Pahami Tahapan Pendaftaran Kartu Pra Kerja Berikut!
Daftar Isi
Pemerintah membuka pendaftaran kartu pra kerja yang ditujukan untuk warga Indonesia yang ingin menambah kemampuan profesionalnya. Program ini diadakan dengan tujuan utama untuk membantu pertumbuhan ekonomi negara dan salah satu caranya yaitu menghasilkan banyak tenaga kerja berkualitas. Pekerja dengan skill mumpuni akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan sehingga angka pengangguran ikut berkurang.
Pinhome – Realisasi program kartu pra kerja telah dilakukan oleh pemerintah bahkan waktunya pun lebih maju. Hal ini disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang membuat banyak kegiatan ekonomi dan sosial yang terkena imbasnya. Akibatnya, banyak pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Kartu pra kerja diharapkan bisa membantu masyarakat Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan di masa pandemi.
Baca Juga:
- Ingin Tahu Saldo BPJS? Yuk Cek BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah Melalui Aplikasi
- Ini Dia Cara Mudah Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan
Mengerti Apa Itu Kartu Pra Kerja
Kartu pra kerja merupakan program pemerintah yang untuk para pencari kerja. Lebih terkhusus lagi yaitu untuk masyarakat Indonesia yang menganggur akibat dampak Covid-19. Program ini terbuka bagi siapa pun asalkan memenuhi syarat dan merupakan sasaran dari kartu pra kerja.
Guna merealisasikan program ini, pemerintah telah menyiapkan anggaran yaitu sebesar Rp20 triliun. Jumlah tersebut akan dipakai untuk peningkatan kemampuan masyarakat Indonesia dengan target yaitu 5,6 juta orang.
Peserta yang dinyatakan lolos pra kerja bisa memanfaatkan insentif yang diberikan oleh pemerintah. Peserta bisa melakukan pelatihan skill, peningkatan kemampuan atau upskilling, serta pengubahan kemampuan (reskilling). Pelatihannya bun cukup beragam dan bisa dilakukan secara online atau offline tergantung program yang dipilih.
Baca Juga:
Keuntungan yang Didapat
Perlu dipahami bahwa peserta yang terdaftar di program kartu pra kerja tidak mendapatkan sebuah pelatihan langsung dari pemerintah. Ada berbagai lembaga penyedia jasa pengembangan skill yang telah bekerja sama untuk program ini seperti Skill Academy by Ruangguru, Sekolahmu, Pijar Mahir, Pintaria, dan lain-lain.
Baca Juga:
- Program BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek dan Cara Cek Saldo
- Yuk, Ketahui Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan
Peserta kartu pra kerja akan mendapatkan bantuan berupa uang tunai yang bisa digunakan untuk membeli program peningkatan kemampuan. Hal ini diharapkan akan membantu masyarakat untuk mengasah skill yang diinginkan. Manfaat lainnya dari diadakannya program ini yaitu:
- Meringankan tanggungan biaya pelatihan yang dikeluarkan perusahaan.
- Mengurangi waktu dan biaya yang dikeluarkan ketika mencari informasi pelatihan.
- Berkurangnya ketidakcocokan kerja.
- Menambah pengetahuan di luar pendidikan formal.
Supaya masyarakat bisa mengakses pelatihan-pelatihan yang tersedia, pemerintah telah menganggarkan bantuan kartu pra kerja. Total bantuan yang akan diterima yaitu sebesar Rp3.550.000 dengan rinciannya yaitu sebagai berikut.
- Biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000.
- Insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan yang akan didapat sebanyak 4 kali.
- Membayar Insentif survei kebekerjaan dengan total Rp150.000.
Syarat Pendaftaran Kartu Pra Kerja
Pemerintah membuka pendaftaran kartu pra kerja untuk kelompok sasaran yang jelas yaitu para pencari kerja. Supaya program ini tepat sasaran, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika melakukan pendaftaran. Berikut ini syarat penerima program ini.
- Warga Negara Indonesia (WNI).
- Berusia 18 tahun ke atas.
- Tidak sedang menjalani pendidikan formal seperti SMA dan kuliah.
- Merupakan seorang pencari kerja, buruh yang terkena PHK, pekerja yang membutuhkan peningkatan skill, buruh yang dirumahkan, pekerja bukan penerima upah, atau pelaku usaha mikro dan kecil.
- Bukan penerima bantuan sosial lainnya.
- Maksimal bisa mendaftarkan 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dana 1 Kartu Keluarga yang sama.
- Bukan merupakan pejabat negara, anggota legislatif, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, perangkat desa, atau kelompok lain yang tidak berhak menerima bantuan kartu pra kerja.
Baca Juga:
- Belajar Yuk, Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online
- Lebih Dekat Dengan Jenis-Jenis KPR dan Suku Bunganya
Cara Daftar Kartu Pra Kerja
Buat Pins yang memenuhi persyaratan dari kartu pra kerja, bisa melakukan pendaftaran secara online. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk bisa terdaftar.
Baca Juga:
- Membuat Akun
Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat akun pra kerja. Pins harus memiliki akun terlebih dahulu sebelum bisa menjadi peserta program. Cara untuk membuat akun pra kerja yaitu sebagai berikut.
- Membuka laman www.prakerja.go.id, lalu klik ‘Buat Akun’.
- Masukkan nama lengkap, email, kata sandi, serta centang kotak pernyataan di bawahnya.
- Klik ‘Buat Akun’.
- Cek kotak masuk email yang telah dimasukkan.
- Ikuti petunjuk dan konfirmasi akun email.
- Membuka kembali situs pra kerja lalu login untuk bisa masuk ke dashboard akun.
- Melengkapi Data Diri
Setelah berhasil membuat akun pra kerja, langkah selanjutnya yaitu melengkapi data diri. Supaya proses berjalan lebih lancar, pastikan Pins menyiapkan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) karena dokumen tersebut perlu diunggah. Berikut ini petunjuk pengisian data diri kartu pra kerja.
- Masuk ke akun pra kerja dengan menggunakan email dan sandi yang telah dibuat.
- Masukkan nomor KTP serta tanggal lahir, lalu tekan ‘Berikutnya’.
- Isi data diri yang diminta seperti nama lengkap, email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kerja, dan foto KTP.
- Cek pengisian data, jika sudah benar, klik ‘Berikutnya’.
- Masukkan nomor telepon.
- Sistem akan mengirimkan kode melalui SMS.
- Masukkan kode yang diterima.
- Mengikuti Tes
Setiap pendaftar kartu pra kerja akan diminta untuk mengerjakan tes motivasi dan kemampuan dasar. Apabila pendaftar tidak menyelesaikannya, maka pendaftaran tidak akan diproses. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait tes kartu pra kerja.
- Tes akan berlangsung selama kurang lebih 15 menit.
- Pendaftar bisa menyiapkan alat tulis seperti pena dan kertas bila perlu.
- Setelah tes selesai, tunggu email konfirmasi.
- Jika sudah mendapatkan email, bisa kembali ke laman pra kerja.
- Cek ketersediaan gelombang dan segera daftarkan diri jika ada.
Pins bisa melakukan pendaftaran kartu pra kerja kapan pun asalkan memiliki perangkat yang terkoneksi ke internet. Cek situs secara berkala supaya tidak tertinggal informasi tentang gelombang yang sedang dibuka.
Baca Juga:
Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.
Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.
Kontributor: Safina
Editor: Iko
BAGIKAN ARTIKEL