Pinhome

Kucing Calico

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim ∙ 7 January 2021 ∙ 7 menit membaca

Kucing Calico merupakan kucing dengan perpaduan 3 warna. Perpaduan antara warna hitam, putih, dan oren ini jarang terjadi. Pada dasarnya, terbentuknya 3 warna pada seekor kucing merupakan bentuk kelainan kromosom.

Wajarnya, seekor kucing hanya memiliki 1 kromosom X. Namun, pada kucing Calico terjadi kelebihan pada kromosom X sehingga kromosom yang terbentuk adalah XXY.

Kelainan yang unik ini menghasilkan kucing dengan perpaduan warna yang berbeda. Di Indonesia, kucing Calico lebih akrab disebut dengan sebutan kucing kembang telon.

Kucing Calico

Nama Calico sendiri memiliki arti perpaduan antara 3 warna yang berbeda. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kucing Calico bukan merupakan ras kucing, namun merupakan sebutan untuk kucing dengan 3 warna yang berbeda. Berikut ini adalah informasi yang lebih lengkap mengenai kucing Calico.

Ciri-Ciri Kucing Calico

Berbeda dengan kucing lain yang memiliki warna yang lebih spesifik, kucing Calico memiliki ciri-ciri yang lebih mudah untuk dikenali. Setiap kucing Calico memiliki 3 perpaduan warna dasar yang berbeda, yaitu putih, hitam, dan oren. Pada kucing Calico, persentase perpaduan warna yang terbentuk bisa berbeda-beda.

Ada kucing Calico yang memiliki warna dominan putih, dan hanya memiliki sedikit warna oren dan hitam. Namun, ada kucing Calico yang memiliki perpaduan warna oren dan hitam hingga mencapai 75%. Meskipun persentasenya bisa berbeda-beda, namun semua kucing yang memiliki perpaduan 3 warna bisa disebut sebagai kucing Calico.

Jenis-Jenis Kucing Calico

Bila dilihat dari jenisnya, kucing Calico bisa dibedakan dalam beberapa jenis. Berikut ini merupakan jenis-jenis kucing Calico yang paling banyak ditemui:

1. Kucing Calico Asli

Jenis yang pertama adalah kucing Calico biasa. Di Indonesia, kucing Calico biasa dikenal sebagai kucing kampung dengan warna kembang telon.

Kucing Calico Asli

Bila Anda melihat ada 3 perpaduan warna pada seekor kucing, bisa disebut bahwa kucing tersebut merupakan kucing Calico.

2. Calico Persia

Dari jenis kucing Persia yang dikenal memiliki bulu tebal juga bisa terlahir kucing dengan kelainan kromosom unik yaitu Calico Persia.

Calico Persia

Kucing ini memiliki wajah dan panjang bulu seperti halnya kucing Persia biasa, namun warna bulu pada kucing Calico Persia terdiri dari 3 warna yang berbeda.

3. Calico Peaknose

Jenis lain kucing Calico yang biasa ditemui adalah kucing Calico Peaknose. Seperti namanya, kucing Calico Peaknose merupakan kucing dengan hidung pesek dengan perpaduan 3 warna yang sangat menggemaskan.

Calico Peaknose

4. Calico Longhair

Sebagai pecinta kucing, tentu Anda pernah melihat kucing dengan jenis bulu yang sangat panjang.

Calico Longhair

Bila kucing longhair yang berbulu panjang memiliki perpaduan 3 warna, maka kucing tersebut merupakan jenis Calico longhair. Jenis ini juga banyak diminati oleh para pecinta kucing.

5. Calico Tabby

Kucing tabby merupakan kucing dengan pola tertentu baik berupa garis maupun titik-titik di tubuh kucing.

Calico Tabby

Namun, bila pola yang terdapat pada tubuh kucing memiliki 3 perpaduan warna yang berbeda, maka kucing tersebut bisa disebut sebagai Calico Tabby.

6. Dilute Calico

Sedangkan Dilute Calico adalah jenis kucing dengan perpaduan 3 warna, namun seluruh warna yang terdapat pada tubuh kucing merupakan warna yang pudar. Warna ini terkadang membuat kucing terlihat tidak memiliki warna yang tegas. Meski begitu, kucing dengan warna Dilute Calico tergolong unik dan cukup langka.

kucing Dilute Calico

 

Dari beberapa jenis tersebut, kira-kira kucing Calico seperti apa yang paling Anda sukai. Tentu semuanya memiliki keunikan masing-masing. Perpaduan warna yang dihasilkan dari kelainan kromosom yang unik membuat kucing Calico menjadi lebih spesial.

Cara Merawat Kucing Calico

Dilihat dari cara perawatannya, merawat kucing Calico tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan merawat kucing dengan warna lain. Bahkan, Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus untuk kucing Calico. Semua kucing dengan warna apapun bisa dirawat dengan treatment yang sama.

Lihat selengkapnya : Cara Merawat Kucing

Mitos Kucing Calico Jantan

Banyak yang menyebutkan bahwa tidak ada kucing Calico jantan atau kucing kembang telon dengan jenis kelamin jantan. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya salah. Namun, perbandingan kucing Calico jantan yang hidup memang sangat sedikit.

Hal ini disebabkan karena kucing Calico jantan biasanya dianggap memiliki kelainan genetis dan dianggap tidak bisa bertahan lama oleh sang induk kucing. Para induk kucing sering kali memakan kucing Calico yang terlahir dengan jenis kelamin jantan. Perbandingan kucing Calico jantan yang hidup adalah 1 : 3000 kelahiran kucing.

Ciri-Ciri Kucing Pembawa Hoki

Kucing 3 warna atau kucing Calico dianggap sebagai kucing pembawa keberuntungan. Kepercayaan ini masih sangat dipercaya di beberapa negara, salah satunya adalah Jepang.

Bahkan, banyak patung kucing dengan perpaduan 3 warna yang diletakkan di depan toko. Hal ini bertujuan untuk memanggil pembeli dan menjadikan toko tersebut menjadi ramai dan mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Sifat Kucing Berdasarkan Warna Bulu

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan hal ini, namun banyak yang percaya bahwa sifat kucing bisa dilihat dari warna bulunya. Kucing Calico atau kucing kembang telon dipercaya memiliki sifat yang cenderung manis dan kalem.

Hal ini dipengaruhi karena sebagian kucing kembang telon yang memiliki jenis kelamin betina yang berperawakan kecil dan sifat yang manis dan menggemaskan.

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Anak Kucing

Bila Anda ingin mengetahui jenis kelamin anak kucing, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Berikut ini merupakan cara termudah untuk mengetahui jenis kelamin anak kucing:

  • Angkat anak kucing
  • Lihat bagian anus
  • Perhatikan jarak antara anus dan lubang untuk kencing

Pada kucing betina, jarak antara anus dan saluran urin terlihat sangat dekat. Sedangkan bila Anda melihat jarak yang cukup jauh di antara kedua lubang tersebut, bisa disimpulkan bahwa anak kucing tersebut merupakan kucing jantan.

Namun, kucing Calico memiliki sedikit pengecualian. Bila Anda memiliki anak kucing Calico, 90% anak kucing tersebut berjenis kelamin betina. Hal ini disebabkan karena kucing Calico jantan seringkali dianggap berumur pendek sehingga sang induk langsung memakannya sesaat setelah dilahirkan.

Harga Kucing Calico di Indonesia

Harga kucing Calico sebenarnya sangat dipengaruhi oleh jenis kucing tersebut. Berikut ini merupakan kisaran harga kucing Calico yang ada di Indonesia.

1. Jantan

Kucing Calico jantan tergolong sebagai jenis kucing yang sangat langka. Hal ini membuat harga kucing Calico jantan tergolong sangat mahal. Harganya bisa mencapai Rp3.000.000 – Rp10.000.000.

2. Betina

Sedangkan harga kucing Calico betina di Indonesia berada di kisaran yang lebih terjangkau. Harganya berada di antara Rp1.000.000 – Rp3.000.000. Harga tersebut akan dipengaruhi oleh usia dan jenis kucing tersebut.

Bila kucing Calico memiliki motif yang unik, harga bisa semakin tinggi. Kucing Calico juga tidak bisa dibudidayakan dengan cara perkawinan acak, karena kromosom XXY tidak selalu bisa terbentuk.

Harga Kucing Calico di Jepang

Di Jepang, kucing Calico dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Hal ini membuat harga kucing Calico di negeri Sakura menjadi sangat mahal. Berikut ini merupakan kisaran harga kucing Calico di Jepang.

1. Harga Kucing Calico Jantan

Kucing Calico jantan di Jepang termasuk sangat mahal. Kucing langka ini dihargai 10 – 30 juta yen. Harga tersebut tentu sangat fantastis dibandingkan dengan jenis kucing yang lain.

2. Harga Kucing Calico Betina

Sedangkan untuk kucing Calico betina di Jepang dipatok dengan harga yang lebih murah. Bila dilihat dalam nilai rupiah, harganya berada di kisaran harga Rp5.000.000 – Rp10.000.000.

Harganya memang bisa menjadi sangat fantastis. Hal ini juga dipengaruhi oleh kepercayaan masyarakat Jepang yang sangat percaya bahwa kucing Calico merupakan jenis kucing pembawa keberuntungan.

Baca Juga : Kucing British Shorthair

BIla Anda merupakan penggemar kucing Calico, hal ini sangat wajar terjadi karena kucing Calico memang sangat menggemaskan. Kucing Calico bukan hanya membawa keberuntungan, namun tingkahnya yang menggemaskan akan membuat hari-hari menjadi lebih berwarna.


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Puri Delta Tigaraksa di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia