Pinhome

Pengertian Pedagogik

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 29 July 2021 ∙ 4 menit membaca

Pengertian Pedagogik – Mungkin bagi kalian yang sudah lama berkecimpung di dunia pendidikan, tentu tidak asing lagi dengan istilah pedagogik. Tapi bagaimana dengan kalian yang baru memasuki bangku kuliah, terutama yang masuk dijurusan pendidikan?

Saya yakin tidak semua mahasiswa baru atau kebanyakan yang masuk di jurusan pendidikan belum mengetahui apa itu pedagogik.

Maka ijinkan saya memberikan informasi melalui artikel singkat ini mengenai pengertian atau defenisi pedagogik. Tentu dengan tujuan supaya kalian yang sedang membutuhkan informasi terkait pedagogik mengetahuinya.

Apa yang akan kita bahas berkenaan dengan pedagogik disini?

Dalam artikel ini kita akan mencoba membahas pedagogik dari A-Z, artinya bukan hanya membahas mengenai pengertiannya saja. Akan tetapi unsur atau komponen yang berkaitan dengan pedagogik akan kita bahas.

Seperti yang saya singgung di bagian awal, orang yang konsen di dunia pendidikan pasti sudah sangat mengenal istilah pedagogik atau pedagogi.

Sebab pedagogik merupakan bagian dari sebuah pendidikan. Sederhananya pedagogik adalah suatu ilmu atau seni untuk menjadi seorang guru atau pengajar.

Daripada pusing-pusing tidak karuan, mending kita bahas secara mendetail mengenai pedagogik melalui pengertiannya.

Pengertian Pedagogik Secara Umum

pengertian pedagogik

Pedagogik merujuk pada istilah pengajaran atau gaya mengajar seorang guru. Bahkan tidak sedikit akademisi dan praktisi pendidikan yang mengartikan pedagogik sebagai strategi atau cara dalam mengajar.

Lalu apa sebenarnya arti dari pedagogik?

Pedagogik atau pedagogi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana teknik mengajar. Implementasi dalam mengajar dipengaruhi berbagai faktor, diantaranya latar belakang, pengetahuan, lingkungan, situasi belajar serta kondisi psikis siswa.

Pengertian Pedagogik Secara Etimologi

kerja kelompok
  • Kata pedagogi sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno, yang berarti membimbing anak. Dahulu di Yunani Kuno pedagogi bisanya digunakan untuk budak yang mengawasi anak tuannya. Termasuk mengawasi pendidikan sang anak, mengantarkan sekolah serta bertanggung jawab sebagai pengasuh.
  • Namun disisi lain ada yang berpendapat bahwa pedagogik berasal dari bahasa Yunani, yaitu paedos dan agogos. Apa itu paedos dan agogos? Apabila diartika paedos berarti anak laki-laki, sedang agogos yaitu mengantar, mendidik dan membimbing. Sehingga jika diartikan dalam arti tertentu, pedagogik adalah seorang ahli yang mengantarkan atau membimbing seseorang untuk mencapai tujuan tertentu.

Pedagogik Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia, pedagogi didefinisikan sebagai ilmu pengajaran atau ilmu pendidikan.

Sedangkan Pedagogik adalah bersifat pedagogi atau bersifat mendidik. Kemudia ada satu lagi yaitu ortopedagogik yaitu ilmu yang bertujuan untu menyembuhkan psikis, terutama dalam hal ini menyembukhkan seseorang yang memiliki keterbelakangan mental.

Maka sudah sangat jelaslah kamus besar bahasa Indonesia dalam hal ini mengartikan mengenai pengertian pedagogik dan pedagogi. Jika pedagogi adalah sebuah ilmunya atau sebutan untuk ilmunya, sedangkan pedagogik adalah isi dari pedagogi.

Pengertian Pedagogik Menurut Para Ahli

anak kecil

Selain pedagogi diartikan secara umum, para ahli juga ternyata memiliki pendapat mengenai arti pedagogik. Berikut ini merupakan pendapat para ahli mengenai pedagogik.

#1. Sarworno

Menurut Suwarno pedagogi adalah pendidikan yang menekankan pada praktik pendidikan, dalam hal ini berkaitan erat dengan kegiatan mendidik serta membimbing anak.

Sedangkan pengertian pedagogi menurut sarwono adalah suatu teori yang secara teliti, objektif dan kritis mengembangkan konsep hakekat manusia, hakekat anak, hakekat anak, serta hakekat proses tujuan pendidikan itu sendiri.

#2. Prof. Dr. J. Hoogveld

Menurut Prof. Dr. J. Hoogveld asal Belanda mendefinisikan pedagogik sebagai ilmu yang mempelajari masalah pembimbing anak untuk mencapai tujuan tertentu. Supaya kelak setelah dewasa dapat menyelesaikan tugas hidupnya.

#3. Ana Maria Gonzalez Soca

Pengertian pedagogik menurut Ana Maria adalah sebuah proses yang menyoroti hubungan antara pendidikan, pengajaran serta pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian peserta didik atau siswa, dengan tujuan untuk mempersiapkan mereka dalam menjalankan kehidupan.

Ana Maria juga mempertimbangkan antara hubungan pengajar dengan sisawa dan pendidikan sebagai target sekolah, akan tetapi pedagogik tidak melampaui batasan-batasan institusi pendidikan.

Beliau juga berpendapat keluarga dan masyarakat tidak masuk dalam pertimbangan pendidikan generasi sekarang maupun di masa yang akan datang.

#4. Gladys Valdivia

Valdivia mendefinisikan pedagogik sangat memiliki kaitan erat dengan tujuan sosial yang dikembangkan serta memiliki hubungan satu dengan yang lainnya.

Bagian dialetik yang terdapat dalam pengajaran dan pendidikan, serta sifat umum dari pendidikan itu sendiri, yang artinya menunjukan bahwa pedagogik berada di dalam dan luar proses pendidikan.

#5. Menurut Addine

Pengertian pedagogik menurut addine pedagogis memiliki karakter kesatuan ilmiah dari proses pedagogis. Karakter tersebut salah satunya menyoroti bahwa pedagogis harus bersifat terstruktur berdasarkan temuan di bidang sains kontemporer.

Sedangkan hubungan sekolah dan kehidupan didasarkan pada dua aspek penting yaitu sebuah pekerjaan untuk mendidik seorang manusia.

Demikian pembahasan mengenai pengertian pedagogik, semoga memberikan manfaat bagi kita semua. Terimakasih

FAQ

Apa yang dimaksud dengan pedagogik?

Pedagogik adalah seni atau ilmu bagaimana menjadi seorang guru, dalam hal ini sangat berkaitan erat dengan pengajaran.

Apa itu kompetensi pedagogik?

Pada dasarnya ilah kemampuan dalam mengelola atau manajemen peserta didik.

Tags :

Bagikan Artikel