Pinhome

Lifestyle

Pengertian LAN, MAN dan WAN

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 4 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Pengertian Lan, Man dan Wan – Siapa yang tidak tahu internet ? Rasanya hampir semua orang mengetahui internet, namun tentunya pemahaman orang awam dan akan sedikit berbeda mendefinisikan internet.

Sejatinya internet hanyalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dan berkomunikasi dengan cara bertukar data dengan skala global.

Jaringan komputer yang telah kita ketahui bersama memiliki perbedaan masing-masing, perbedaan tersebut teletak pada skala atau jangkauan jaringan itu sendiri.

Sebut saja jaringan LAN (Local Area Network) yang merupakan sebuah jaringan komputer dengan skala yang paling kecil jika dibandingkan dengan jaringan komputer yang lain.

Apa Itu Pengertian LAN, MAN dan WAN

kabel utp

Setiap jaringan memiliki karakteristik masing-masing dimana perangkat yang digunakan berbeda, semakin besar skala jaringan yang digunakan tentu saja perangkat yang digunakan lebih banyak dan beragam yang dibutuhkan.

Seperti halnya medium yang digunakan untuk melakukan transmisi data ada yang dihubungkan melalui media kabel ataupun nirkabel. Dimana setiap jaringan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

LAN (Local Area Network)

LAN merupakan singkatan dari Local Area Network yang dimana merupakan jaringan komputer berskala paling kecil dan paling populer dibandingkan dengan jaringan komputer lainya.

Jaringan ini dapat disebut populer karena jaringan LAN dapat digunakan oleh siapa saja dengan menggunakan peralatan yang sangat minimum.

Adapun perangkat yang digunakan dalam membangun sebuah jaringan LAN ialah sebagai berkut ini :

  1. NIC ( Network Interface Card)
  2. Medium transmisi data (kabel / nirkabel)
  3. HUB
  4. Switch
  5. Bridge
  6. Repeater
  7. Router

LAN ini pada umumnya menggunakan teknologi berbasis ethernet yang menggunakan perangkat seperti switch dan HUB dimana kecepatan transfer data dapat mencapai 10, 100, 1000 dan 10000 Mbit/detik menggunakan kabel seperti UTP, coaxial, fiber optic dan lain sebagainya. Selain menggunakan teknologi ethernet, teknologi Wi-Fi juga dapat digunakan untuk membangun jaringan LAN yang biasa disebut dengan nama hotspot.

Jaringan LAN merupakan jaringan berskala kecil yang seringkali digunakan pada sekolah, kantor, warnet dimana pengunaan komputer tidak terlalu banyak yang dapat dikelola dengan mudah.

Hal tersebut merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh jaringan LAN, yang tentu saja dimana ada kelebihan terdapat kekuranga. Adapaun kelebihan dan kekurangan jaringan LAN ialah sebagai berikut :

Kelebihan Jaringan LAN

  1. Biaya yang dikeluarkan terbilang cukup rendah
  2. Data terpusat
  3. Kecepatan transfer data antar node/client lebih tinggi
  4. Tidak perlunya operator telekomunikasi
  5. Penggunaan kabel yang lebih sedikit

Kekurangan Jaringan LAN

  1. Cakupan wilayah yang terbatas
  2. Ancaman kemanan yang cukup tinggi, seperti serangan virus dan lain sebagainya

MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan MAN atau Metropolitan Area Network merupakan jaringan komputer yang memiliki skala lebih luas dibandingkan dengan LAN.

Jaringan MAN merupakan interkoneksi dari sejumlah jaringan lokal / LAN yang menggunakan backbone berkapasitas tinggi seperti fiber optic yang biasanya menyediakan layanan up-link untuk jaringan area yang lebih luas (WAN dan Internet).

Metropolotan Area Network (MAN) biasanya tidak dimiliki satu organisasi saja seperti pada kampus, perkantoran, pabrik dan lain sebagainya yang mencakup wilayah yang cukup luas seperti suatu kota besar.

Area yang dapat dicakup biasanya sekitar 5 sampai 50 km yang menghubungkan antar kantor, kampus, pabrik dengan pusat yang berada dalam jangkauanya.

Adapun perangkat jaringan utama yang digunakan dalam jaringan MAN ialah :

  1. Router
  2. Switch
  3. Radio Frekuensi
  4. HUB

Jaringan MAN biasanya memerlukan jasa operator telekominkasi yang bertugas sebagai penghubung antar jaringan komputer.

Kelebihan jaringan MAN

  1. Pertukaran data dan informasi yang lebih cepat dan efisien
  2. Komunikasi antar jaringan dapat menggunakan e-mail, fitur chat dan video conference
  3. Proses backup dari berbagai jaringan lebih mudah dan cepat
  4. Integrasi data yang bersifat real-time antara server dan client
  5. Kecepatan transfer data berkecepatan tinggi

Kekurangan jaringan MAN

  1. Biaya operasional yang cukup tinggi
  2. Perawatan jaringan yang rumit
  3. Installasi infrastruktur yang tidak mudah
  4. Target bagi cracker yang mengambil keuntungan pribadi
  5. Trouble shooting network yang rumit

WAN (Wide Area Network)

Yang terakhir ialah jaringan WAN atau Wide Area Network yang memiliki skala paling besar dibandingkan jaringan yang sebelumnya dijelaskan. Skala yang digunakan dapat mencakup antar kota bahkan antar negara dan benua yang dapat terhubung menggunakan banyak sekali router dan saluran komunikasi publik.

Oleh karena itu jaringan ini memerlukan kecepatan akses yang sangat cepat dan minim gangguan, maka digunakanlah fiber optic sebagai medium transmisi data jarak jauh yang ditanam di bawah tanah ataupun di jalur laut.

Jaringan WAN memiliki karakteristik dimana jaringan digunakan untuk menghubungkan antar perangkat pada wilayah geografis yang luas, penggunaan jasa operator telekomunikasi, menggunakan koneksi serial dari berbagai jenis untuk mengakses bandwih dalam lokasi yang berjauhan dan bekerja pada layer fisik dan data link.

Adapun perangkat jaringan utama yang digunakan dalam jaringan WAN ialah :

  1. Switch
  2. Modem
  3. MUX/Multi Plexer
  4. Router
  5. CSU/DSU (Channel Server Unit/ Data Server Unit)
  6. Communication Server
  7. ANTENA
  8. ATM (Asynchronous Transfer Mode)

Kelebihan Jaringan WAN

  1. Akses dengan jangkauan yang luas
  2. Seluruh perangkat dalam jaringan dapat menggunakan data yang sama
  3. Skala jaringan yang sangat luas (negara dan benua)
  4. Informasi dan update dilakukan secara real-time
  5. Proses transfer file dapat dilakukan dengan cepat jika terhubung dengan internet

Kekurangan Jaringan WAN

  1. Biaya operasional yang sangat tinggi, dikarenakan cakupan wilayah yang sangat luas
  2. Instalasi jaringan sangat sulit dan rumit, ditambah dengan alat-alat yang diperlukan cukup mahal
  3. Memerlukan Firewall yang baik untuk mengatasi hal-hal yang dapat mengganggu jaringan
  4. Rentan terhadap berbagai ancaman dari luar seperti hacker dan lain sebagainya

Penutup dan Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian LAN MAN dan WAN dimulai dari pengertian, perangkat yang digunakan, hingga kelebihan dan kekurangannya.

Jadi kalau kita simpulkan, jaringan komputer LAN, MAN dan WAN secara garis besar merupakan jaringan komputer yang memiliki perbedaan pada skala dan perangkat yang digunakan.

Jaringan MAN merupakan jaringan yang tersusun dari gabungan dan pengintegrasian beberapa jaringan LAN yang saling terhubung dan bertukar data.

Sedangkan WAN merupakan gabungan dari jaringan LAN dan MAN yang diintegrasikan dan saling terhubung pada skala jaringan yang lebih besar dan luas seperti kota, negara, benua hingga dunia.

Semoga penjelasan tersebut dapat membantu dan bermanfaat bagi siapa saja yang sedang mencari informasi tentang pengertian LAN MAN dan WAN, Sekian dan Terima kasih !

Tags :

Bagikan Artikel