Pinhome

Pengertian dan Penyebab Offside

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 18 September 2021 ∙ 4 menit membaca

Pengertian dan Penyebab Offside – Menonton bola akan terasa menyenangkan apabila kita bisa menyaksikannya bersama keluarga di rumah.

Tentu keluarga yang akrab dengan sepak bola akan sama-sama antusias dalam menyaksikan pertandingan spakbola, baik itu di tv ataupun secara langsung.

Nah, banyaknya kita menyaksikan bola tentu tidak akan jauh dengan kata offside. Disaat seorang striker membawa bola, lalu di depan di over ke temannya, tapi tiba-tiba peluit wasit di bunyikan.

Nah, saat terjadi seperti itu, bagi para pecinta bola sudah tidak asing lagi. Karena waktu itu sedang terjadi offside. Tapi bagi para pemula yang melihat situasi seperti itu, akan menjadi aneh. Kok bisa terjadi seperti itu?

Pada artikel kali ini, kami akan membahas secara detail tentang pengertian offside dan bagaimana penyebab terjadi offside. Oleh karena itu mari kita pahami bersama-sama.

Baca juga: 17+ Peraturan Permainan Sepak Bola yang Wajib Diketahui

Pengertian Offside

Sumber: contentstack.com

Situasi yang terjadi saat pemain diberikan bola oleh temannya dekat dengan garis gawang lawan dan lebih maju dibandingkan pemain lawan lainnya itu disebut dengan offside.

Terjadinya offside biasanya pemain hanya berhadapan dengan penjaga gawang saja tanpa ada lawan satu pun yang sejaja dengannya. Lalu kemanakan lawan? Saat itu mereka berada di belakang dia.

Pemain akan dikatakan offside apabila tidak sengaja mengenai atau menendang bola hasil sepakan kawannya dan bola masuk ke gawang lawan. Saat itu kiper hanya berdiri seorang diri.

Nah itulah dia pengertia offside. Setelah anda mengetahui apa itu offside, tentu anda juga penasaran dari mana asal usul peraturan ini datang. Nah mari kita bahas bersama-sama.

Baca juga: Pengertian Kick Off Lengkap & Cara Melakukannya

Penyebab Offside

Sumber: i0.wp.com

Sejak tahun 1800-an Rugby telah memiliki sistem offside yang kemudian di adopsi ke sepak bola. Offside ini pertama kali digunakan dalam pertandingan sepak bola pada tahun 1985.

Pada waktu itu salah satu klub sepak bola, yaitu Saffield FC mengusulkan kepada panitia untuk melarang pemain penyerang berdiri di dekat area gawang lawan.

Posisi offside pada waktu itu berlaku saat penyerang yang berdiri di depan gawang tersebut mendapati umpan dari kawan nya. Sehingga memudahkan ia dalam memasukan gawang ke daerah lawan.

Dalam beberapa sejarah tercatat, ada beberapa kali perubahan aturan offside, dikarenakan ketikda jelasannya aturan mengenai offside tersebut. perubahan-perubahan itu adalah

1. Aturan Tiga Pemain di Belakang

Walaupun didepan pemain ada 3 lawan termasuk kiper sedang berdiri, akan tetapi pada peraturan ini posisi pemain dinyaatakan offside. Karena ketatnya oeraturan ini, banyak pemain yang dinyatakan offside.

Baca juga: Pola Permainan Sepak Bola (Penyerangan & Pertahanan)

2. Aturan Dua Pemain di Belakang

Asosiasi sepakbola skotlandia adalah yang pertama kali mengusulkan peraturan ini. pada tahun 1904 FIFA mulai di dirikan.

Apabila ada dua pemain lawan berada di belakang baik itu pemain bek dan penjaga gawang atau siapapun, yang jelas ada dua orang maka pemain tersebut dinyatakan offside. Akan tetapi, peraturan ini, masih banyak ditentang oleh para pecinta sepak bola.

3. Aturan Satu Pemain di Belakang

Aturan yang sampai saat ini digunakan adalah saturan satu pemain lawan yang berada di belakang. Pemain tersebut adalah penjaga gawang.

Seorang pemain dikatakan offside, apabila hanya menyisakan satu pemain aja di depannya, yaitu kiper, lalu pemain tersebut mendapat umpan dari kawannya, maka pemain tersebut dinyatakan offiside. Peraturan ini digunakan sampai sekarang, karena peraturan ini memang untuk pertandingan sepak bola.

Baca juga: Teknik Mengoper Bola dengan Baik dan Benar

Nah, itulah dia pemaparan tentang Offside yang ada dalam pertandingan sepak bola. Semoga pembaca bisa mendapatkan informasi yang dicari dan bisa digunakan dalam bermain sepak bola sehari-hari.

Salam Olahraga!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: cdns.klimg.com

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia