Pinhome

Lifestyle

Pengertian Kabel Twisted Pair

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 18 October 2021 ∙ 7 menit membaca

Pengertian kabel twisted pair – Dalam dunia jaringan komputer tentunya kita tidak akan bisa lepas dari semua perangkat-perangkat yang ada.

Karena dari semua perangkat tersebutlah yang mampu membantu kita dalam urusan kinerja dari suatu jaringan, terutama seperti kabel twisted pair ini, yang akan saya jelaskan akan manfaat, pengertian dan lain sebagainya.

Kabel twisted pair merupakan kabel yang biasa digunakan dalam dunia jaringan komputer, baik untuk menghubungkan antar perangkat keras maupun untuk menghubungkan jaringan komputer antara satu dengan computer lain.

Pengertian Kabel Twisted Pair

Twisted pair merupakan sebuah kabel yang mempunyai dua konduktornya yang digabung, dengan tujuan lain akan dapat mengurangi gangguan pada elektromagnetik yang dapat terjadi diluar.

Contoh seperti halnya dengan radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit yang tidak terlindung (UTP cables), atau (crosstalk) di antara pasangan kabel yang berdekatan.

Selain itu kabel twisted pair merupakan media guided yang paling hemat dan paling banyak digunakan. Jenis media transmisi ini adalah media transmisi yang umum dipakai terutama dalam dunia jaringan kompoter.

Jenis ini terdiri dari dua kawat yang disusun serta disekat dalam suatu pola spiral beraturan. Sepasang kawat mempunyai tugas sebagai satu jalur komunikasi tunggal.

1. Jenis Kabel Twisted Pair

Kabel Twisted Pair
jaringankomputer.com

Berdasarkan fisiknya jenis kabel twisted pair, terbagi menjadi empat macam, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Unshielded Twisted Pair (UTP)
  2. Shielded Twisted Pair (STP)
  3. Screened Shielded Twisted Pair (SSTP)
  4. Screened Unshielded Twisted Pair (SUTP) atau Foiled Twisted Pair (FTP)

2. Jenis Konektor Kabel Twisted Pair

Jenis konektor yang digunakan pada kabel twisted Pair adalah konektor RJ (Registered Jack) dan tergantung dari jenis kategorinya. Untuk kategori 2 sampai 4 menggunakan RJ11 (4-pin).

Sedangkan untuk kategori 5 keatas menggunakan RJ45. (8 pin). sinyal analog dan sinyal digital. Pada umunya banyak digunakan sebagai saluran utama pada sebuah local area network (LAN).

  • Standar Susunan Warna Kabel Twisted Pair

Pada kabel twisted pair kategori 5 atau 6 yang terdiri atas 8 kawat tunggal dengan susunan warna sebagai berikut :

  1. White Orange
  2. Orange
  3. White Green
  4. Green
  5. White Blue
  6. Blue
  7. White Brown
  8. Brown

3. Brown Susunan Kabel Straight

Kabel straight merupakan sebuah teknik penyusunan warna dengan urutan warna yang sama pada kedua ujung kabel UTP.

Jika kalian menggunakan susunan standar TIA atau EIA 568A di ujung pertama, maka untuk ujung yang kedua menggunakan standar TIA atau EIA 568A.

Begitu pula ketika kalian menggunakan standar TIA atau EIA 568B yang umum di gunakan. Maka dengan demikian untuk ujung kabel kedua harus menggunakan susunan standar yang sama.

4. Susunan Kabel Crossover

Memang berbeda dengan kabel straight, kabel crossover adalah sebuah teknik penyusunan warna kabel dengan urutan warna yang berbeda, antara ujung kabel pertama dengan ujung kabel kedua.

Contoh, jika Ujung satu menggunakan standar TIA  atau EIA 568B, maka untuk ujung yang kedua menggunakan standar EIA atau TIA 568A.

Perbedaan Kabel Straight dan Crossover Berdasarkan Fungsi

Kabel straight seperti pada umunya digunakan untuk menghubungkan dua device yang berbeda. Contoh Penggunaan dibawah ini:

  1. Menghubungkan Komputer dengan Switch
  2. Menghubungkan Switch dengan Router
  3. Menghubungkan Hub dengan Router
  4. Menghubungkan Router dengan Access Point
  5. Menghubungkan Switch dengan Access Point
  6. Menghubungkan Modem dengan Switch

Dan sabaliknya sedangkan pada kabel crossover umunya digunakan untuk menghubungkan dua device yang sama. Contoh Penggunaan dibawah ini:

  1. Menghubungkan Komputer dengan Komputer
  2. Menghubungkan Switch dengan Switch
  3. Menghubungkan Hub dengan Hub
  4. Menghubungkan Router dengan Router

Cara Membuat Kabel UTP RJ45

Siapkan alat-alat seperti dibawah ini.

  1. Tank Crimping
  2. Kabel UTP
  3. Konektor RJ-45
  4. Cable Tester

1. Tank Crimping

Tank krimping merupakan sebuah alat pemotong kabel UTP, selain untuk pemotong juga dapat untuk menjepit ujung konektor dengan kabel UTP.

2. Kabel UTP

Kabel UTP, seperti yang kita ketahui kegunaanya mampu menyalurkan jaringan internet, dan di dalam kabel UTP sendiri terdapat 8 helai kabel yakni kecil yang berwarna.

Urutan-urutan Kabel Utp (Straight dan Cross)

Urutan-urutan Kabel Utp (Straight dan Cross
utopicomputer.com
  1. Kabel Utp Straight
  2. Putih Orange
  3. Orange
  4. Putih Hijau
  5. Biru
  6. Putih Biru
  7. Hijau
  8. Putih Coklat
  9. Coklat
  10. Kabel Utp Cross
  11. Putih Hijau
  12. Hijau
  13. Putih Orange
  14. Biru
  15. Putih Biru
  16. Orange
  17. Putih Coklat
  18. Coklat

Kategori Kabel Twisted Pair Berdasarkan Karakteristik Transmisinya

Kabel jenis twisted pair terdiri atas beberapa kategori didasarkan pada karakteristik transmisinya sehingga masing-masing kategori mempunyai laju data yang berbeda untuk bermacam aplikasi komunikasi. Berikut adalah jenis-jenis kategori dari kabel Twisted Pair diantaranya :

1. Kabel Twisted Pair Category 1

Digunakan untuk komunikasi telepon (mentransmisikan data kecepatan rendah), sehingga tidak cocock untuk mentransmisikan data.

2. Kabel Twisted Pair Category 2

Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 4 Mbps (Megabits per second)

3. Kabel Twisted Pair Category 3

Mampu digunakan pada 10BaseT network dan dapat mentransmisikan data dengan kecepatan 1Mbps.

4. Kabel Twisted Pair Category 4

Sering digunakan pada sebuah topologi token ring, dan mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 16 Mbps.

5. Kabel Twisted Pair Category 5

mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 100 Mbps,

6. Kabel Twisted Pair Category 5e

mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 1000 Mbps (1Gbps), dengan frekwensi signal yang dapat dilewatkan sampai dengan 100 MHz.

7. Kabel Twisted Pair Category 6

Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan 1000 Mbps (1Gbps), dengan frekwensi signal yang dapat dilewatkan hingga 200 MHz. Secara fisik terdapat sebuah separator yang terbuat dari plastic, dan memiliki fungsi untuk memisahkan dari keempat pair di dalam kabel twisted pair.

8. Kabel Twisted Pair Category 7

Kabel LAN Cat7 memiliki shiled disetiap pasangan kabelnyanya. Kabel LAN Cat7 memiliki bandwidth dan mampu mentransmisikan data minimal 600 MHz dengan kecepatan transmisi 10 Gbps.

9. Kabel Twisted Pair Category 8

Mampu mendukung bandwidth hingga 2 GHz (2000 MHz) untuk pemasangan kabel hingga s/d 30 meter. Selain itu jenis kabel cat 8 juga mendukung kecepatan 25Gbps / 40Gbs.

Karakteristik Kabel UTP

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Coaxial
internetdigital.com

Kabel UTP terdapat beberapa karakteristik dianatranya adalah:

  1. Bagian dalam terdiri dari 8 buah kabel dengan warna berpasang-pasangan.
  2. Tiap pasang warna dililit sehingga menghasilkan 4 pasang kabel.
  3. Tidak memiliki pelindung (shield).
  4. Maksimal panjang kabel yang disarankan yaitu 100 meter.
  5. Menggunakan konektor RJ-45.
  6. Kecepatan transmisi hingga 1000 Mbps.
  7. Memiliki impedansi sekitar 100 ohm.

Cara Kerja Kabel Twisted Pair

Cara kerja kabel Twisted Pair adalah dengan cara mengahantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan penerima. Kabel twisted pair terbagi menjadi dua jenis.

Yakni kabel STP (Shielded Twisted Pair) dan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair).

1. STP (Shielded Twisted Pair)

Kabel STP (Shielded Twisted Pair) merupakan sebuah jenis kabel yang memiliki lubung pembungkus tembaga atau  alumunium foil.

Yang pada dasarnya memang dibuat untuk mengurangi gangguan elektrik. Sedangkam kabel UTP adalah sebuah kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel terpilin mirip dengan kabel telepon.

2. UTP (Unshielded Twisted Pair)

Kabel  UTP (Unshielded Twisted Pair) yang terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing memiliki kode warna berbeda dan saling berpasangan.

Selain itu Kabel UTP tidak mempunyai pelindung dari interferensi elektromagnetik, meski demikian kabel tersebut banyak digunakan karena harga yang murah dan fungsinya pun sudah sesuai dengan standar yang diharapkan.

Nama Lain Kabel Twisted Pair

Nama lain dari kabel twisted pair adalah Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar mentega tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal.

  • Kabel Twisted 2x16mm

Kabel twisted ukuran 2X16mm. Dengan ketebalan kabel isi 16 mm. Kabel tersebut bukan isi tembaga melainkan aluminium.

Selain itu kabel twisted ukuran 2x16mm, juga biasa digunakan pada tiang-tiang listrik dan memiliki warna hitam serta tahan terhadap segala cuaca baik, panas, dingin, hujan, dan lainya.

Selain itu dapat digunkan pada perumahan, pabrik, pertamabangan, sepanjang jalan dalam penerangan serta mampu menhantarkan listrik dengan jangkauhan berkilo mil.

  • Kabel twist, kabel TIC, Kabel PLN

Memiliki ukuran yang sama yakni 2x16mm full. Untuk merk sutrado, meirindo, nusantara, voksel itu tergantung ketersediaanya.

Demikianlah informasi seputar kabel twisted pair menegenai pengertian manfaat dan masih banyak lagi, semoga bermanfaat, Terima Kasih.

Catatan : Untuk menambah informasi mengenai jenis-jenis kabel lainya seperti contoh kabel coaxial, kabel fiber optik, serta sambungan kabel listrik.

Anda dapat membacanya cukup klik, maka dengan otomatis anda akan banyak mengetahuinya. Yang barang kali dapat berguna, terutama dalam membedakan kebel-kebel jaringan yang berkualitas.

Tags :

Bagikan Artikel