Pengertian Manajemen Logistik, Manfaat serta Fungsinya

Dipublikasikan oleh Julia Anggraini ∙ 11 July 2021 ∙ 3 menit membaca

Bila menyinggung soal logistik, pastinya tak akan jauh dari yang namanya persediaan. Logistik sendiri bila diartikan adalah persediaan, pengadaan dan hal yang berhubungan dengan itu. Tentu saja, agar semua terkendali, harus ada manajemen logistik yang berfungsi untuk menjaga jumlah ketersediaan dari suatu hal. Sebenarnya, apa itu?

Pengertian

Pengertian dari manajemen untuk logistik ini sebenarnya sangat sederhana. Ia adalah cara mengelola produk yang tepat, untuk pelanggan yang tepat dengan jumlah tepat pula serta kondisi dan waktu serta tempat yang tepat. Pastinya, dengan biaya yang tepat pula. Kalau disederhanakan, itu artinya adalah manajemen dalam operasional suatu perusahaan.

Adanya manajemen ini berguna untuk membantu perusahaan agar bisa mengurangi biaya dan meningkatkan pelayanan pada pelanggannya Dengan begitu, perusahaan akan bisa makin produktif dan bisa meningkatkan profit perusahaannya.

Apa Fungsinya?

Untuk fungsi, sebenarnya manajemen untuk logistik ini punya banyak. Salah satunya adalah sebagai perencanaan dan penentuan kebutuhan. Maksudnya adalah ia harus mampu merencanakan barang apa saja yang dibutuhkan dan menentukan barang apa saja yang benar-benar dibutuhkan. Tentu saja ia juga harus menyesuaikan dengan anggaran dan perhitungan.

Lalu, manajemen ini juga memiliki fungsi sebagai penganggaran. Barang-barang yang sudah ditentukan harus diperhitungkan jumlah pengeluarannya dengan tujuan agar sesuai dengan anggaran yang dimiliki dan bila ada ketidak sesuaian, harus dilakukan perubahan. Fungsi berikutnya adalah sebagai pengadaan.

Maksudnya, merekalah yang mengadakan barang tersebut ada meskipun anggaran yang ada tidak sesuai. Mereka harus memikirkan bagaimana caranya agar barang tersebut tetap ada. Fungsi lainnya adalah sebagai penyimpanan dan penyaluran. Seorang manajer logistik harus bertugas menyimpan baik-baik semua barang yang telah dikumpulkan tersebut.

Dalam hal ini, mereka juga harus berkoordinasi dengan manajemen persediaan. Selain itu, manajemen logistik juga memiliki fungsi untuk pemeliharaan. Barang-barang yang disimpan juga harus dipelihara dengan baik agar tidak rusak sebelum digunakan. Fungsi lainnya adalah untuk penghapusan.

Maksudnya adalah sebagai orang yang mengatasi kerusakan bagaimanapun caranya dan menggantinya dengan barang lain yang sesuai. Untuk fungsi ini, seorang manager bidang pengadaan juga harus berkoordinasi dengan bagian persediaan.

Terakhir, fungsi dari manajemen ini adalah sebagai pengendalian. Maksud dari fungsi ini adalah seorang manajer logistik diharakan mampu untuk senantiasa mengendalikan semua fungsi yang sudah disebutkan sebelumnya agar proses pengadaan suatu barang atau jasa tersebut bisa berjalan sesuai dengan jalurnya.

Manfaat

Tentu saja, adanya manajemen persediaan ini memiliki manfaat. Salah satunya adalah untuk persediaan yang terjaga. Dengan adanya ini, kebutuhan perusahaan akan terpenuhi dan perusahaan bisa terus beroperasi dengan baik. Lalu, sebagai transportasi. Transpormasi di sini maksudnya adalah untuk membantu mibilitas perusahaan tersebut.

Lalu, manajemen ini juga memiliki manfaat sebagai fasilitas. Dengan adanya manajemen ini, perusahaan dipastikan akan memiliki fasilitas pendukung yang baik. Tentu saja, juga berfungsi sebagai layanan. Manajemen tersebut juga sebagai bentuk pelayanan seperti custimer service yang mencakup pelayanan untuk pelanggan.

Manfaat lainnya adalah guna memecahkan masalah. Dengan memanfaatkan manajemen ini, bila ada permasalahan yang tidak biasa, perusahaan akan bisa mengatasinya sesuai dengan keinginan pelanggan atau paling tidak mendekati. Terakhir, memiliki manfaat untuk pemberian informasi pada pelanggan misalnya tentang pengiriman barang dan lainnya.

Sudah mengerti apa pengertian dari manajemen logistik dan apa saja tujuan dan manfaat yang bisa didapat dengan adanya? Manajemen persediaan yang terlaksana dengan baik bisa membantu perusahaan Anda untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan serta bisa meningkatkan layanannya pada pelanggan sehingga bisa menghasilkan untungan yang besar!

Jika kamu memerlukan alat transportasi atau pengiriman barang tertentu dengan menggunakan kapal tongkang, tentu memilih yang berpengalaman dalam hal logistik adalah pilihan terbaik.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia