4 Pengertian Empowerment Menurut Para Ahli dan Contohnya

Diperbarui oleh Ani Ramdhani ∙ September 29, 2022 ∙ 3 menit membaca

 

Pengertian Empowerment Menurut Para Ahli
Pengertian Empowerment Menurut Para Ahli

Empowerment pada hakikatnya salah satu istilah yang cukup sering didengarkan bahkan di pelajari bagi sebagian masyarakat yang mengambil ilmu-ilmu sosial, empowerment sendiri merupakan istilah lain dari pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh individu dan kelompok dalam mengetantaskan permasalahan sosial di dalam kehidupanna. Sebagai penjelasan lebih lanjut tetang empowerment, berikut akan menguraikan pengartian empowerment menurut para ahli.

Empowerment

Empowerment menjadi bagian daripada upaya mengaktualisasikan potensi yang sudah dimiliki oleh masyarakat. Pendekatan pemberdayaan masyarakat yang demikian tentunya diharapkan memberikan peranan kepada individu bukan sebagai obyek, tetapi sebagai pelaku atau aktor yang menentukan hidup mereka sendiri.

Pengertian Empowerment

Pemberdayaan (empowerment) adalah sebagai suatu proses sosial multi dimensional yang membantu penduduk untuk mengawasi kehidupannya sendiri. Pemberdayaan sendiri merupakan suatu proses yang memupuk kekuasaan (yaitu, kemampuan mengimplementasikan) pada individu, untuk penggunaan bagi kehidupan mereka sendiri, komunitas mereka, dengan berbuat mengenai norma-norma sosial yang mereka tentukan.

Pengertian Empowerment Menurut Para Ahli

Adapun definisi empowerment menurut para ahli, antara lain;

  1. Richard Carver, Managing Director dari Coverdale Organization

Pengertian empowerment adalah upaya yang dilakukan untuk mendorong dan membolehkan seseorang untuk mengambil tanggung jawab secara pribadi untuk  meningkatkan atau memperbaiki cara-cara menyelesaikan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kontribusi dalam pencapaian sasaran organisasi.

Empowerment dalam arti ini memerlukan penciptaan arti budaya yang mendorong pegawai dalam setiap tingkatan untuk melakukan sesuatu yang berbeda dan membantu pegawai untuk percaya diri dan kemampuan untuk melakukan perubahan.

  1. Priyono dan Pranarka (1996)

Pengertian empowerment sejatinya mengandung dua arti, yang pertama empowerment memiliki peran sebagai memberi atas kekuasaan atau mampu mengalihkan ke pihak lainnya. Sedangkan kedua dapat dipahami jika arti empowerment adalah suatu upaya untuk memberikan keberdayaan dan kemampuan kepada pihak lain.

  1. Friedmann

Menurtnya, konsep pemberdayaan (empowerment) akan karena adanya dua primise mayor, yaitu “kegagalan” dan “harapan”. Kegagalan yang dimaksud adalah gagalnya model pembangunan ekonomi dalam menanggulangi masalah kemiskinan dan lingkungan yang berkelanjutan, sedangkan harapan muncul karena adanya alternatif-alternatif pembangunan yang memasukkan nilai-nilai demokrasi, persamaan gender, peran antara generasi dan pertumbuhan ekonomi yang memadai.

Dengan dasar pandangan demikian, maka empowerment erat kaitannya dengan peningkatan partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan pada masyarakat, sehingga pemberdayaan masyarakat amat erat kaitannya dengan pemantapan, pembudayaan dan pengamalan demokrasi.

  1. Friedmann dalam Prijono dan Pranaka (1996)

Empowerment adalah kekuatan aspek sosial ekonomi masyarakat menjadi akses terhadap dasar-dasar produksi tertentu suatu rumah tangga yaitu informasi, pengetahuan dan keterampilan, partisipasi dalam organisasi dan sumber-sumber keuangan, ada korelasi yang positif, bila ekonomi rumah tangga tersebut meningkatkan aksesnya pada dasar-dasar produksi maka akan meningkat pula tujuan yang dicapai peningkatan akses rumah tangga terhadap dasar-dasar kekayaan produktif mereka.

Kemudian timbul pertanyaan, apa perbedaan antara model pembangunan partisipatif dengan model pemberdayaan rakyat (empowerment). Perbedaannya terlihat bahwa dalam model pemberdayaan, rakyat miskin tidak hanya aktif berpartisipasi dalam proses pemilihan program, perencanaan, dan pelaksanaannya tetapi mereka juga menguasai dana pelaksanaan program itu.

Sementara dalam model pembangunan yang partisipatif keterlibatan rakyat dalam proses pembangunan hanya sebatas pada pemilikan, perencanaan dan pelaksanaan, sedangkan pemerintah tetap menguasai dana guna mendukung pelaksanaan program tersebut.

Contoh Empowerment

Sebagai contoh tentang empowerment, misalnya saja;

  1. Indonesia

Indonesia, khususnya untuk yang rata-rata penduduknya hidup dibawah garis kemiskinan, namun mereka bukan berarti  tidak memiliki life skill. Upaya dalam mengembangkannya, dapat diwujudkan dengan membuka lapangan pekerjaan yang layak bagi mereka. Salah satunya dengan memanfaatkan idustri keratif atau menjadikan berbagai tampilan dan kekayaan Adat Istiadat sebagai wahana pariwisata.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian empowerment menurut para ahli, semoga dengan adanya pembahasan “Empowerment” ini dapat memberikan pengetahuan, wawasan, serta dasar dalam memahami empowerment, termasuk mengetahui tentang proses pemberdayaan.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 30 Ucapan Ulang Tahun Untuk Adik Perempuan Tercinta

Hai Pins, apakah kamu memiliki adik perempuan? Memiliki adik perempuan bisa dibilang menyenangkan a

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia