11 Pengertian Nilai Menurut Para Ahli dan Contohnya

Dipublikasikan oleh Ani Ramdhani ∙ 27 January 2022 ∙ 4 menit membaca

pengertian nilai menurut para ahli

Setiap tindakan sosial maupun bentuk prilaku manusia di dalam lingkungan dan masyarakat seringkali dikaitkan dengan nilai, sebab nilai sosial ini sendiri memberikan pemaknaan yang begitu penting dalam kehidupan yang dijalani oleh manusia itu sendiri.

Oleh karena itulah pada tulisan ini akan memberikan berbagai penjelasan mengenai pengertian nilai menurut para ahli.

Nilai

Secara umum pengertian nilai dapat diartikan sebagai suatu ide tentang apa yang dianggap baik, layak, indah, dan dikehendaki oleh setiap masyarakat dalam kehidupannya. Nilai ini bahkan menjadi cerminan serta gambaran akan hidupnya masyarakat  yang saling membantu keteraturan sosialnya.

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Sedangkan definisi nilai menurut para ahli adalah sebagai berikut;

  1. Soerjono Soekanto

Nilai adalah konsepsi abstrak yang ada dalam diri manusia, hal ini dikerenakan nilai dapat dianggap baik dan dapat pula dianggap sebagai jelek. Nilai baik selalu menjadi simbul kehidupan yang dapat mendorong ontegritas sosial sedangkan nilai yang buruk akan memberikan dampak yang berarati seperti halnya dampak yang terjadi pada konflik.

  1. Wood

Pengertian nilai adalah petunjuk umum yang telah berlangsung lama, petunjuk ini bahkan dianggap mampu mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenannya nilai dalam ketegori ini terbagi menjadi dua, yakni nilai baik dan buruk.

  1. Simanjuntak

Pengertian nilai adalah ide-ide masyarakat tentang sesuatu yang baik dan sesuatu yang dianggap buruk. Keadaan ini bisa disebabkan dari adanya faktor kebisasaan atau budaya dalam masyarakat yang mana selalu dijalankan setiap hari-harinya.

  1. Robert Lawang

Definisi nilai ialah gambaran mengenai apa yang diinginkan, berharga, pantas, dan juga dapat memengaruhi perilaku sosial setiap individu yang memiliki nilai tersebut. Nilai ini menjadi ceriminan serta menjadi pedoman tata tertip kehidupan masyarakat.

  1. Hendropuspito

Menurutnya, definisi nilai adalah segala sesuatu yang dapat diberikan penghargaan kepada masyarakat karena di dalamnya mempunyai fungsi dalam perkembangan kehidupan yang ada. Perkembangan dan fungsinya mampu menjadi pedoman dalam tata prilaku masyarakat.

  1. Karel J. Veeger

Ahli sosiologi ini memberikan pengertian bahwa nilai adalah suatu kiteria yang dberikan kepada individu ke individu lain berdasarkan dengan perbuatan yang dilakukan. Pengertian ini secara langsung juga dapat diberikan pemahaman bahwa dipertimbangkan berdasarkan moral.

  1. Green

Pengertian nilai adalah kesadaran yang relatif diterpakan dan berlaku bagi setiap individu kepada kehidupan yang ada dalam masyarakat. Nilai ini menjadi simbul subjektif dari tata kelakukan yang diciptakan oleh masyarakat pada umumnya.

  1. Kluckhonhn

pengertian nilai adalah bentuk keinginan, akan pemberian lebal baik atau buruk kepada seseorang yang diberikan oleh masyarakat atau lingkungan sekitarannya, Pelebelan ini bisa di dapatkan dari aktivitas individu-individu dalam menjalankan kelakuan disetiap harinya.

  1. Koentjaraningrat

Pengertian nilai adalah suatu bentuk budaya yang memiliki fungsi sebagai sebuah pedoman bagi setiap manusia dalam masyarakat. Bentuk budaya ini dikehandaki dan bisa juga dibenci tergantung daripada anggapan baik dan buruk dalam masyarakat.

  1. Alvin L Bertrand

Nilai adalah kesadaran yang disertai gagasan atas perbutan yang dilakukan seseorang, nilai dalam pengertian ini bisa baik dan bisa juga buruk. Oleh karenannya setiap masyarakat harumampu menginterprasikannya dalam kehidupan yang dijalaninya.

  1. Wikipedia

Nilai adalah sebuah konsep yang berbentuk abstrak karena dapat mendapat perdiket baik, buruh, bagus, jelek, dan lain sebaginya. Nilai dalam arti ini bisa dikatakan sebagai simbul yang dianggap mampu menjadi peroman dalam berprilaku masyarakat.

Contoh Nilai

Contoh adanya sistem sosial dalam penilaian. Misalnya saja;

  1. Nilai Buruk

Adapun contoh nilai buruk yang ada dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja tindakan mencontek, plagiarisme tanpa memberikan sumber serta tindakan lainnya yang melanggar keteraturan sosial masyarakat. Kondisi terhadap nilai buruk ini selalu disarakan untuk bisa dihindari.

Perilakunya, misalnya saja adanya seorang anak yang terlahir catat, seketika sedang sekolah atau bermain sering mendapatkan ejekan dari teman lainnya. Dalam contoh ini dapat dikatakan jika perbuatan anak yang mengejak seorang anak yang terlahir catat dapat dikatakan tidak baik karena tidak sesuai dengan apa yang kita anggap layak atau baik untuk dilakukan, yaitu mengasihi orang lain.

[su_box title=”Kesimpulan” title_color=”#ffffff”]

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat dikatakan jika pengertian nilai secara umum adalah suatu criteria yang diberikan kepada setiap individu yang masih bersifat abtrak, nilai diberikan berdasarkan dengan tingkah laku yang dijalankan.

[/su_box]

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian nilai menurut para ahli yang disertai dengan contoh nilai, semoga dapat bermanfaat bagi siapapun yang sedang mendalami tentang pengertian/definisi/arti nilai secara umum.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia