Pencemaran Air: Pengertian, Dampak & Pencegahannya

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 14 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Pencemaran air telah menjadi salah satu masalah serius yang tentunya mengancam sumber ketersediaan air di bumi.

Seperti yang kita tahu, bahwa air merupakan salah satu sumber kehidupan di planet bumi dan telah menjadi esensi terpenting dalam aspek kehidupan. Dua pertiga permukaan bumi terdiri dari air, bahkan 60-70 persen dalam komposisi tubuh manusia juga merupakan air.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu pengertian pencemaran air, penyebabnya, serta bagaimana cara untuk menanggulanginya. Supaya lebih jelas, mari simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Pencemaran Air

pencemaran air
Sumber: freepik

Pencemaran air sendiri dapat diartikan sebagai suatu kejadian atau fenomena dimana tempat penampung atau sumber air mengalami perubahan, baik fisik maupun non fisik. Sehingga mengakibatkan air tak bisa lagi dimanfaatkan sebagai mana mestinya.

Beberapa ada yang mendefinisikan hal ini sebagai bentuk menurunnya kualitas air yang disebabkan oleh zat, mahluk hidup atau sebagainya. Sehingga membuat kualitas dari pada air mengalami penurunan atau dapat dikatakan rendah.

Sebagian besar penyebab terjadi pencemaran air adalah dikarenakan kegiatan manusia itu sendiri, seperti penebangan hutan, membuang sampah dan lmbah industri ke sungai dan sebagainya.

Pelajari Juga

Penyebab Pencemaran Air

penyebab pencemaran air
Sumber: wikipedia

Secara umum, ciri-ciri air yang sudah tercemar biasanya ditandai dengan warna yang tak lagi jernih, berbau dan berubah rasa. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya pencemaran air yang patut Anda ketahui.

1. Sampah Organik atau Anorganik

Sampah organik maupun sampah anorganik merupakan salah satu faktor penyebab pencemaran air. Banyaknya sampah yang dibuang di sungai lah yang mengakibatkan air mudah tercemar.

2. Limbah Industri

Penyebab lain dari polusi air ialah limbah industri. Limbah yang secara langsung dibuang ke sungai atau ke laut tanpa diolah terlebih dahulu akan mencemari lingkungan perairan. Sebaiknya sebelum dibuang, seluruh sampah dari limbah industri diolah terlebih agar tidak mencemari lingkungan.

3. Bahan Peledak

Bahan peledak yang digunakan untuk menangkap ikan juga dapat mencemari air laut sekaligus merusak ekosistem yang ada di dalamnya. Bahan peledak ini juga dapat mematikan makhluk hidup di dalamnya sehingga akan menghambat regenerasi ikan.

Baca juga: Ini Dia Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

4. Peternakan dan Perikanan

Limabah kotoran sisa-sisa makanan dari ternak yang diasa dibuang ke sungai juga menjadi pemicu tercemarnya air.

5. Limbah Pertanian

Sisa-sia limbah pertanian yang berupa sekam padi, jerami, buah busuk, ranting, dan lain-lain juga bisa menjadi penyebab polusi air bila dibuang sembarangan.

6. Tumpahan Minyak

Tumpahan minyak di laut yang disebabkan oleh derasnya arus lalu lintas transportasi minyak juga menjadi pemicu terbesar pada pencemaran air.

7. Limbah Rumah Tangga

Aktivitas mandi atau mencuci yang selalu menggunakan sabun, deterjan dan zat kimia lainnya merupakan limbah rumah tangga. Kebiasaan membuang air sabun dengan sembarangan juga memicu terjadinya polusi air.

Dampak Pencemaran Air

sampah di sungai
Sumber: wikipedia

Polusi air apabila tidak dicegah, tentunya ini dapat merusak keseimbangan ekosistem bumi. Supaya kita bisa lebih sadar akan pentingnya menjaga kebersihan air, sebaiknya kita juga perlu tahu apa saja dampak yang dapat terjadi dari pencemaran air berikut ini.

1. Punahnya Spesies Makhluk Hidup

Pencemaran air dapat membuat spesies ikan dan biota menjadi punah. Hal ini dapat menurunkan jumlah keanekaragaman dalam ekosistem air.

2. Keseimbangan Lingkungan Terganggu

Keseimbangan lingkungan juga dapat terganggu karena terjadinya perubahan interaksi dalam ekosistem.

3. Tumbuhan Air Menjadi Mati

Kumungkinan besar sebagian tumbuhan yang hidup di air akan mati karena sulit mentoleransi terhadap kondisi air dan pH asam.

4. Pertumbuhan Hama Meningkat

Penggunaan pestisida secara berlebihan dapat menyebabkan kehidupan predator menjadi mati sehingga membuat rantai makanan dalam ekosistem terputus. Hal ini pun membuat pertumbuhan hama kian meledak.

Pencegahan Pencemaran Air

terumbu karang
Sumber: wikipedia

Langkah tepat mencegah pencemaran air dalam skala besar tentunya dengan mengurangi efek-efek berbahaya. Semuanya bisa diawali dengan perubahan kecil agar terhindar dari kondisi kelangkaan pasokan air di masa mendatang. Nah, berikut adalah beberapa upaya mencegah pencemaran air yang bisa kita lakukan:

1. Hemat Penggunaan Air

Penggunaan air secara berlebihan bisa menjadi penyebab utama terjadinya pencemaran air. Perubahan kecil yang dilakukan manusia diyakini akan membawa pada perubahan yang lebih baik.

Baca juga: Cara Jitu Menghemat Air Di Dalam Rumah

2. Pengolahan Limbah yang Lebih Baik

Mencegah pencemaran air bisa dilakukan jika adanya proses mengolah limbah sebelum membuangnya ke badan air. Baik itu dari industri pertanian dan lainnya, mereka perlu menggunakan kembali air limbah ini demi mengurangi kandungan racun di dalamnya.

3. Gunakan Produk Ramah Lingkungan

Terakhir adalah penggunaan produk ramah lingkungan, entah dengan memakai produk mudah larut yang kemudian tidak menjadi polutan. Manusia sendiri bisa mengurangi jumlah polusi air yang disebabkan oleh limbah rumah tangga dan menggantinya dengan produk ramah lingkungan.

Demikian ulasan tentang pencemaran air, dampak dan pencegahannya. Semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi kita semua.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia