Pengertian Kwitansi, Ciri-Ciri dan Cara Menggunakan Kwitansi

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ September 19, 2022 ∙ 4 menit membaca

Pengertian Kwitansi

Dalam dunia bisnis, kwitansi merupakan salah satu dokumen yang sangat penting. Banyak orang yang telah menggunakan dokumen ini tetapi tidak sedikit yang kurang paham dengan maksud dan pengertian kwitansi. Untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai dokumen ini, berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai dokumen kwitansi. 

Apa yang disebut dengan kwitansi? 

Ulasan pertama yang akan kami bahas adalah mengenai pengertian dari kwitansi sendiri. Kwitansi merupakan buah dokumen yang digunakan untuk kebutuhan tanda bukti pembayaran. Dokumen ini adalah dokumen yang sangat penting dan jika sudah didapatkan harus disimpan sebagai pengganti nota atau pelunasan pembayaran dalam sebuah transaksi. 

pengertian kwitansi contoh kwitansi

Dokumen ini memiliki bentuk berupa selembar kertas yang ukurannya cukup kecil. Biasanya dokumen ini akan ditulis oleh pemilik barang, ditandatangani oleh pemilik barang dan diterima oleh pembeli barang. Terkadang ada juga yang ditandatangani oleh penjual dan pembeli sebagai salah satu cara untuk memperkuat legalitas dari kwitansi tersebut. 

Tujuan penggunaan dokumen kwitansi 

Salah satu tujuan penggunaan dari dokumen kwitansi sudah disebutkan sebelumnya yaitu digunakan sebagai salah satu bukti untuk transaksi. Akan tetapi selain digunakan untuk bukti transaksi yang terjadi, pembuatan dokumen kwitansi juga bisa digunakan untuk keperluan yang lain. Keperluan ini antara lain adalah :

  • Untuk memudahkan pembukuan

Salah satu hal yang menjadi tujuan pengertian kwitansi ini adalah untuk memudahkan pembukuan. Seperti disebutkan sebelumnya, kwitansi bisa digunakan sebagai pengganti nota. Hal inilah yang membuat kwitansi bisa digunakan untuk kebutuhan pembukuan. 

Karena digunakan untuk memudahkan pembukuan, maka biasanya kwitansi disertai dengan tanggal pembuatan, nomor kwitansi serta nama penjual dan pembeli. Jika memang kwitansi ini digunakan oleh perusahaan besar, maka kwitansi ini terkadang dilengkapi dengan kop perusahaan.

Selain dilengkapi dengan kop surat, sebuah kwitansi yang digunakan untuk transaksi besar biasanya juga akan dilengkapi dengan identitas lainnya seperti dengan materai dan juga cap dari kedua belah pihak.

  • Untuk menghindari penyalahgunaan dana 

Selain pengertian kwitansi, Anda juga harus tahu bahwa kwitansi merupakan salah satu dokumen yang penting untuk pengalihan dana. Misalnya Anda melakukan transaksi dengan menggunakan bantuan pihak ketiga. Sangat penting bagi Anda untuk menggunakan kwitansi untuk mencegah penyalahgunaan dana. 

Selain digunakan untuk bukti transaksi, pada dasarnya kwitansi juga bisa digunakan untuk serah terima uang. Uang adalah sebuah benda yang cukup riskan. Oleh karena itu, jika memasrahkan uang kepada orang lain, harus disertai dengan bukti yang jelas. Tujuannya adalah agar uang tidak digunakan untuk kepentingan pribadi dan ada tanggung jawab yang jelas mengenai dana tersebut. 

Cara penggunaan kwitansi 

Untuk Anda yang ingin menggunakan kwitansi, Anda harus tahu beberapa hal penting untuk diperhatikan sebelumnya. Beberapa hal penting untuk diperhatikan ini antara lain adalah :

  • Pastikan penulisan nama dan identitas lain lengkap

Tujuannya adalah untuk menghindari masalah pada masa depan yang disengaja maupun tidak. 

  • Buat catatan mengenai pembayaran 

Baik Anda sebagai penerima atau pembuat, buat bukti yang berhubungan dengan pencatatan pembayaran. Tujuannya agar lebih mudah tracking dana yang sudah Anda bayarkan. 

  • Gunakan meterai

Jika Anda akan melakukan transaksi besar, pastikan Anda menggunakan meterai di kwitansi Anda. Tujuannya adalah untuk memastikan kwitansi dapat digunakan untuk kepentingan-kepentingan yang berlaku resmi. Dengan adanya meterai, kekuatan dari meterai lebih kuat di mata hukum sehingga dapat digunakan dengan cara yang lebih baik. 

Jika Anda akan menggunakan kwitansi, pastikan Anda menghindari tanda tangan kwitansi kosong. Hal ini disebabkan karena penggunaan kwitansi kosong bisa sangat membahayakan karena bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. 

Ciri dari kwitansi 

Pada dasarnya kwitansi dahulu hanya dibuat dengan menggunakan kertas. Akan tetapi saat ini kwitansi ada juga yang dibuat dengan menggunakan sistem elektronik. Selain itu, kwitansi juga memiliki beberapa ciri lainnya. Ciri lain kwitansi ini antara lain adalah :

  • Biasanya punya 2 sisi 

Jika Anda membeli kwitansi yang sudah jadi, biasanya 1 lembar kwitansi ada 2 lembar. Lembar besar dan lembar kecil. Lembar besar biasanya akan disimpan oleh penerima kwitansi sedangkan lembar kecil biasanya akan digunakan oleh pemilik kwitansi. 

Akan tetapi saat ini ada juga kwitansi yang dibuat sendiri oleh pemilik kwitansi. Jika membuat kwitansi sendiri, ukuran dari kwitansi bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

  • Memiliki informasi yang lengkap 

Untuk transaksi kecil-kecilan, keberadaan kwitansi mungkin memang tidak banyak diperhatikan. Akan tetapi jika digunakan dalam transaksi besar, selain membutuhkan meterai, umumnya sebuah kwitansi untuk transaksi besar akan membutuhkan informasi yang lengkap. Informasi yang lengkap ini biasanya berupa nomor kwitansi, nama penerima, jumlah dalam bentuk angka dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Demikian ulasan mengenai pengertian kwitansi dan juga beberapa informasi pendukung lainnya. Semoga ulasan ini bisa memberikan banyak pengetahuan dan tambahan informasi ya!

Pesan sponsor!
Mari nikmati membuat website lebih mudah dengan hosting indonesia dan domain dari Jetorbit.com!

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Finansial
Finansial 7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham, Wajib Tahu!

Dalam berinvestasi saham selalu ada risiko yang mengikuti. Hal ini dikarenakan saham termasuk jenis

Finansial
Finansial 5 Cara Mendapatkan Uang 100 Juta Pertama di Usia 25 Tahun

#WaktunyaBeliRumah -Memiliki aset berupa tabungan atau barang bernilai ratusan juta di usia muda pa

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Metaverse Crypto serta Resiko yang Ada di Dalamnya

Metaverse crypto adalah cara pembayaran di ruang virtual yang diciptakan untuk versi digital dari b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia