Pinhome

Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 9 May 2022 ∙ 4 menit membaca

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya menjadi penting. Hal ini dipicu oleh daya beli dan juga kebutuhan untuk memiliki barang-barang tersebut. Meskipun tidak dikonsumsi setiap hari, kebutuhan tersier diperlukan seseorang untuk mendukung aktivitas dan kehidupan sehari-hari. 

Sebelum mengetahui urutan barang tersier paling dicari, berikut ini ada persentase aktivitas belanja online yang dilakukan orang Indonesia dan juga persentase transaksi online.

Persentase Pencarian Produk & Jasa via Online

Sejak tahun 2017 ada kenaikan signifikan untuk persentase pencarian produk dan jasa via online. Artinya semakin banyak orang yang memanfaatkan internet untuk menemukan produk atau jasa yang mereka butuhkan. 

Tahun 2017 sebanyak 48 persen masyarakat Indonesia melakukan pencarian barang secara online. Di tahun 2018, ada penurunan menjadi 45 persen, namun masih terpantau di angka 40-an. 

Masuk ke tahun 2019, pencarian produk dan jasa secara online semakin meningkat tajam menjadi 93 persen. Di tahun 2020, bersamaan dengan pandemi, persentase pencarian masih konsisten di angka 93 persen dan begitu pula di tahun 2021. Hal ini menunjukkan bahwa pencarian produk dan jasa online menjadi tren dan kebutuhan mendasar. 

Persentase Transaksi Online 

Data berikut menjelaskan jumlah orang yang melakukan transaksi online, termasuk membayar tagihan secara online dalam populasi di Indonesia. Di tahun 2017 ada 9 persen transaksi online di Indonesia. Sementara di tahun 2018 terdapat penurunan menjadi 5 persen. 

Tahun 2019 hingga 2020 nilai jumlah transaksi online dari total populasi yang ada mencapai 11 persen. Kemudian di tahun 2021 ada kenaikan 0,2 persen sehingga menjadi 11,2 persen. Mungkin angka ini terlihat kecil, namun pada kenyataannya di Indonesia kepemilikan kartu kredit dan kartu debit pun masih rendah sehingga ini yang memengaruhi persentase tersebut. Hal yang bisa digaris bawahi adalah setelah masa pandemi terjadi yaitu tahun 2020, transaksi online semakin meningkat. 

Lalu, bagaimana dengan tingkat pencarian barang tersier ya? Kira-kira apa saja barang tersier paling dicari masyarakat Indonesia? Berikut ulasan selanjutnya.

Barang Tersier Paling Populer

Setelah melakukan riset, dapat dilihat bahwa ternyata pencarian barang tersier mobil menempati persentase paling tinggi yaitu 2.500 search volume (SV). Kemudian di urutan kedua ada rumah dengan nilai SV 2.200.

Di urutan ketiga dan keempat ada laptop dan motor dengan masing-masing nilai SV sebanyak 1.200 dan 1.000. Selanjutnya untuk pencarian apartemen sebagai hunian memiliki jumlah pencarian 800 SV. Lalu, diikuti pencarian sepeda 600 SV. Untuk dua barang tersier paling rendah yang dicari adalah tab dan smartphone. 

Platform pencarian produk dan jasa 

Selanjutnya terdapat data platform pencarian produk dan jasa paling populer. Artinya platform ini adalah yang paling diandalkan masyarakat untuk mencari produk atau jasa yang ingin mereka beli. 

Di urutan 6 teratas ada search engine seperti Google atau Bing yang digunakan masyarakat untuk mencari produk dan jasa, dengan nilai persentase hingga 49,70 persen. Diikuti dengan iklan media sosial yang mencapai 39,20 persen. Lalu ada rekomendasi di media sosial sebanyak 39 persen. Pencarian di website resmi produk mencapai 37,60 persen. Lalu di urutan kelima ada rekomendasi atau review konsumen dan Iklan TV dengan nilai persentase yang sama yaitu 35,90 persen.

Selanjutnya untuk 4 terbawah platform pencarian produk dan jasa ditempati word of mouth 34,20 persen; website pembanding produk 29,50 persen; review dari blogger 28,50 persen dan brosur produk 28,30 persen.

Ditemukan bahwa 8 dari 10 platform yang digunakan untuk mencari produk dan jasa adalah media online. Untuk media offline hanya ada 2 yaitu word of mouth atau informasi dari mulut ke mulut dan katalog atau brosur cetak produk.

Selanjutnya temuan kedua adalah di 5 teratas platform yang digunakan untuk mencari produk dan jasa adalah portal online. 

Metodologi

Metode riset di atas menggunakan beberapa langkah. Pertama tim riset dari marketing Pinhome mencari data persentase transaksi online dan persentase pencarian produk atau jasa melalui platform online. Data didapat dari laporan tahunan WeAreSocial dan Hootsuite dalam 5 tahun terakhir sejak 2017-2021. 

Langkah kedua mencari popularitas barang tersier yang paling dicari oleh orang Indonesia dalam 5 tahun terakhir sejak 2017 hingga 2021. Langkah kedua ini menggunakan Ahrefs untuk mengetahui popularitas barang tersier yang dicari orang Indonesia. 

Langkah ketiga, mencari platform paling populer yang digunakan orang Indonesia dalam mencari produk atau jasa. Data ini didapat melalui laporan tahunan WeAreSocial dan Hootsuite. 


Informasi lebih lanjut mengenai infografis bisa menghubungi rizko.fatra@pinhome.id. Desain infographic by: Creative Team Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia