Pinhome

Lifestyle

Pemandian Pariban Berastagi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 2 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Pemandian Pariban Berastagi merupakan bukti lain dari kekayaan Indonesia akan destinasi wisata. Tepatnya, destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang asri jauh dari hiruk pikuk dan kebisingan perkotaan. Wisata ini dikenal karena pemandian air panasnya yang berada di tengah alam sehingga menawarkan pemandangan indah serta udara yang segar. Selain itu, pemandian ini juga memiliki banyak fasilitas lain yang dapat kamu nikmati selama berlibur di sana.

Oleh karena itu, Pemandian Air Panas Pariban Berastagi kini bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengisi liburan. Wisata air menyenangkan yang didukung fasilitas beragam yang telah disediakan serta hawa sejuk di sekitar akan membuat betah untuk berlama-lama di sana.

Adapun air pemandian wisata ini berasal dari sumber mata air alami sehingga akan terasa menyegarkan sekaligus merilekskan tubuh. Makanya, datang ke destinasi wisata Pemandian Air Panas Pariban Berastagi akan menjadi pilihan tepat liburanmu.

suasana pemandian pariban berastagi
Foto: Daffa Rakhsa

Selayaknya, tempat pemandian, banyak kolam yang ada di tempat wisata ini. Bahkan, pemandian ini memiliki lima kolam air panas dengan tingkat temperatur yang berbeda. Dengan begitu, pengunjung dapat memilih temperatur air yang sesuai dengan keinginannya. Karena kolam yang terbuka, sembari berendam kamu juga dapat menikmati panorama sekitar pemandian.

Pemandian ini juga menawarkan waterboom sebagai wahana air yang airnya tidak bersuhu panas sehingga akan cocok untuk bermain bagi anak-anak. Setelah berendam di kolam air panas ataupun bermain di waterboom, coba mampir ke area El-Resto Pariban, pondokan yang menyediakan berbagai makanan dan minuman, misalnya nasi goreng, mi goreng, dan kopi khas Karo yang wajib dicicipi. Berdasarkan informasi di atas, Pemandian Pariban Berastagi merupakan tempat yang cocok untuk berlibur sendiri, bersama teman atau pasangan, hingga keluarga.

panorama pemandian pariban berastagi
Foto: Wahid Tigan Channel

Kombinasi antara wisata air menyenangkan dengan keindahan alam natural yang disajikan membuat tempat ini akan menjadi tempat liburan paket komplet. Apalagi wisata ini buka selama 24 jam setiap harinya sehingga bisa lebih lama menikmati fasilitas di sana, termasuk menginap di penginapan sekitar.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pemandian Pariban Berastagi

Pemandian Air Panas Pariban Berastagi memberikan penawaran harga tiket masuk yang terjangkau, yaitu hanya Rp 15.000,000 per orang untuk 2 tahun ke atas. Sementara untuk menikmati fasilitas lain, seperti saung, sewa ATV, dan penginapan di sini akan dikenakan biaya lagi.

Misalnya, untuk dapat berteduh di bawah saung kamu perlu merogoh kocek Rp 25.000,00 hingga Rp 60.000,00 sesuai ukuran saung yang disewa. Menikmati pemandangan alam sekitar pemandian air panas di bawah saung yang memberikan keteduhan tentu akan menyenangkan. Kamu juga bisa menggunakan saung ini sebagai spot foto ala pedesaan.

Sementara untuk menyewa ATV harus mengeluarkan biaya Rp 25.000,00 per dua kali putaran mengelilingi tempat wisata ini. Sebaiknya, selama di sana sempatkan menyewa ATV agar setiap sudut wisata Pemandian Air Panas Pariban Berastagi dapat kamu eksplorasi. Penyewaan ATV juga dapat menguji adrenalin karena jalur yang dilewati ialah jalur berlumpur yang tidak stabil. Makanya, mengendarai ATV akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagimu. Dengan begitu, memori tentang panorama keindahan alam serta pengalaman di sana juga akan lebih lengkap kamu dapatkan.

Ada juga penginapan yang dapat disewa oleh para wisatawan yang datang dari jauh maupun wisatawan lokal yang ingin lebih lama berada di sana. Tarif yang ditawarkan untuk biaya menginap cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp50.000,00 hingga Rp 500.000,00 per malam. Penginapan ini telah dilengkapi fasilitas yang cukup memadai dan kamarnya pun bersih. Bayangkan kamu menginap di suatu tempat yang dikelilingi pemandangan hijau, suasana rindang, hawa sejuk, dan dilengkapi pemandangan Gunung Sibayak yang berdiri kokoh tentu akan membuat betah menghabiskan malam di sana.

Selain itu, tempat wisata ini juga dikelilingi beberapa penginapan lainnya. Penginapan-penginapan ini menawarkan harga yang variatif dengan banyak tipe yang bisa dipilih. Ada tipe penginapan homestay, hotel, hingga villa yang menawarkan harga variatif. Penginapan ini bisa di-booking secara online melalui berbagai situs traveler. Jadi, kamu tinggal menyesuaikan saja jenis penginapan dengan jumlah orang yang menginap dan budget yang dimiliki.

Lokasi Pemandian Pariban Berastagi

Seperti namanya, pemandian air panas ini berlokasi di ujung Desa Sidebuk-debuk, Kota Berastagi yang berada di wilayah dataran tinggi Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Udara sejuk yang dimilikinya karena letak tempat wisata ini yang berada di bawah kaki Gunung Sibayak. Hal itu juga membuat daerah pemandian ini dikelilingi panorama yang indah.

Google Maps

Untuk berkunjung ke pemandian ini, akses rutenya cukup mudah dijangkau. Meskipun berada di kaki Gunung Sibayak yang cukup menanjak dan berkelok-kelok, jalan menuju ke sana relatif aman untuk dilewati kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Namun, tetap berhati-hatilah karena semakin dekat dengan lokasi jalanan berbatu akan segera menyambutmu.

Jika perjalanan dimulai dari pusat Kabupaten Karo maka harus menempuh jarak sekitar 50 km. jarak tersebut lebih kurang harus ditempuh dengan waktu lebih dari 1 jam perjalanan. Sementara untuk perjalanan yang dimulai dari Kota Medan akan membutuhkan waktu tempuh lebih kurang 2-3 jam karena jaraknya 70 km. Untuk perjalanan yang dimulai dari Kota Berastagi akan lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu lebih kurang 30 menit.

Akan tetapi, jangan khawatir bosan, sepanjang perjalanan menuju ke Pemandian Air Panas Pariban Berastagi akan disuguhkan panorama alam pepohonan yang rindang serta udara yang sejuk. Makanya, tak masalah jika di dalam perjalanan sesekali kamu membuka kaca jendela mobil agar dapat merasakan sejuknya udara di sana.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel