BlogLifestyleMateri Kebugaran Jasmani: Pengertian, Fungsi dan Unsurnya
0
0

Materi Kebugaran Jasmani: Pengertian, Fungsi dan Unsurnya

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 14, 2023

7 menit membaca

Copied to clipboard
pengertian kebugaran jasmanitop-right-banner

Kebugaran jasmani adalah salah satu materi pembelajaran yang ada pada pelajaran olahraga atau yang biasa kita kenal dengan nama penjasorkes. Salah satu manfaat dari materi kebugaran jasmani adalah untuk melatih tubuh menjadi lebih kuat dan sehat.

Agar imun Pins tahan terhadap penyakit, maka Pins harus mempunyai tubuh yang sehat dan kuat. Maka dari itu, kebugaran jasmani adalah salah satu materi yang cukup penting untuk dipelajari.

Karena pada pelajaran ini kamu bisa meningkatkan daya immune tubuh terhadap serangan penyakit. Kali ini Pintar Nesia akan memaparkan pengertian kebugaran jasmani, manfaat, fungsi dan komponen kebugaran jasmani, simak dengan baik!

Baca juga: 15 Olahraga Ringan Paling Efektif untuk Mengecilkan Perut

Pengertian Kebugaran Jasmani

Materi Kebugaran Jasmani: Pengertian, Fungsi dan Unsurnya
Source : Fitness First

Kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan. Bahkan, setelah melakukan aktivitas secara optimal, tubuh masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lainnya.

Menurut bahasa, kata kebugaran jasmani terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Bugar, adalah kondisi dimana tubuh bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari secara optimal tanpa mengalami kelelahan yang sangat berlebihan dan tubuh masih memiliki cadangan tenaga.
  • Sehat, adalah kondisi tubuh baik itu fisik atau psikis terbebas dari segala penyakit.

Baca juga: Cara Mengecilkan Perut dengan Olahraga

Definisi Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Source : Aaptiv

Supaya Pins bisa lebih mudah memahami ada definisi dari kebugaran jasmani, berikut ini kami sajikan definisi kebugaran jasmani merurut para ahli:

Pengertian kebugaran jasmani menurut Sutarman adalah suatu aspek fisik dan kebugaran secara menyeluruh / total fitness, yang memungkinkan seseorang mampu untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan bisa menyesuaikan pada setiap stress fisik yang wajar atau pembebanan.

Pengertian kebugaran jasmani menurut Djoko Pekik Irianto adalah kemampuan fisik dari seseorang untuk dapat melakukan kerja sehari hari secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang sangat berlebihan, sehingga masih bisa menikmati waktu luangnya.

Pengertian kebugaran jasmani menurut Muhajir adalah kesanggupan tubuh dalam beradaptasi dengan kegiatan yang dilakukan tanpa rasa lelah yang berlebih atau berarti.

Pengertian kebugaran jasmani menurut Rusli Lutan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas fisik yang membutuhkan daya tahan, kekuatan dan fleksibilitas.

Pengertian kebugaran jasmani menurut Sadoso Sumosardjono adalah kemampuan seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari, dan tanpa mudah lelah yang sangat berlebihan. Serta masih memiliki cadangan tenaga untuk melakukan keperluan yang mendadak dan menikmati waktu yang senggang.

Pengertian kebugaran jasmani menurut Soedjatmo Soemowardoyo adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat tubuh dalam batas fisiologi terhadap lingkungan seperti kelembapan suhu, ketinggian. Dan kerja fisik dengan yang sangat cukup efisien tanpa lelah secara berlebihan.

Pengertian kebugaran jasmani menurut Agus Mukholid, M.Pd adalah kemampuan seseorang untuk melakukan kerja atau aktivitas, tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Pengertian kebugaran jasmani menurut Judith Rink dan Mochamad Sajoto adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan sehari hari tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan dengan pengeluaran energi yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu kuang.

Baca juga : Senam Lantai

Manfaat Kebugaran Jasmani

Materi Kebugaran Jasmani: Pengertian, Fungsi dan Unsurnya
Source : PopSugar

Setelah memahami pengertian kebugaran jasmani, maka materi kebugaran jasmani selanjutnya adalah manfaat. Pins harus mengetahui apa saja manfaat dari kebugaran jasmani, yaitu:

  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
  • Membantu mengurangi stress dan depresi
  • Meningkatkan kekuatan tulang, persendian otot dan mencegah terjadinya tulang keropos atau osteoporosis
  • Tampilan tubuh menjadi lebih terlihat atletis/proposional
  • Meningkatkan kekuatan tubuh dan stamin sehingga tubuh menjadi lebih berenergi
  • memperbaiki sistem kerja jantung dan sirkulasi darah
  • Meningkatkan respon tubuh terhadap lingkungan sekitarnya
  • Mencegah kegemukan (obesitas)
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mengurangi potensi terkena serangan jantung

Fungsi Kebugaran Jasmani

Source : Evo Fitness

Tak hanya kaya akan manfaatnya, kebugaran jasmani juga memiliki banyak fungsi yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini fungsi kebugaran jasmani yang bekerja untuk tubuhmu:

Berdasarkan Keadaan

Kebugaran jasmani sangat diperlukan oleh semua manusia, tak terkecuali dengan penyandang disabilitas. Selain itu, ibu menyusui dan hamil juga harus memiliki kebugaran tubuh yang sangat optimal karena membutuhkan banyak tenaga untuk mengurus anak maupun proses persalinan.

Berdasarkan Usia

Kebugaran jasmani sangat diperlukan semua orang, baik itu anak-anak orang dewasa atau lanjut usia, masing masing harus memiliki kebugaran jasmani yang optimal.

Contohnya saja pada masa pertumbuhan, dengan kebugaran jasmani yang optimal maka proses perkembangan anak dan masa pertumbuhan akan menjadi lebih baik. Sementara bagi lansia (lanjut usia), kebugaran jasmani dapat menjaga daya tahan tubuh, sehingga dapat melakukan berbagai kegiatan dengan sangat baik.

Berdasarkan Aktivitas

Seperti yang sudah Pintar Nesia jelaskan, kebugaran jasmani sangat diperlukan bagi semua orang. Sehingga manusia bisa melakukan aktivitas dengan sangat baik.

Baca juga: Macam Gaya Renang

Faktor Kebugaran Jasmani

Materi Kebugaran Jasmani: Pengertian, Fungsi dan Unsurnya
Source : Pure Healty Living

Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi kebugaran jasmani seseorang, berikut ini adalah faktor kebugaran jasmani yang harus kamu pahami:

Pola Hidup Sehat

Faktor yang pertama pola hidup sehat, ini sangat berpengaruh pada kebugaran jasmani seseorang. Ada beberapa kebiasan yang merusak kebugaran jasmani seseorang seperti merokok, menggunakan narkoba, minum minuman keras dan masih banyak lagi lain-lain.

Kebiasan Olahraga

Kedua adalah kebiasaan olahraga, melatih tubuh dengan berolahraga bisa membantu meningkatkan kebugaran jasmani. Tubuh manusia jika tidak mendapatkan latian secara rutin maka akan menjadi kau atau menjadi kerusakan secara perlahan.

Olahraga yang dilakukan tidak perlu yang berat, tapi perlu dilakukan secara rutin. Sehingga tubuh tidak rusak maupun kaku, contoh olahraga yang ringan adalah berjalan dengan santai, berlari kecil, bersepeda dan masih banyak lagi lainnya.

Asupan Makanan Bergizi

Setiap orang membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi sebagai pembentukan sel dalam tubuh dan sumber energi. Faktor yang satu ini menjadi salah satu penentu kebugaran tubuh manusia.

Selain jenis makanan, porsi makanan yang dikonsumsi juga punya peranan yang sangat penting. Penuhi kebutuhan makanan yang bergizi untuk tubuh secukupnya (tidak berlebihan atau kekurangan).

Istirahat dengan Cukup

Faktor yang ke empat adalah istirahat, menurut beberapa ahli kesehatan rata-rata manusia dewasa membutuhkan tidur selama  5 –  6 jam dalam satu hari. Tapi, kebutuhan tidur untuk masing – masing usia berbeda.

Untuk pelajar butuh tidur sebanyak 6 – 8 jam sehari untuk anak anak biasanya butuh tidur selama 10 – 12 jam dalam sehari, sedangkan untuk para lansia butuh tidur selama 6 – 7 jam dalam sehari.

Baca juga: Berikut Macam-macam Olahraga yang Harus Kamu Ketahui

Unsur-unsur Kebugaran Jasmani

Materi Kebugaran Jasmani: Pengertian, Fungsi dan Unsurnya
Source : POPSUGAR

Untuk mencapai kebugaran jasmani yang optimal dibutuhkan beberapa unsur unsur dan komponen yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa komponen kebugaran jasmani yang harus dipenuhi, simak dengan baik!

Strength / Kekuatan

Strength atau kekuatan adalah kemampuan otot dalam memikul beban atau melakukan aktivitas sehari hari. Setiap individu pasti memiliki batas kemampuan masing masing dalam menggunakan ototnya untuk melakukan aktivitas.

Untuk melatih fisik dalam meningkatkan otot, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini, di antaranya:

  • Sit up, untuk melatih otot perut
  • Squat jump, untuk melatih otot perut dan tungkai
  • Pull up, untuk melatih kekuatan tangan dan bahu
  • Push up, untuk memperkuat otot lengan

Speed / Kecepatan

Kecepatan adalah kemampuan tubuh dalam melakukan suatu gerakan dalam waktu yang singkat. Berikut ini adalah latihan untuk melatih kecepatan di antaranya:

Endurance / Daya Tahan

Endurance atau daya tahan adalah kesanggupan badan dalam menggunakan organ tubuhnya seperti paru-paru, ginjal, jantung dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah beberapa latihan yang bisa meningkatkan daya tahan, di antaranya:

  • Berlari kecil secara teratur
  • Senam kesehatan
  • Berenang

Flexibility / Daya Lentur

Flexibility atau daya lentur adalah kesanggupan tubuh dalam menyesuaikan diri dengan berbagai gerakan yang membutuhkan kelenturan. Berikut ini adalah beberapa latian uang bisa meningkatkan daya lentur, di antaranya:

  • Glutes dan lower back, untuk melenturkan punggung atas, bawah dan glutes
  • Swan stretch, untuk melenturkan oto punggung, bahu, dada, obilique, abs, hip flexor
  • Hip flexor, untuk melenturkan otot pinggul, hamstrings dan quads

Koordinasi

Koordinasi adalah kemampuan tubuh dalam mengintegrasikan beberapa gerakan secara cepat dan efektif. Salah satu gerakan yang memerlukan kordinasi adalah juggling, di mana dalam gerakan tersebut memerlukan koordinasi gerakan bahu, kepala, kaki dan anggota tubuh lainnya.

Balance / Keseimbangan

Balance atau keseimbangan adalah kemampuan tubuh dalam mengontrol organ tubuh dan syaraf sehingga dapat mengendalikan kegiatan tubuh dengan baik. Setiap aktivitas yang dilakukan manusia memerlukan kemampuan keseimbangan, di antaranya:

  • Berdiri dengan satu kaki
  • Berjalan diatas tali, batang bambu

Accuracy / Ketepatan

Accuracy atau ketepatan adalah kemampuan tubuh dalam membidik target dan mengendalikan gerakan dengan tepat. Beberapa olahraga yang memerlukan akurasi adalah bowling, golf, basket, sepak bola, memanah dan masih banyak lagi lainnya.

Reaction / Reaksi

Reaction atau reaksi adalah kemampuan tubuh dalam memberikan tanggapan secara cepat dari objek lain. Sebagian besar jenis olah raga memerlukan kemampuan reaksi.

Nah, itulah berbagai materi dari kebugaran jasmani, mulai dari pengertian, manfaat, fungsi dan komponennya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Samesta Pondok Indah Cianjur dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download