25+ Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 25 July 2021 ∙ 8 menit membaca

Apakah kalian menyukai puisi? Jika ya, maka tentu harusnya kalian sudah sangat paham tentang seluk beluk seputar puisi. Seperti pengertian, jenis, macam unsur-unsur sampai karakteristik puisi itu sendiri.

Namun, jika Anda masih belum mengetahui secara detail soal pengertian puisi dan jenis-jenisnya, jangan cemas. Sebab, Anda akan mendapatkan informasi lengkap soal seluk beluk puisi di artikel ini.

Baca Juga: Unsur Intrinsik Puisi

Pengertian Puisi Secara Umum

Seperti yang telah sama-sama kita tahu, puisi merupakan sebuah karya sastra dalam bentuk tulisan. 

Sebuah puisi memiliki yang disebut dengan rima, irama, ritma serta lirik dalam setiap baitnya. Selain itu, puisi juga dapat dikatakan sebuah karya yang mewakili perasaan seorang penulis yang dikemas dalam bahasa imajinatif dan disusun dalam karakteristik tertetnu.

Dalam pembuatannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu estetika bahasa. Sebab puisi adalah sebuah karya yang penuh akan keindahan bahasa, atau seringkali disebut dengan istilah puitis.

Baca juga: Puisi Untuk Ibu yang Pasti Akan Membuatnya Terharu

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

pengertian puisi menurut ahli
Sumber: Pinterest

Setelah kita mengetahui apa itu puisi secara umum, selanjutnya mari kita cari tahu pengertian puisi menurut para ahli. 

1. Ralph Waldo Emerson

Pengertian puisi menurut para ahli yang pertama adalah dari Ralp Waldo Emerson. Ia mendifinisikan puisi sebagai sebuah pengajaran yang berhubungan dengan kata-kata yang lebih sedikit. Dengan kata lain, pembuatan puisi itu harus identik dengan penggunaan kata yang sesedikit mungkin.

2. Djoko Pradopo

Berbeda halnya dengan ralph, Djoko Pradopo mengartikan puisi adalah sebuah bentuk pemadatan yang melalui proses penciptaan. Caranya yaitu dengan menangkap sebuah kesan lalu dikodensasi (dipadatkan).

3. Putu Arya Titawirya

Pengertian puisi menurut ahli  Putu Arya Titawirya adalah bentuk ungkapan implisit dan samar, memiliki makna yang tersirat serta memiliki arti yang lebih konotatif.

Puisi juga adalah sebuah seni sastra yang mengungkapkan perasaan seseorang atau seorang penyair, sehingga hal yang ditulis sangat tergantung dengan kondisi penyair.

Baca juga: 7+ Puisi Pendidikan Menyentuh Hati, Pendek & Singkat

4. John Keats

John Keats menafsirkan puisi sebagai suatu usaha yang dilakukan dalam pembacaan indah hasil dari narasi pembayangan dengan cara berfikir yang logis. John Keats tidak menyiratkan bahwa puisi tidak masuk akal atau juga tidak memiliki narasi.

5. H.B Jassin

Puisi adalah sebuah pengucapkan yang melibatkan perasaan di dalamnya yang mengandung suatu pikiran dan tanggapan.

6. Aminuddin

Puisi merupakan sebuah bahasa yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu pocima. Pocima sendiri memiliki arti membuat atau pembuatan.

Alasan puisi diartikan atau didefinisikan sebagai membuat atau pembuatan adalah karena memang pada dasarnya orang yang membuat puisi telah menciptakan dunia dengan suasana sendiri. Baik itu suanan fisik maupun batin.

7. Menurut Aristoteles

Aristoteles mendefinisikan puisi sebagai fragmen dari penyair yang menggambarkan tiga genre, yaitu epic, komik dan tragis. Kemudian mengembangkan aturan dalam membedakan puisi kualitas tertinggi setiap genre yang didasarkan pada tujuan yang mendasarinya.

8. Hudson

Pengertian puisi menurut ahli Hudson adalah suatu cabang dalam sastra yang menggunakan kata-kata dalam penyampaiannya untuk memghasilkan ilusi dan imajinasi.

Hal tersebut sama halnya dengan lukisan yang menggambarkan garis serta warna dalam penggambaran gagasan dari sang pelukis.

9. William Shakespeare

William Shakespeare mengartikan puisi sedikit rumit dibandingkan para ahli lainnya, dimana baginya puisi merupakan sebuah lirik yang membingungkan dan disajikan dalam berbagai bentuk. Dalam pembuatannya, puisi akan selalu melibatkan emosi serta pandangan dari sisi penulis.

10. Sumardi

Sumardi mengartikan puisi sebagai karya sastra dengan bahasa yang dipersingkat, dipadatkan yang kemudian diberikan rima dan irama sesuai bunyi yang padu dengan pemilihan kiasan imajinatif.

Baca juga: Puisi Motivasi Penuh Makna Tentang Kehidupan

11. Puisi Menurut Parrine

Puisi adalah karya sastra dengan bentuk padat serta terkonsentrasi. Kepadatan tersebut dapat dilihat dari sedikitnya kata yang digunakan, akan tetapi mengungkap banyak hal.

12. Hermawan Waluyo

Hermawan Waluyo menyebut puisi sebagai karya tulis pertama yang dibuat oleh umat manusia dalam sejarah. Puisi merupakan sebuah karya sastra yang mengungkapkan pikiran, emosi serta perasaan penyair secara imajinatif.

13. Daniel Ward

Daniel Ward menafsirkan sebuah puisi sebagai kenikmatan dalam menonton teater atau pertunjukan dengan aksi yang spektakuler.

14. Najid

Pengertian puisi menurut ahli bernama Najid adalah bentuk karya sastra imajinatif dengan mengutamakan unsur fiksionalitas, nilai dari sebuah seni serta rekayasa bahasa.

15. Shahnon Ahmad

Shanon Ahmad mendefinisikan puisi sebagai unsur berupa imajinasi, emosi, ide, pemikiran, nada, irama, rima, susunan kata, kesan panca indra, kiasan serta perasaan yang bercampur baur.

16. Herbert Spencer

Pengertian puisi menurut Herbert Spencer adalah bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan keindahan sebagai pertimbangannya.

17. Shelley

Pengertian puisi menurut ahli bernama Shelley adalah sebuah rekaman detik-detik yang indah dalam hidup, semisal peristiwa-peristiwa yang mengesankan sehingga menimbulkan keharuan yang kuat, entah itu kebahagian, kegembiraan, bahkan kesedihan.

Baca juga: 11+ Contoh Puisi Sahabat dan Pertemanan

18. Harrold Bloom

Bloom mendefinisikan puisi sebagai sebuah bahasa kiasan, terkonsentrasi sehingga dapat menyebabkan bentuk ekspresif serta menggugah.

19. Paul Valery

Puisi menurut Valery ialah seni yang di dasarkan pada bahasa. Akan tetapi puisi memiliki rangkaian bahasa yang lebih umum dan sulit untuk menentukannya. Baginya, puisi memiliki tujuan untuk mengungkapkan sebuah pikiran tertentu.

20. Lawrence Ferlinghetti

Puisi diandaikan sebagai suara musim panas yang berada di tengah hujan. Kemudian orang-orang tertawa di di balik jendela seraya menutup jalan sempit.

Lawrance mengartikan puisi dengan bahasa yang begitu puitis, sehingga sangat sulit ditangkap atau dimaknai.

21. Samuel Jonshon

Johnson menjelaskan jika puisi adalah sebuah karya seni yang indah dengan penyatuan kesenangan dan kebenaran melalui sentuhan imajinasi yang bernalar.

22. Tjahjono

Puisi secara umum adalah pembentuk, pembuat atau pembangun, karena seorang penyair yang telah membuat puisi berarti ia telah membangun, membentuk atau membuat sebuah dunia baru. Baik secara fisik ataupun batin.

23. Putu Arya Tirtawirya

Puisi adalah ungkapan yang bersifat implisit dan samar, memiliki makna yang tersirat serta kata-kata yang digunakan cendrung bersifat konotatif.

24. Jason Stone

Tujuan dari sebuah puisi yaitu untuk mengekspreiskan perasaan serta ide-ide dengan cepat dan mengesankan, ekspresi berbagai perasaan dan ide dengan sahabat atau bahkan kematian.

25. Matthew Arnold

Puisi menurut ahli Matthew Arnold adalah satu-satunya cara yang dapat dikatakan paling indah dan impresif, kemudian hal yang paling efektif dalam mendendangkan sesuatu.

Baca juga: Pengertian Karya Seni Beserta Contoh-contohnya Lengkap

26. Dylan Thomas

Puisi menurut Dylan Thomas ialah sesuatu yang dapat membuat orang tertawa ataupun menangis, dan sesutu yang membuat orang ingin melakukan hal ini atau itu ataupun bahkan tidak sama sekali.

27. Robert Pinsky

Robert Pinsky menyebut bahwa puisi adalah seni kuno, lebih tua dari mesin cetak, lebih tua dari komputer, lebih tua dari prosa dan juga lebih tua dari menulis.

28. Burhan Nurgiyantoro

Puisi adalah genre sastra yang sangat memperhatikan aspek kebahasaan. Keindahan yang dihasilkan puiisi merupakan efek dari pemilihan bahasa terutama diksi yang digunakan. Pemilihan meliputi unsur bunyi, bentuk serta makna puisi itu sendiri.

29. Umberto Eco

Eco memiliki pendapat berbeda jika dibandingkan dengan ahli lain, sebab ia menyebutkan puisi bukanlah masalah perasaan. Akan tetapi masalah pemilihan bahasa.

Sehingga Eco menyimpulkan, bahwa puisi merupakan bahasa yang menciptakan perasaan bukan sebaliknya.

30. Usman Awang

Terakhir, pengertian puisi menurut ahli Usman Awang adalah nyanyian dari seseorang yang sedang putus asa sedang mencari sebuah ketenangan atau kesenangan atau kepuasan dalam sebuah puisi yang ditulisnya.

Puisi Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian puisi menurut KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh rima, mantra, irama serta penyusunan larik dan bait.

Selain itu puisi juga sering didefinisikan sebagai gubahan dalam sebuah bahasa yang bentuknya dipilih serta ditata secara cermat sehingga dapat mempertajam kesadaran seseorang.

Jenis-Jenis Puisi

Puisi dapat dikelompokan berdasarkan jenis dan jamannya. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai jenis-jenis puisi.

1. Puisi Lama

Adalah puisi yang memiliki berbagai aturan kompleks seperti, jumlah bait dalam suatu puisi, kemudian jumlah kata dalam tiap barisnya, jumlah suku kata, irama puisi, serta persajakannya. Sebagai contoh seperti mantra, pantun, seloka dan sebagainya.

2. Puisi Baru

Adalah puisi yang bersifat lebih bebas jika dibandingkan dengan puisi lama. Secara aturan, puisi baru tidak memiliki aturan tertentu, baik dari segi jumlah baris, kata dan rima. Contoh puisi baru adalah balada hime, elegi dan lain sebagainya.

3. Puisi Kontemporer

Adalah suatu jenis puisi yang mencoba keluar dari puisi pada umumnya, atau kita biasa menyebutnya dengan puisi konvensional. Seiring perkembangan zaman, puisi saat ini tidak lagi berpatokan pada irama, rima, serta jumlah kata pada tiap barisnya. Maka puisi semacam itu disebut atau dinamakan dengan puisi kontenporer. 

Demikian pemaparan mengenai pengertian puisi. Semoga dengan artikel ini, pengetahuan Anda mengenai seluk beluk puisi bisa semakin bertambah.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Daftar Harga Plat Besi Semua Jenis dan Ukuran, Terbaru 2022

Plat besi merupakan salah satu material bangunan yang dibutuhkan saat membuat konstruksi bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru 2022! Harga Borongan Pengecatan Tembok Per Meter

Cat dinding rumah tampak perlu dicat ulang karena sudah kusam? Atau sekadar ingin mengganti suasana

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia