Pinhome

Arsitektur & Desain

Plint Keramik | Pengertin, Ukuran, dan Cara Memasangnya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 November 2021 ∙ 3 menit membaca

Pengertian plint keramik adalah keramik yang khusus dipasang pada sudut dinding bagian bawah pertemuan dengan lantai, fungsinya untuk kerapian sudut dan melindungi dinding agar tetap bersih.

Saat mengepel keramik lantai di area sudut menggunakan kain basah, maka secara tidak sengaja akan mengenai dinding. Permasalahannya adalah ketika dinding tersebut hanya berlapis cat yang tidak tahan air maka cepat atau lambat akan mengalami pengelupasan.

Sehingga membuat ruangan tidak lagi nampak rapi dan indah. Solusinya yaitu dengan memasang keramik plint untuk melindungi dinding sekaligus memperindah ruangan.

Ada juga yang namanya plint keramik pada tangga yang dipasang disudut, keramik ini bertekstur kasar karena tujuan pemasanganya adalah agar tidak licin sehingga aman dari bahaya terpeleset saat melewati tangga.

Selain itu, ada juga bermacam warna serta tekstur yang bisa dipilih menyesuaikan tema arsitektur ruangan.

Baca juga: 11 Rekomendasi Keramik Motif Kayu untuk Hunian Minimalis Nan Sejuk

Plint Keramikplint keramik

Pada ulasan kali ini, kami akam membahas secara detail tentang pengertian plint keramik, ukuran, serta cara memasangnya. Simak baik-baik ya, Pins!

Baca juga: Berbagai Ukuran Keramik Lantai dan Juga Dinding

Ukuran Plint Keramik Dinding

Ukuranya di pasaran ada berbagai macam, jadi kita bisa memilihnya sesuai selera. Namun hendaknya panjangnya disesuaikan dengan ukuran keramik lantai, tujuanya yaitu agar nad antara lantai dan dinding bisa menyatu sehingga ruangan nampak rajin dan rapi. 

Sedangkan tingginya bisa dipilih sesuai selera apakah itu 10 cm, 15 cm, 20 cm, atau 30 cm. Misalnya untuk keramik lantai ukuran 40 cm x 40 cm. sebaiknya memakai keramik plint dinding ukuran 40 cm x 20 cm.

Baca juga: Berbagai Ukuran Keramik Lantai dan Fungsinya

Cara Memasang Plint Keramik Dinding

Kelihatanya sepele namun jika tidak teliti dan benar dalam memasangnya maka tidak akan menghasilkan kualitas pekerjaan yang maksimal.

Cara memasang yang tepat yaitu, dinding diplester terlebih dahulu namun meninggalkan area bawah yang akan dipasang plint. Langkah selanjutnya memasang keramik lantai dengan pengaturan sedemikian rupa sehingga pembagianya bisa bagus dan enak dipandang.

Lalu dilanjutkan proses pemasangan keramik plint dengan permukaan rata dengan dinding dan di atasnya diberikan alur setebal 5 mm agar terlihat rapi dan indah.

Demikian penjelasan tentang plint keramik, semoga bisa menjadikan gambaran dalam merancang dan memilih material bangunan yang sesuai fungsi serta keinginan, sehingga bisa terbangun rumah terbaik, ternyaman dan terindah.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel