Pinhome

Pengertian Listrik Secara Umum

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 27 October 2021 ∙ 8 menit membaca

Pada jaman sekarang, listrik sangat diperlukan dalam kebutuhan sehari-hari manusia. Namun, dengan begitu, ternyata sebagian dari pengguna listrik belum mengetahui apa pengertian listrik yang sebenarnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai pengertian listrik secara umum, lengkap beserta contoh, manfaat, dan penjelasan lainya.

Pengertian Listrik

Listrik adalah aliran elektron-elektron dari atom ke atom pada sebuah penghantar atau suatu energi yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia sehari-harinya. Energi listrik ini digunakan dan dimanfaatkan untuk menggerakkan berbagai alat elektronik yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan manusia.

Secara umum atau dalam kamus bahasa Indonesia, Listrik dapat diartikan sebagai suatu daya yang muncul akibat terjadinya suatu gesekan atau dikarenakan sebab lain dari suatu proses kimia.

Listrik tersebut terbagi menjadi 2, yaitu listrik statis dan listrik dinamis.

1. Listrik Statis

Listrik Statis merupakan sebuah energi yang dikandung oleh benda yang bermuatan listrik. Muatan yang dikandung benda tersebut dapat positif atau juga negatif. Bila dibahas lebih dalam lagi, semua zat tersebut timbul karena adanya dari sejumlah atom.

Setiap atom mempunyai inti atom yang terdiri atas elektron dan proton yang mengitarinya. Proton mempunyai muatan listrik yang bersifat positif, sedangkan untuk elektron mempunyai muatan listrik yang bersifat negatif.

Disaat dua zat atau benda contohnya tangan kita dan balon saling digesek-gesekan, material yang memiliki daya tarik lebih lemah yaitu tangan akan ditarik elektronnya dan menempel pada benda yang daya tariknya lebih kuat yaitu balon.

Dari kedua zat tersebut mempunyai muatan listrik, yang dimana material elektronnya hilang, maka dengan demikian akan memiliki muatan positif dan jika material yang mendapat electron tersebut maka muatan akan menjadi negative (kebalikanya).

2. Listrik Dinamis

Listrik Dinamis adalah listrik yang dapat bergerak. Cara mengukur kuat arus pada listrik dinamis dengan cara muatan listrik dibagai waktu dengan satuan muatan listrik adalah coulumb dan satuan waktu adalah detik. Kuatnya arus pada rangkaian bercabang, maka sama dengan kuatnya arus yang masuk dengan kuatnya arus yang keluar.

Selain itu, pada sebuah rangkaian seri, kuatnya arus listrik tetaplah masih sama di setiap ujung-uung hambatan. Dan begitu pula dengan sebaliknya, jika tegangan berbeda pada hambatan pada rangkaian seri, maka untuk tegangan juga bergantung pada sebuah hambatan. Namun, pada rangkaian yang bercabang soal tegangan tidaklah menjadi berpengaruh pada hambatan.

Semua itu telah dikemukakan dalam hukum Kirchoff yang berbunyi “jumlah kuat arus listrik yang masuk sama dengan jumlah kuat arus listrik yang keluar”.

Pengertian Listrik Menurut Para Ahli

Pengertian Listrik Menurut Para Ahli
liputan6.com

Menurut beberapa ilmuwan :

  1. Menurut Agung Wijaya, Listrik adalah kebutuhan primer manusia.
  2. Menurut Joyce James, Colin Baker, dan Helen swain, Listrik merupakan sebuah aliran atau gerakan-gerakan elektron yang merupakan sebuah partiket bermuatan negatif yang di temukan pada suatu atom.
  3. Menurut Gatut Susanto,dan Sasi Agustoni, Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel atau penghantar lainnya.
  4. Menurut Heinz Frick, dan Pujo L, Listrik adalah energi yang dapat diubah menjadi energi lain,seperti menghasilkan Panas , Cahaya , Kimia , Gerak (mekanik).
  5. Menurut Hasan Amrin Listrik adalah suatu bentuk energi dan listrik hanya salah satu dari banyak bentuk energy.
  6. Menurut Aip Saripudin Listrik merupakan energi yang paling banyak dimanfaatkan manusia
  7. Menurut Mikrajudin Listrik merupakan salah satu bentuk energi. Selain BBM, listrik juga sudah menjadi energi yang terpenting dalam setiap kehidupan manusia.
  8. Menurut thomasnet.com energy Listrik adalah sebuah bentuk energi yang mudah diubah-ubah menjadi berbagai jenis energy. Sehingga energi listrik banyak digunakan oleh manusia terutama dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Listrik Statis

“Listrik statis adalah kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tetap (statis), ketidakseimbangan muatan listrik di dalam atau permukaan benda. Muatan listrik akan terus ada hingga benda tersebut kehilangan arus listrik atau dengan cara melepaskan muatan listrik”.

Dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa Listrik statis tidak mampu mengalir dari tempat satu ke tempat lain, hal ini berbeda dengan Listrik Dinamis.

Konsep Dasar Listrik Statis

Konsep Dasar Listrik Statis
radiosanca.com

Hal ini sama seperti ketika potongan kertas kecil dapat berinteraksi dengan penggaris yang sudah digosok-gosokan. Dapat kita dijelaskan dengan konsep dasar muatan listrik statis. Berbicara mengenai listrik tentuya kita tidak dapat lepas dari sebuah muatan listrik statis atau (electrostatic) yang membahas tentang muatan listrik yang ada dalam keadaan statis (diam).

“Muatan listrik muncul karena adanya sebuah perpindahan pada elektron dari benda satu ke benda lain. Selain itu terdapat dua muatan listrik diantaranya muatan positif dan muatan negatif, dapat dikatakan bermuatan positif, jika pada proton terdapat lebih banyak dari pada jumlah pada elektron, dan begitupun dengan sebaliknya. Untuk benda yang tidak memiliki muatan dapat kita sebut dengan netral”.

Benda yang memiliki muatan sejenis seperti pada umunya akan saling tolak menolak apabila didekatkan, dan sebaliknya apabila benda yang memiliki muatan yang berbeda, maka dengan demikian akan saling tarik-menarik satu sama lain. Interaksi ini terjadi antar muatan listrik dapat disebut dengan Gaya Coulomb.

Rumus Listrik Statis

Rumus Listrik Statis
slideshare.com

Contoh Listrik Statis

  1. Saat Anda menyisir rambut, tanpa disadari terkadang rambut akan terbawa berdiri sendiri beriringan dengan gerakan sisir. Hal ini terjadi karena adanya sebuah interaksi muatan antar sisir dengan rambut.
  2. Penggaris atau sisir yang digosok-gosok ke rambut atau tangan kering akan menarik potongan kertas kecil.
  3. Kain sutra yang digosok-gosok dengan batang kaca. Akan terjadi reaksi tarik-menarik antara dua benda tersebut. Karena hal ini adanya elektron dari batang kaca mampu berpindah ke kain sutera. Sehingga dengan demikian pada batang kaca akan mempunyai muatan positif, sedangkan pada batang kaca akan mempunyai muatan negatif.
  4. Menggosokan balon dengan tangan.
  5. Penggaris plastik digosok dengan kain woll. Kedua benda tersebut memiliki muatan netral, tetapi saat dua benda tersebut digesekkan maka akan ada perpindahan elektron dari kain woll ke penggaris plastik. Sehingga pada penggaris plastik akan mempunyai muatan negatif, sedangkan untuk kain woll akan mempunyai muatan positif.

Besaran-besaran Listrik

Besaran-besaran Listrik
tribunews.com

Dalam praktiknya, energi listrik dinyatakan dengan menggunakan besaran – besaran listrik tertentu seperti beberapa diantaranya seperti berikut ini :

1. Tegangan Listrik

Tegangan listrik adalah perbedaan potensial listrik yang terjadi pada 2 titik yang ada dalam satu rangkaian listrik. Tegangan listrik dinyatakan satuan Volt kemudian dihitung atau diukur dengan menggunakan Voltmeter.

2. Hambatan Listrik

Hambatan listrik adalah perbandingan tegangan suatu alat elektronik listrik dengan arus listrik yang melaluinya. Hambatan listrik dapat dinyatakan dalam satuan ohm, selanjutnya diukur dengan menggunakan ohmmeter.

3. Arus Listrik

Arus listrik merupakan jumlah muatan listrik yang muncul karena adanya sebuah pergerakan-pergerakan pada elektron dalam satu rangkaian listrik. Besaran pada arus listrik dapat dinyatakan dengan menggunakan satuan amphere, selanjutnya diukur dengan menggunakan sebuah alat ampheremeter.

4. Gaya Gerak Listrik

Gaya Gerak Listrik adalah besarnya energi listrik yang bisa diubah menjadi bukan listrik atau pun besaran energi lainnya yang bisa diubah menjadi energi listrik. Besaran gaya gerak listrik dapat dinyatakan dalam satuan volt, selanjutnya diukur dengan menggunakan sebuah alat voltmeter.

5. Kapasitansi

Kapasitansi adalah takaran jumlah muatan listrik yang bisa dicadangkan sebagai potensial listrik yang jumlahnya sudah ditentukan sebelumnya.

6. Muatan Listrik

Muatan listrik adalah muatan dasar yang dimiliki oleh sebuah benda mengandung listrik yang bisa membuatnya mengalami gaya tertentu terhadap benda listrik yang ada disekitarnya. Satuan muatan listrik dinyatakan menggunakan satuan colomb.

7. Induktansi

Induktansi merupakan sebuah sifat rangkaian pada elektronika yang mampu membuat energi potensial listrik secara proporsional terhadapa arus listrik yang ada pada sebuah rangkaian listrik tersebut. Adapun besaran pada induktansi dapat dinyatakan dengan menggunakan satuan satuan henry atau internasional weber perampere.

Medan Listrik

Medan Listrik
lubukberbagi.com

Suatu muatan listrik dikatakan mempunyai medan listrik. Medan listrik merupakan sebuah daerah yang mempunyai muatan listrik atau gaya listrik. Atau bisa disebut medan listrik adalah suatu daerah dimana gaya listrik masih bekerja. Medan listrik merupakan suatu energi listrik yang timbul karena adanya muatan listrik dalam suatu benda.

Arah medan listrik yang berasal dari sebuah benda yang memiliki muatan listrik dapat digambarkan dengan garis-garis gaya listrik. Sebuah benda dengan muatan positif memiliki garis gaya listrik menjauhi (keluar) dari muatan benda tersebut. Dan sebaliknya pada sebuah benda yang bermuatan negatif memiliki garis gaya listrik mendekat muatan negatif.

Manfaat Listrik

Banyak berbagai manfaat-manfaat listrik dalam kehidupan kita contoh :

  1. Untuk penerangan.
  2. Dapat digunakan untuk memasak
  3. Tenaga untuk kendaraan.
  4. Pabrik atau Industri.
  5. Pengisi daya baterai.
  6. Merangsang munculnya alat baru.
  7. Memudahkan menonton hiburan.
  8. Membantu segala urusan kita terutama pada sebuah pekerjaan-pekerjaan baik dirumah maupun di kantor.

Kesimpulan Energi Listrik

“Listrik adalah sebuah energi atau kekuatan yang timbul dari pergesekan mekanis atau melalui proses kimia yang mampu menghasilkan aliran pergerakan electron dan disalurkan melalui sebuah alat penghantar (misal kabel dan lain sebagainya) yang dimana energy tersebut dapat digunakan untuk membantu kinerja manusia dengan diubah menjadi energy gerak, panas, cahaya dan lainnya.”

Definisi Teknik Tenaga Listrik

Suatu bidang teknik yang mempelajari tentang proses terjadinya perubahan energy, yang mengubah tenaga dari pergerakan electron melalui alat penghantar, sehingga dengan demikian energi tersebut dapat diperoleh menjadi bentuk energy listrik. Yang dapat dipakai oleh manusia dalam kebutuhan tertentu.

Misal perubahan yang terjadi pada sebuah listrik dari generator menjadi penggerak bagi mobil atau listrik untuk mengubah menjadi energy gerak maupun cahaya.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Pengertian Listrik Secara Umum. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Catatan : untuk menambah pengetahuan, kalian juga dapat membanca seputar ilmu pengetahuan elektronika atau kelistrikan seperti pengertian solder, contoh benda isolator dan kondutor, serta contoh sifat-sifat magnet. Yang tentunya akan dapat menambah wawasan kalian.

Tags :

Bagikan Artikel