tersebut tidak akan mengganggu saluran air pada lingkungan tersebut. Bahkan pada daerah yang tercatat rawan banjir pun akan terobati jika tertib dalam mengelola pembuangan sampah dengan baik. 

Terjaganya Kesehatan Jasmani dan Rohani 

(Pinterest)

Poin selanjutnya yang membahas mengapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan adalah terjaganya kesehatan jasmani dan rohani. Jika Pins sering mendengar petuah yang menyebutkan bahwa “kebersihan adalah sebagian dari iman” yang menegaskan bahwa pentingnya menjaga kebersihan terutama pada lingkungan hidup bermasyarakat. Dari menjaga kebersihan lingkungan Pins sekeluarga pastinya akan terhindar dari kotornya sampah dan penyakit menular. 

Kebersihan dari suatu lingkungan juga menjadi representasi dari kualitas masyarakat yang tinggal pada lingkungan tersebut. Pada lingkungan yang terhindar dari buruknya kebersihan maka Pins dapat melihat masyarakat yang kerap menjaga sanitasi air dengan baik, tertib membuang sampah pada tempatnya, atau menyapu jalan depan rumah. Dengan bersihnya lingkungan maka akan berpengaruh baik pada kesehatan jasmani dan rohani.

Baca juga: Tanda Lingkungan Rumah Yang Nyaman Meskipun Baru Dihuni

Terhindar dari Penyakit Menular

(Pinterest)

Menjaga kebersihan lingkungan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia terutama dapat membantu menghindari penyakit menular. Terbukti bahwa pasalnya lingkungan dengan kebersihan yang buruk lebih terancam terserang penyakit menular seperti DBD, Tipes, atau diare. Penyakit-penyakit tersebut hadir disebabkan dari buruknya kebersihan lingkungan dan akan berdampak buruk pada manusia jika tidak segera ditangani. 

Sebagai contoh penyakit DBD, penyakit yang datang dari serangan nyamuk demam berdarah karena kebersihan lingkungan yang buruk. Kabar baiknya dewasa ini pemerintah sudah berhasil menangani penyebaran penyakit tersebut lewat anjuran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Walaupun begitu, masyarakat tetap perlu mengeluarkan aksi ekstra untuk menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit. 

Lingkungan Bersih dan Nyaman

(Pinterest)

Manfaat dari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan selanjutnya yang dapat Pins nikmati adalah lingkungan yang bersih dan nyaman untuk dihuni. Jika Pins datang pada lingkungan yang kotor pasti Pins akan merasa tidak nyaman dan ingin cepat-cepat pergi. Selain pemandangan yang tidak elok dan berbau tidak sedap, lingkungan yang kotor juga menjadi tempat sarangnya penyakit. 

Tinggal pada lingkungan yang bersih dan nyaman juga berpengaruh pada kesehatan mental manusia lho. Terbukti dengan lingkungan yang baik maka akan menghasilkan kualitas manusia dengan pikiran yang baik pula. Perumahan dengan kebersihan yang baik juga akan mendatangkan pasar yang lebih tinggi karena minat akan kebersihan yang baik. 

Itulah beberapa poin tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Menjaga kebersihan lingkungan tentunya harus hadir dari kesadaran masyarakat yang tinggi dan peduli dengan tempat tinggalnya. Dan kebersihan lingkungan juga perlu senantiasa dijaga sampai akhir hayat manusia. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel