Pendiri Kerajaan Banten dan Silsilah Rajanya

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ November 8, 2022 ∙ 4 menit membaca

Pendiri Kerajaan Banten adalah Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Kerajaan ini meliputi wilayah sebelah barat pantai Jawa sampai ke Lampung. Daerah ini sebelumnya merupakan daerah tetangga Kerajaan Pajajaran yang dalam Carita Parahyangan dikenal dengan nama Wahanten Girang.

Pada tahun 1528 Masehi, Syarif Hidayatullah menguasai bagian barat pantai utara Jawa tersebut untuk menundukkan Kerajaan Pajajaran. Penyerangan ke Pajajaran dilakukan karena penolakan Pajajaran atas penyebaran agama Islam, serta menolak mengakui kekuasaan Kerajaan Demak atau Pajajaran.

Ketika Sultan Hadiwijaya berkuasa di Demak, Kerajaan Banten baru menjadi kesultanan yang merdeka dari Kerajaan Demak. Raja pertamanya adalah putra Syarif Hidayatullah, yaitu Maulana Hasanuddin (1552 – 1570 M). Hasanuddin juga menjalin persahabatan yang erat dengan Kerajaan Indrapura di Sumatra, yang diperkuat dengan pernikahan politik antara Hasanuddin dengan putri Raja Indrapura.

Pendiri Kerajaan Banten dan Penerus Kekuasaan

pendiri kerajaan banten
(Kompas)

Setelah didirikan oleh Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Kekuasaan Banten berikutnya dipegang oleh Maulana Yusuf yang memimpin dari tahun 1570 – 1580 Masehi. Tahun 1579 M, Banten berhasil menaklukkan Pakuan, ibukota Pajajaran. Setelah Maulana Yusuf wafat pada tahun 1580, tahta kerajaan dipegang oleh Maulana Muhammad, putranya yang masih berumur 9 tahun.

Karena masih muda, pemerintahan dijalankan oleh badan perwakilan yang terdiri dari Jaksa Agung dan empat menteri sampai Muhammad cukup umur. Pada tahun 1596 M, Banten melancarkan serangan terhadap kerajaan Palembang, dipimpin langsung oleh  Maulana Muhammad, tujuannya untuk melancarkan jalur perdagangan hasil bumi dan rempah-rempah.

Penyerangan ini gagal dan Maulana Muhammad gugur. Tahta kerajaan kosong, sementara putra Maulana Muhammad bernama Abu Mufakhir baru berusia 5 bulan. Pemerintahan Banten dijalankan oleh badan perwakilan yang diketuai oleh Jayanegara (wali kerajaan) dan Nyai Emban Rangkung (pengasuh pangeran).

Pada masa ini, armada Belanda tiba pertama kali ke Banten yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Abu Mufakhir baru resmi menjalankan kekuasaan pada tahun 1596. Tahun 1638, khalifah Makkah memberi gelar Sultan. Abu Mufakhir wafat pada tahun 1651 M. Putranya yang menirukan bergelar Sultan abu ma\’ali Ahmad Ramatullah, tetapi tidak lama kemudian wafat.

Baca juga: Belanda pertama kali tiba di Banten tahun 1596

Puncak Kejayaan Kerajaan Banten

pendiri kerajaan banten
(Befren)

Raja Banten berikutnya adalah Sultan Ageng Tirtayasa. Di bawah pemerintahannya Banten berhasil mencapai kejayaannya. Sultan Ageng berusaha keras mengusir Belanda (VOC), namun selalu gagal. Karena dengan konfrontasi langsung selalu gagal, maka ia mengubah taktik dengan perampokan dan perusakan perkebunan Belanda dan menyaingi perdagangan Belanda.

Pada tahun 1671, Sultan Ageng mengangkat putra mahkotanya, bernama Sultan Abdul Kahar atau Sultan Haji sebagai Raja Muda, dan Sultan Ageng Tirtayasa tetap mengawasi. Namun, Sultan Haji cenderung berpihak pada Belanda, dan Sultan Ageng berusaha mencabut mandatnya. Mendapat dukungan Belanda, maka terjadilah perang saudara.

Akibat pengkhianatan ini, Sultan Ageng Tirtayasa ditangkap pada tahun 1692 membuat kerajaan Banten menjadi kerajaan boneka di bawah kendali Belanda. Kehidupan perekonomian masyarakat Banten berpusat pada perdagangan, pertanian dan perkebunan. Penyebaran agama Islam yang pesat membuat masyarakat

Pajajaran yang tidak memeluk Islam menyingkir ke pedalaman, yang sampai sekarang di sebut Suku Badui. Mereka menerapkan sistem kepercayaan yang disebut Pasundan Kawitan, atau Pasundan yang pertama, yaitu perpaduan agama Hindu dengan kepercayaan tradisional Suku Sunda.

Peninggalan Kerajaan Banten tidak banyak ditemukan. Namun demikian, pengaruh Islam dalam seni bangunan Banten terlihat pada bangunan Masjid Agung Banten dan kompleks makam raja-raja Banten di Kenari.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup ma

Finansial
Finansial BI Rate Naik? Cari Tahu Dulu Kebenarannya! (Edisi YoY Oktober & November)

#WaktunyaBeliRumah - Apakah Pins sadar, biaya yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis properti tida

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP 6 Jutaan, Harga Mid-Range Berasa Flagship!

Jika Pins menginginkan HP mid-range dengan kualitas flagship, maka rekomendasi HP 6 jutaan adalah j

Finansial
Finansial 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Sebagai bentuk investasi aset digital yang menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari

Finansial
Finansial Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia