Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Pelanduk Topi-hitam, Fakta dan Cara Merawatnya

Hobi

Pelanduk Topi-hitam, Fakta dan Cara Merawatnya

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 16 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Pelanduk Topi-hitam, Rufous-browed Babbler (Pellorneum capistratum) merupakan salah satu jenis burung kicau dari keluarga Timaliidae dan Genus Pellorneum. Dalam bahasa ilmiahnya disebut pellorneum capistratum atau eufous-browed babbler. Dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu jenis burung pelanduk yang dapat dijumpai di Indonesia

Ciri fisik Pelanduk Topi-hitam, Rufous-browed Babbler (Pellorneum capistratum)

Tergolong jenis burung berukuran sedang dengan panjang tubuh sekitar 16 sampai 17 cm. Corak warna bulunya terdiri dari empat yakni hitam, putih, cokelat kemerahan, dan kuning kemerahan. Tampak di area kepalanya berwarna hitam yang menutupi bagian mahkota kepala dan sisi wajahnya.

Bagian putih terlihat di bagian bawah mahkota kepala berupa garis lurus dan tenggorokannya. Cokelat kemerahan terdapat di bagian atas badannya mulai dari punggung, sayap, sisi bawah sayap, dan ekornya. Lalu warna kuning kemerahan tampak menutupi area dada dan perutnya.

Baca juga : Burung Kutilang, Sooty-headed Bulbul (Pycnonotus aurigaster)

Ciri fisik lainnya memiliki paruh berwarna hitam yang berukuran sedang dan berbentuk tipis. Ekornya yang berwarna kecokelatan berukuran agak panjang yang terdiri dari beberapa helai bulu. Kakinya yang berwarna hitam keabu-abuan berukuran agak panjang dan memiliki cakar yang tajam.

Selain itu, tubuh burung ini terlihat agak bulat dengan dada dan perutnya yang berukuran agak besar.

Persebaran dan Ras

Secara global, burung ini mempunyai daerah persebaran hanya terbatas di beberapa negara di kawasan Asia Tenggara. Negara-negara yang terdapat populasi burung Pelanduk ini ialah Myanmar, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Di Indonesia tersebar cukup luas yang meliputi Sumatera, Bangka dan Belitung, Kepulauan Natuna, Jawa, Kalimantan, dan Pulau Banggi.

Suara Pelanduk Topi-hitam

Suara jenis burung Pelanduk ini tergolong merdu dan nyaring dengan volume yang cukup tinggi. Tempo kicauannya tidak terlalu rapat dengan irama yang cukup tajam dan lantang. Nada kicauannya terdengar seperti “wuiittt… wuiittt” yang dibunyikan secara terus-menerus dengan durasi hingga mencapai lebih dari setengah menit.

Jika anda membutuhkan suara gacornya untuk dijadikan masteran bisa anda download pada link di bawah ini :

  1. Suara burung pelanduk topi hitam
  2. Suara burung pelanduk topi hitam
  3. burung pelanduk topi hitam

Habitat dan Kebiasaan

Area hutan yang dijadikan burung yang bernama latin Pellorneum capistratum ini sebagai tempat tinggalnya berada di hutan primer, hutan sekunder, dan hutan bambu. Di alam liar, biasanya jenis burung Pelanduk ini mendiami area dataran rendah sampai perbukitan dengan ketinggian mencapai 700 meter di atas permukaan laut.

Sewaktu mencari makanan biasanya bergerak secara sendirian atau berpasangan yang berada tidak jauh dari permukaan tanah.

Makanan

Jenis makanan mereka cukup beragam mulai dari semut, ulat kupu-kupu, cacing, tempayak, keong, dan belalang.

Reproduksi

Waktu berkembangbiak bagi burung Pelanduk ini berlangsung di beberapa bulan seperti Februari sampai April, Agustus, September, dan Desember. Sarang yang disusunnya menggunakan dedaunan kering dan ranting berbentuk cawan yang diletakkan tidak jauh dari permukaan tanah.

Status

Terlepas dari kenyataan bahwa populasinya menurun, penurunan ini tidak sedemikian cepat untuk dapat dikategorikan pada mendekati ambang untuk Rentan, untuk alasan itulah, spesies ini dinyatakan sebagai Least Concern. Penurunan populasi diduga karena kerusakan habitat dan fragmentasi yang sedang berlangsung.

Cara membedakan Jantan dan Betina

Sedangkan untuk membedakan burung jantan dan betina, kami belum bisa berkata banyak karena perbedaan burung ini masih belum mendapatkan informasi yang akuran. Akan tetapi kami akan memperbaharui postingan ini jika suatu saat mendapatkan informasi tersebut

Baca juga : Cara Ternak Burung Beo Untuk Pemula Agar Sukses

Cara Merawat Pelanduk Topi-hitam

Bagi Anda yang hendak memelihara burung Pelanduk ini, maka perlu mengetahui tentang bagaima cara merawat pelanduk topi-hitam yang baik dan benar. Secara ringkas yang perlu diperhatikan terkait dengan pemberian pakan berupa serangga, voer dan bisa juga diberi buah-buahan.

Selain itu, penjemuran dan memandikan, dan membersihkan sangkar agar burung tetap sehat dan fit. Yang tidak kalah pentingnya, lakukan pemasteran kepadanya agar suara burung pelanduk topi-hitam lebih bervariasi serta semakin merdu.

Harga Pasaran

Spesies burung ini kadang ditemukan di pasar burung, yang dijual dengan sebutan berbeda-beda tergantung pedagangnya, jadi tidak ada harga patokan untuk burung pelanduk topi-hitam

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang ciri fisik Pelanduk Topi-hitam.

Tags :

Bagikan Artikel