Pinhome

Pengertian Desain Produk | Jenis, Tujuan dan Manfaat

Dipublikasikan oleh Kartika Laksita ∙ 26 November 2019 ∙ 6 menit membaca

Setelah membahas tentang desain grafis, kali ini akan membahas tentang pengertian desain produk. Dimana desain produk ini merupakan pembahasan mengenai pemasaran yang sangat penting.

Pinhome – Di jaman yang sudah modern ini, produk tidak hanya dilihat dari fungsi saja. Tapi juga dilihat dari estetika desain produk tersebut. Ingin tahu lebih jelas mengenai desain produk? Simak pembahasan di bawah ini.

Baca Juga:

Pengertian Desain Produk

pengertian desain produk
(elitemarketer.id)

Sering kita dengar, bahwa kata desain bisa disebut dengan rancangan, rencana atau gagasan. Pengertian desain bisa juga dilihat dari beberapa pandangan dan konteksnya.

Nah, lalu apa pengertian desain produk itu sendiri? Desain produk adalah proses kreasi sebuah produk yang menggabungkan unsur fungsi dan estetika, sehingga bermanfaat dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat.

Desain produk bisa juga diartikan sebagai konseptualisasi ide tentang produk dan transformasi ide menjadi kenyataan.

Nah, dalam mengubah ide menjadi kenyataan, sebuah spesifikasi tentang produk perlu disiapkan. Persiapan dari spesifikasi ini dengan mempertimbangkan berbagai kendala seperti proses produksi, harapan konsumen dan lainnya.

Dalam tahap desain produk sampai keputusan akhir tentang produk, setiap aspek dalam produk juga perlu dianalisis. Hal tersebut bisa berupa aspek yang berkaitan dengan produk, seperti contoh dimensi dan toleransi, jenis bahan untuk setiap konsumen dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Pengertian Desain Produk Menurut Para Ahli

(gandengtangan.co.id)

Beberapa para ahli mengemukakan pendapat dalam pengertian desain produk sebagai berikut:

Yus R Hadjadinata (1995)

Menurutnya, desain produk itu berkaitan dengan bentuk dan fungsi, dimana desain tentang bentuk berkaitan dengan perencanaan dan penampilan dari produk. Sedangkan desain tentang fungsi berkaitan dengan bagaimana produk bisa digunakan.

Suyadi Prawirosetyono (1996)

Desain produk adalah rancang bangun dari suatu produk yang akan diproduksi.

Bagas Prastyowibowo (1999)

Desain produk menurut Bagas Prastyowibowo adalah salah satu unsur untuk memajukan industri, agar produk hasil industri tersebut bisa diterima oleh masyarakat.

Mengapa demikian? Karena produk tersebut memiliki kualitas baik, harga terjangkau, desain menarik, mendapatkan jaminan dan lain sebagainya.

Franklin G Moore & Thomas E Hendrick (1999)

Mereka berpendapat, bahwa pengertian desain produk merupakan hal yang sangat penting, karena produk baru bisa menaikkan dua kali atau tiga kali omset suatu organisasi pada suatu waktu.

Imam Djati Widodo (2005)

Menurutnya, pengertian desain produk adalah suatu pendekatan sistematis untuk mengintegrasikan perencanaan produk dan proses yang berpengaruh, termasuk manufaktur dan pendukungnya.

Brutou & Margaret (2006)

Pengertian desain produk menurut mereka, yaitu pengembangan produk atau barang yang dirancang untuk memenuhi kepuasan konsumen.

Kotler & Armstrong (2008)

Menurut mereka, desain produk adalah konsep yang lebih besar dari sekedar gaya. Gaya yang bisa menarik perhatian atau membosankan dan bisa juga gaya yang hanya mendeskripsikan penampilan produk.

Kotler & Keller (2009)

Mereka berpendapat, bahwa desain produk adalah totalitas fitur yang mempengaruhi penampilan, rasa dan fungsi produk berdasarkan kebutuhan pelanggan.

Baca Juga:

Jenis Desain Produk

pengertian desain produk
(jurusanku.com)

Untuk jenis desain produk ini terbagi menjadi 2, yaitu:

  1. Membuat desain produk dengan rancangan atau ide kreatif baru yang sebelumnya belum pernah ada.
  2. Memodifikasi atau mengembangkan desain produk yang sudah ada sebelumnya.

Membuat desain baru itu berfungsi untuk menyelesaikan masalah terhadap desain yang ada, dan ini terjadi pada produk baru maupun kreasi dari produk yang sudah ada.

Konsep Desain Produk

(ppdgm.com)

Hampir setiap perusahaan yang menghasilkan produk itu mempunyai pesaing dari perusahaan lain. Nah, untuk bisa bersaing dalam jangka panjang, maka kualitas produk merupakan konsep penting yang harus dipahami setiap manajemen perusahaan.

Adapun konsep yang harus ada dalam desain produk adalah sebagai berikut:

  • Penelitian dan pengembangan, merupakan bagian dasar untuk melakukan pencarian pengetahuan baru. Penelitian juga bisa diterapkan untuk mengembangkan produk secara komersial.
  • Rekayasa terbalik, merupakan proses pembongkaran suatu produk, memahami betul desain produk dan mengembangkan suatu produk menjadi lebih baik.
  • Penggunaan sistem perangkat lunak, untuk mengembangkan model komputerisasi dari produk baru dan menganalisis parameter desainnya.
  • Pendekatan secara sistematik dalam proses desain, seorang desainer juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan semua aspek siklus hidup produk, termasuk di dalamnya yaitu aspek kualitas, biaya, jadwal dan kebutuhan konsumen.

Baca Juga:

Maksud dan Tujuan Desain Produk

pengertian desain produk
(serupa.id)

Adapun maksud dari desain produk yaitu untuk menghindari terjadinya kegagalan saat proses pembuatan produk tersebut. Selain itu, bisa memilih metode yang paling baik serta ekonomis dalam produksi produk.

Adanya desain produk, maka bisa memudahkan untuk menentukan dan spesifikasi produk yang dibuat dengan lebih detail.

Selain itu, bisa mengetahui produk yang dibuat apakah sudah sesuai dengan persyaratan dari standar kelayakan produk, atau masih perlu untuk dikembangkan lagi.

Untuk tujuan dari desain produk ini adalah untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan juga mempunyai harga jual yang tinggi. Mampu untuk menghasilkan produk tepat pada waktunya sesuai dengan tren saat ini.

Selain itu, untuk membuat produk yang se-ekonomis mungkin dalam pengeluaran biaya saat produksi dan tanpa harus mengurangi nilai jual pada produk tersebut.

Baca Juga:

Fungsi Desain Produk

(sdmindonesia.com)

Secara umum, fungsi dari desain produk yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai identitas dari produk
  • Sebagai pelindung dari produk
  • Menambah nilai jual dalam produk

Manfaat Desain Produk

pengertian desain produk
(edukas2013.blogspot.com)

Dalam sebuah produk, seorang desainer pastilah sudah memahami tentang manfaat desain produk. Ada banyak manfaat dari desain produk mulai dari kehidupan sehari-hari, dimana bisa mempercepat proses dalam suatu pekerjaan.

Dalam sebuah pekerjaan terkadang membutuhkan waktu yang lama. Tapi, dengan adanya desain produk, pekerjaan akan lebih singkat terutama dalam menggunakan teknologi desain grafis.

Selain itu, manfaat dari desain produk juga bisa untuk menyampaikan pesan tersembunyi dalam bentuk desain grafis. Hal tersebut bisa dilihat dari desain produk yang memiliki pesan tersembunyi. Seperti huruf, tanda atau warna dalam desain produk tersebut.

Tapi, semua akan mudah untuk didapatkan jika desain yang dibuat akan menghasilkan kualitas desain yang bagus, dan bisa menarik konsumen untuk ingin membelinya.

Jika produk tersebut sudah terlihat menarik, maka harga jual dari suatu produk akan menjadi meningkat. Oleh karena itu, tidak jarang perusahaan sengaja membuat desain produk mengikuti tren jaman sekarang. Tapi, tetap sesuai dengan kebutuhan konsumen dan masih sesuai dengan biaya produksi.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai desain produk, mulai dari pengertian sampai manfaat desain produk. Semoga artikel ini bisa membantu dalam mengembangkan perusahaan dan bisa memiliki nilai produk yang berbeda dengan perusahaan lain.

Baca Juga:

Featured Image Source: Solocity.travel

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pribadi dan Struktur Penulisannya

Ada dua macam surat yang jamak ditemukan, yaitu surat resmi dan tidak resmi. Surat tidak resmi seri

Kamar Tidur
Kamar Tidur Ragam Ventilasi Kamar Tidur Minimalis Agar Bebas Pengap

Jangan anggap sepele peran ventilasi kamar tidur minimalis karena bisa menentukan kualitas udara ya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 7 Rekomendasi Keramik Dinding Teras Rumah Minimalis yang Kekinian

Bosan dengan dinding yang polos di bagian depan rumah? Keramik dinding teras rumah minimalis bisa j

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia