Pengertian Teks Genre Makro, Jenis, dan Kelarifikasinya

Dipublikasikan oleh Ani Ramdhani ∙ 20 December 2021 ∙ 3 menit membaca

Pengertian Teks Genre Makro, Contoh Teks Genre Makro

Memahami serta mengerti tentang genre makro pada dasarnya menjadi suatu hal yang harus dilakukan bagi setiap orang, terutama di dunia pendidikan. Sebab materi tentang genre makro ini menjadi materi yang wajib untuk diketahui dan dimengerti bagi siapapun yang sedang mempelajari Bahasa Indonesia.

Sebagai upaya pemahaman bersama, pada kesempatan kali ini akan mengulas lebih dalam tentang teks genre makro, yang mencangkup pengertian genre makro, jenis-jenis genre makro, serta kalarifikasi genre makro. Namun yang pasti, sistematika penulisan dalam genre makro mudah ditemukan dalam wacana akademik maupun karya tulis ilmiah.

Pengertian Genre Makro

Genre sama artinya dengan ragam. Dimana prihal genre ini menjadi pembagian suatu bentuk seni atau tutur tertentu menurut kriteria yang sesuai dengan bentuk tersebut. Sedangkan makro artinya besar atau luas, sehingga dari ulasan tersebut secara singkat pengertian teks genre makro adalah ragam besar atau kompleks yang di dalamnya terdapat  bermacam jenis teks genre mikro.

Jenis Teks Genre Makro

Berikut beberapa jenis teks genre makro;

  1. Genre Wawancara

Wawancara merupakan salah satu sepek penting dalam narasi teks, hal ini sebagian fungsional daripada panduan seseorang untuk mengambil data dari orang lain (pihak yang di ingginkan), dalam proses wawancara diperlukan informasi yang mendalam, sehingga agar tidak lupa dalam agenda apa saja pertanyaan yang harus dispakan maka wawanacara dibuat skejual yang baik, salah satunya ialah dengan memanfaatkan teks.

  1. Genre Berita

Berita ialah bagian daripada teks genre makro yang ditulis berdaarkan ciri kebahasaan berita. Selain itupula dalam berita setidaknya mengandung unsur-unsur berita 5 W 1H, oleh karena itulah setiap orang yang menuliskan berita bisa disebut dengan mengaplikasikan terhadap teks genre makro. Selengkapnya, baca; Pengertian Teks Berita dan 4 Syaratnya

  1. Genre Artikel Jurnal

Jenis lainnya, dari teks genre makro adalah artikel jurnal. Artikel ini bagian daripada karangan ilmiah yang bisa dilakukan dengan penelitian atau studi literatur. Ada banyak perbedaan artikel dan opini, salah satunya jika artikel ada klimaks kaliamat yang di dadapatkan sedangkan untuk opini hanya sebatas pada gagasa. Selengkapnya, baca; Pengertian Artikel, Jenis, Syarat dan Langkah Penulisannya

  1. Genre Surat Pembaca

Surat pembaca adalah salah satu teks genre makro yang memberikan penjelasan dan pembahasan mengenai bentuk surat resmi ataupun tidak. Dalam cangkupannya pengertian surat ini ialah karya tulis yang memiliki fungsi dan tujuan yang diinginkan. Si penulis itu sendiri.

  1. Genre Percakapan Telepon

Percakapan telphon adalah salah satu jenis teks genre makro yang memberikan panduan dalam melakukan proses interaksi sosial dalam masyarakat. Genre percakapan dalam telphon ini bisa menjadi salah satu bentuk panduan bagi masyarakat atau seseorang ketika menghubungi seseorang.

Klarifikasi Teks Genre Makro

Sedangkan klarifikasi dari pada genre antra lain sebagai berikut;

  1. Genre Sastra

Genre sastra adalah jenis, tipe, atau kelompok sastra atas dasar bentuknya, yakni  genre prosa dan genre puisi. Genre prosa adalah genre sastra yang meliputi novel, roman, cerpen, dan sebagainya. Genre puisi adalah genre yang meliputi pantun, syair, soneta, sajak, dan sebaginya. (KBBI).

  1. Genre Retorika

Genre retorika adalah retorika deskripsi, narasi, eksposisi, dan argumentasi dalam penulisannya. Retorika adalah bagian daripada basa basi dalam kepenulisan, banyak cara yang harus dipahami antara ketiganya, akan tetapi yang pasti ketiga hal ini salaing berkaitan satu sama lainnya.

  1. Genre Linguistik

Genre linguistik, yaitu genre untuk menunjukkan karya sastra, kategori retorika, dan  konteks budaya sebagai latar belakang munculnya teks-teks lain, seperti wawancara, percakapan telepon, layanan jual beli, surat pembaca, surat lamaran pekerjaan, berita, editorial, artikel, dan sebaginya.

Demikianlah ulasan megenai genre makro yang mencangkup pengertian genre makro, jenis-jenis genre makro, dan klarifikasi genre. Semoga dapa bermanfaat, bagi siapapun yang ingin atau sedang memabahas mengenai genre makro. Trimakasih,

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia