Pinhome

Pengertian Frekuensi

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 14 October 2021 ∙ 4 menit membaca

Pengertian frekuensi – Frekuensi memiliki satuan hz (Hertz) merupakan jumlah/banyaknya gertaran yang terjadi dalam 1 detik.

Misalkan frekuensi 20 Hz terjadi geratan sebanyak 20 kali dalam 1 detik. Getaran tersebut secara grafik digambarkan dalam 1 buah gelombang (1 lembah dan 1 gunung).

Jika frekuensi sebesar 20 Hz ini beratri dalam 1 detik akan terdapat 20 buah gelombang. Satuan frekuensi antara lain dalam Hz, Khz (Kilo Hetrz), MHz (Mega Hertz), (Giga Hertz) GHz, dan lain sebagainya.

Nah, untuk lebih jelasnya pada kali ini kita akan mengulas tentang frekuensi berserta pengertian dan penjelasanya, untuk lebih detailnya berikut ulasanya.

Pengertian Frekeunsi

Pengertian Frekuensi adalah suatu jumlah getaran yang mampu menghasilkan dalam waktu setiap 1 detik. Sedangkan dalam ilmu elektronika, Frekuensi dapat diartikan sebagai jumlah gelombang listrik yang dihasilkan tiap detik.

Frekuensi biasanya dilambangkan dengan huruf “f” dengan satuannya adalah Hertz atau disingkat dengan Hz. Jadi 1 Hertz adalah satu getaran atau satu gelombang listrik dalam satu detik  (1 Hertz sama dengan 1 gelombang dalam waktu per-detik).

Istilah Hertz diambil dari seorang fisikawan Jerman yaitu yang bernama Heinrich Rudolf Hertz, seseorang yang memiliki kontribusi dalam bidang elektromagnetisme.

Contoh Bunyi Frekuensi

Pada dasarnya ada beberapa bunyi frekuensi yang berasal dari 3 sumber yang berbeda serta semua itu memiliki kekuatan frekuensi yang juga berbeda.

Adapun contoh 3 bunyi frekuensi tersebut adalah sebagai berikut ini:

  1. Frekuensi Bunyi Kelelawar
  2. Frekuensi Bunyi Infrasonik
  3. Frekuensi Bunyi Ultrasonik
“Diatas merupakan beberapa sumber bunyi frekuensi, yang kekuatanya mulai dari 20 Hertz hingga 20.000 Hertz yang sumua itu bisa di dengar oleh kita hingga hewan seperti Jangkrik dan lumba-lumba”

1. Jenis Frekuensi

Jenis Frekuensi
pixabay.com

Salah satu jenis frekuensi adalah frekuensi bunyi, frekuensi bunyi merupakan sebuah getaran frekuensi yang mampu terdengar oleh manusia dengan standar 20 hz hingga s/d 20.000 hz (20 Khz).

Frekuensi audio berdasarkan dari hasil sebuah penelitian, telinga manusia hanya mampu mendengar bunyi dengan frekuensi antara 20 Hz hingga s/d 20 KHz.

Untuk batas pendengaran telinga manusia hanya mampu menerima bunyi dengan kekuatan frekuensi 20 Hz s/d. 20.000 Hz.

Dari frekuensi ini disebut dengan frekuensi audio atau frekuensi pendengaran. Untuk frekuensi yang kurang dari 20 hz disebut dengan infrasonik, dan jika lebih dari 20 Khz disebut dengan ultrasonik.

Contoh Jenis Bunyi Amplitudo

2. Gaya Frekuensi

Saluran frekuensi bunyi tentunya merambat melewati media perambatan seperti benda padat, benda cair, dan benda gas.

Getaran bunyi yang merambat ke segala arah disebut dengan sebagai gelombang. Makin jauh sumber bunyi, maka bunyi akan semakin terdengar lemah.

Bunyi yang kita dengar merupakan energi kuat dan lemah atau yang kita sebut dengan Amplitudo.

  • Jenis Bunyi Bersadarkan Frekuensinya

  1. Bunyi infrasonik adalah bunyi yang mempunyai frekuensi kurang dari 20 Pada bunyi jenis ini hanya dapat didengar oleh Hewan saja. Namun, tidak pada semua hewan dapat mendengar bunyi ini. Contoh hewan: jangkrik dan anjing,
  2. Bunyi audisonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi antara 20 s/d 20.000 Hertz, bunyi ini dapat di dengar oleh semua manusia.
  3. Bunyi ultrasonic adalah bunyi yang memiliki frekuensi diatas 20.000 Hertz, rentang jenis bunyi ini dapat didengar oleh hewan seperti lumba-lumba, anjing, kelelawar.
  • Frekuensi Gelombang

frekuensi gelombang, adalah pengukuran dari banyaknya jumlah getaran atau osilasi yang terjadi dalam selang waktu tertentu.

Rumus Menghitung Frekuensi

f = 1/T

Dimana :

  • F = Frekuensi dalam satuan Hertz (Hz)
  • T = Periode dalam satuan detik (sec)

Contoh Kasus Perhitungan Frekuensi

Adapun untuk contoh perhitungan frekuensinya adalah sebagai berikut ini.

Contoh 1: Menghitung Frekuensi

Diketahui bahwa waktu yang dibutuhkan dalam untuk menghasilkan 1 siklus dan gelombang listrik adalah 0,004 /detik, maka berapakah Frekuensinya ?

Diketahui:

  • T = 0,004 detik
  • f = ?

Jawaban:

  • f = 1/T
  • f = 1/0,004
  • f = 250Hz

“Jadi Frekuensinya adalah 250Hz”.

Contoh 2: Menghitung Periode (T)

Diketahui bahwa frekuensi pada listrik bolak-balik (AC) dari PLN adalah 50Hz. Untuk pertanyaannya adalah waktu yang diperlukan berapa lamakah dalam untuk menghasilkan 1 siklus dan gelombang listrik ?

Penyelesaiannya, Diketahui :

  • F = 50Hz
  • T = ?

Jawaban

  • T = 1/f
  • T = 1/50
  • T= 0,02 detik

“Jadi yang diperlukan adalah 0,02 /detik dalam untuk menghasilkan 1 siklus dan lengkap gelombang listirk”.

Jenis-jenis Bunyi

Gelombang Bunyi Termasuk Gelombang Longitudinal
republik.com

Jenis-jenis bunyi berdasarkan frekuensinya dibagi menjadi 3 yaitu Infrasonik,  Audiosonik dan Ultrasonik.

JENIS BUNYI   FREKUENSI DAPAT DIDENGAR OLEH
Infrasonik Kurang dari 2o Hertz Kelelawar, Jangkrik,  anjing  dan kuda
Audiosonik 20 hingga 20.000 Hertz Manusia mampu mendengar gelombang ini
Ultrasonik Lebih dari 20.000 Hertz Lumba-lumba dapat mendengar gelombang bunyi ini

Contoh Sifat-sifat Bunyi

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai pengertian frekuensi lengkap beserta penjelasan dan cara menghitungnya.

Semog daru pembahasan diatas dapat menambah wawasan kita semua, adapun untuk info lain kalian juga dapat membaca sifat-sifat cahaya, yang mungkin dapat bermanfaat buat kalian.

Sekian Terima Kasih.

Tags :

Bagikan Artikel