Penemuan internet di Amerika Serikat

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ February 15, 2022 ∙ 3 menit membaca

Selama Perang Dunia II dan Perang Dingin komunikasi dan informasi memegang peranan yang amat penting. Teknologi komunikasi dikuasai dan digunakan oleh dua blok yang saling bertentangan untuk memata-matai kekuatan lawan.

Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu lebih difokuskan hanya pada bidang pertahanan dan keamanan masing-masing pihak negara. Berbagai satelit pemantau diciptakan oleh masing-masing pihak untuk memata-matai lawannya.

Ketertinggalan Amerika Serikat dari Uni Soviet dalam teknologi ruang angkasa mendorong pemerintah AS menjalankan sebuah program kilat guna mengejar ketertinggalannya. Berdasarkan persetujuan Kongres, Pemerintah AS kemudian mendirikan Advance Research Project Agency atau disingkat ARPA.

Proyek ini kemudian dipecah menjadi dua, yaitu NASA dan ARPANET. NASA mendalami studi ruang angkasa, sedangkan ARPANET di bawah Departemen Pertahanan (DARPA = Defence Advance Research Project Agency) mempromosikan ilmu komputer dan pemrosesan informasi. Pemrosesan informasi saat itu merupakan bidang yang sama sekali baru.

ARPANET kemudian mengembangkan prototip internet. Pada tahun 1969, ARPANET merasa perlu memperkenalkan temuan-temuannya. Departemen Pertahanan Amerika Serikat membangun sistem jaringan melalui hubungan antarkomputer di daerah-daerah tertentu.

Salah satu yang terkenal adalah sebuah jaringan komputer yang menghubungkan Departemen Pertahanan AS dengan peneliti di beberapa universitas di AS.

Pada awalnya ARPANET hanya menghubungkan tiga buah komputer di Utah. Dalam beberapa tahun kemudian proyek ini berkembang ke seluruh negara bagianb. Selain itu, semua perguruan tinggi di Amerika Serikat akhirnya tergabung dengan ARPANET.

Karena perkembangannya sangat pesat maka ARPANET kemudian dipecah menjadi dua bagian, yaitu Milnet digunakan khusus untuk kepentingan militer dan ARPANET untuk keperluan nonmiliter, khususnya perguruan tinggi.

Kedua jaringan itu kemudian digabungkan dengan nama Darpa Internet dan akhirnya cukup dikenal dengan sebutan Internet. Internet singkatan dari Interconennected Network, merupakan jaringan komputer yang terdiri dari banyak jaringan komputer independen yang dihubungkan satu dengan lainnya.

Internet merupakan jaringan global yang terdiri atas jutaan komputer, termasuk di dalamnya jaringan-jaringan lokal yang terhubungkan melalui saluran (satelit, telepon, dan kabel) yang jangkauannya mencakup seluruh dunia.

Sejak tahun 1990-an, internet mulai digunakan secara komersial. Sistem internet saling silang dengan bantuan saluran telepon dan modern, sehingga internet diibaratkan sebagai jalan tingkat tinggi (superhighway). Selain itu, internet juga disebut cyberspace, karena memiliki jaringan komunikasi ibarat dunia maya.

Sebagai temuan iptek, internet telah membuat dunia informasi menemukan jalannya. Internet banyak memiliki keunggulan, terutama dari segi efisiensi biaya dan efektivitas penyampaian pesan yang cepat, serta menembus ruang sekaligus waktu.

Kehadiran internet telah menghasilkan berbagai kemudahan dalam mengatasi permasalahan geografis, sehingga berbagai aktivitas manusia tidak terhalang oleh jarak, ruang, dan waktu. Tidak seperti penemuan-penemuan sebelumnya, internet dianggap sebagai penemuan besar yang mengubah dunia dari yang bersifat lokal menjadi global. Dari internet sumber-sumber informasi dunia yang amat luas dapat diakses.

Baca juga sejarah internet lainnya di bawah ini:

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Gadget
Gadget 20 Daftar Harga HP Vivo Terbaru Tahun 2022

Vivo saat ini menjadi salah satu brand smartphone terbaik di tahun 2022. Daftar harga HP Vivo terba

Finansial
Finansial Tips dan Cara Agar NFT Cepat Laku Terjual

Zaman yang semakin modern ini ada banyak cara mendapatkan uang tambahan, salah satunya melalui inve

Gadget
Gadget 8 Cara Cek Garansi HP Realme, Begini Langkahnya!

Realme merupakan salah satu merek hp asal Tiongkok yang saat ini ramai di pasar Indonesia. Bagaiman

Finansial
Finansial Mengenal Apa itu Rising Wedge Pattern dan Tips dalam Tradingnya

Terdapat banyak bentuk pola yang dapat investor pelajari dalam grafik suatu aset investasi finansia

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia