Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Pelajari Tips Menghilangkan Rumput Liar di Taman

Lifestyle

Pelajari Tips Menghilangkan Rumput Liar di Taman

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 23 June 2020 ∙ 4 menit membaca

Sungguh senang apabila melihat taman di rumah bersih dan asri. Namun, perasaan itu akan hilang jika tiba-tiba taman di rumah kita terdapat banyak rumput liar. Tak jarang orang yang menyewa jasa untuk menghilangkan rumput liar di taman ini. Karena selain merusak pemandangan taman rumah, rumput liar ini juga bisa merusak tanaman yang ada di rumah Pins. Yuk simak tips menghilangkan rumput liar di taman!

Selain di taman, rumput liar sering dijumpai di tembok, pagar, maupun di tempat-tempat lainnya di sekitar rumah Pins. Apabila dibiarkan secara terus-menerus maka rumput liar ini akan menjadi parasit bagi tanaman-tanaman di taman rumah Pins yang akan menyerap nutrisi tanaman yang ada kemudian mengakibatkan tanaman-tanaman tersebut akan mati.

Baca Juga: Mengenal Jenis Rumput Hias Supaya Taman Rumah Semakin Kece

Namun Pins jangan khawatir, pada artikel kali ini akan dibahas tips bagaimana menghilangkan rumput liar di taman.

Tips Menghilangkan Rumput Liar di Taman

1. Menggunakan Sabun Mandi

Tanpa kita sadari, sabun mandi yang sehari-hari kita gunakan ternyata bermanfaat untuk membasmi rumput liar. Caranya adalah campurkan sabun mandi yang kita miliki dengan cuka secukupnya. Setelah itu, campuran air cuka dan sabun mandi tersebut dapat dimasukkan ke dalam botol untuk mempermudah Pins dalam pengaplikasiannya. Setelah itu, semprotkan campuran air sabun mandi dengan cuka tersebut pada rumput liar yang Pins temukan baik di taman atau di sekitar area rumah Pins.

2. Menggunakan Cuka

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cuka dapat dimanfaatkan untuk membasmi rumput liar. Cuka mengandung asam asetat sebesar 5% yang merupakan zat ampuh untuk merusak tanaman muda dengan akar yang belum dewasa. Caranya dengan campurkan cuka dengan sabun cuci piring di rumah secara merata lalu semprotkan campuran tersebut kepada rumput-rumput liar yang mengganggu pemandangan Pins. sebelum menyemprotkan cairan tersebut, pastikan tanaman-tanaman lain yang ada di taman Pins telah ditutup terlebih dahulu sehingga tidak ikut tersemprot.

(Unsplash)

#3 Menggunakan Bensin

Ternyata bensin memiliki manfaat untuk membasmi rumput liar. Apabila Pins ingin mencoba membasmi rumput liar menggunakan bahan yang satu ini, Pins harus mencampurkan bensin dengan sabun cuci, pupuk urea, serta garam. Lalu campurkan bahan-bahan tersebut pada satu botol. Setelah tercampur dengan baik, semprotkan campurkan tersebut pada rumput-rumput liar yang ada pada taman rumah anda.

Namun Pins harus teliti ketika membasmi rumput liar menggunakan bahan ini karena bahan bensin yang keras dapat merusakan tanaman yang lainnya, maka dari itu tutupi terlebih dahulu tanaman lain dengan kain sebelum menyemprotkan pada rumput liar di taman rumah Pins.

#4 Menggunakan Garam

Garam merupakan salah satu bahan yang mudah kita dapati di rumah yang ternyata memiliki manfaat untuk membasmi rumput liar di taman rumah Pins. Membasmi rumput liar dengan garam merupakan salah satu cara yang paling mudah dan aman. Yaitu dengan menaburkan garam tersebut pada rumput liar yang ada di taman rumah Pins. Garam memiliki kemampuan untuk menyerap kandungan air pada rumput liar sehingga lama-kelamaan rumput liar tersebut akan mengering dan mati.

(Unsplash)

#5 Menggunakan Koran

Ternyata hanya dengan koran, Pins bisa menghilangkan rumput liar di taman lho! Dengan koran, sinar matahari dan oksigen akan terhalang untuk mencapai tanah. Cara tersebut akan menghambat pertumbuhan rumput liar yang lama-kelamaan mencegah juga pertumbuhan baru dari rumput liar. Basahkan 10 lembar koran, lalu taruh di atas koran tersebut satu atau dua inci mulsa. Pada akhirnya rumput liar akan membusuk dan justru rumput liar yang sudah busuk ini akan menyuburkan tanaman.

#6 Menggunakan Pemutih

Cara yang mudah untuk menghilangkan rumput liar adalah dengan menggunakan pemutih. Cukup tuangkan sedikit pemutih di atas rumput-rumput liar, setelah satu sampai dua hari, Pins dapat mencabut rumput liar tersebut dengan mudah dan dapat mencegah rumput liar untuk datang kembali.

Tips menghilangkan rumput liar
(Unsplash)

#7 Menggunakan Air Panas

Selain dengan cara-cara yang sudah disebutkan tadi, menghilangkan rumput liar dapat dilakukan dengan mudah menggunakan air panas atau air mendidih. Setelah Pins merebus sesuatu, jangan langsung membuang air rebusan tersebut tapi gunakanlah untuk membunuh rumput liar di sekitar taman rumah Pins. Rumput liar biasanya akan segera mati atau layu setelah terkena siraman air panas ini.

#8 Menggunakan Belerang

Terdengar jarang, tetapi rumput liar dapat dihilangkan menggunakan belerang. Belerang dapat digunakan menjadi bahan campuran dengan 4 liter air, 2 kg garam, 2 botol kecil cuka, dan 3 ons belerang. Rebuslah semua bahan tersebut kecuali cuka, aduk hingga rata lalu campurkan dengan cuka, tunggu 12 jam, lalu semprotkan campuran bahan-bahan tersebut pada rumput liar, dan rumput liar pun akan mati.

Nah itu tadi adalah beberapa tips yang Pins gunakan untuk menghilangkan rumput liar di taman ataupun yang ada di sekitar rumah Pins. Semoga artikel ini bermanfaat ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel