Pinhome

Kesehatan

Pelajari Hasil PSBB Selengkapnya di Sini

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar telah dilakukan selama beberapa saat terakhir ini. Segenap bangsa Indonesia sudah bahu membahu mencoba menanggulangi penyebaran virus Covid-19 dengan berdiam diri di rumah. Bagi sobat Pinhome yang sudah berkontribusi, pasti penasaran kan dengan hasil dari PSBB selama ini? Yuk, kita simak bareng-bareng hasil PSBB di sini!

Pada dasarnya penerapan PSBB diharapkan dapat menurunkan angka penyebaran Coronavirus di Indonesia. Konsep physical distancing yang sudah dilakukan oleh negara-negara lain untuk mencegah Covid-19 ini berbeda-beda tergantung dari partisipasi dan kepatuhan warga negaranya. Bagaimana dengan Indonesia? Apakah hasil PSBB sudah sesuai yang diharapkan?

PSBB di DKI Jakarta

hasil PSBB
Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (14/4/2020). (Sumber: Kompas.com)‌‌

DKI Jakarta adalah provinsi pertama di Indonesia yang menerapkan PSBB. Perkembangan kasus positif telah mengalami perlambatan. Hal ini dikemukakan oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo kepada Kompas pada 27 April 2020. Beliau mengungkapkan bahwa kurva yang menjadi flat sehingga hal ini menunjukkan penerapan PSBB telah berjalan dengan baik. Dengan sedikitnya kontak antar manusia, penyebaran virus juga melambat, Pins. Pemerintah juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik supaya PSBB dapat berjalan efektif. Teruntuk sobat Pins yang sudah rindu rumah, rindunya ditahan dulu ya sementara!

PSBB di Jawa Barat

hasil PSBB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat melihat dua alat pendeteksi Covid-19 buatan ilmuan Jabar di FMIPA Unpad, Bandung, Kamis (14/5/2020). (Sumber: Kompas.com)

Senada dengan DKI Jakarta, PSBB di Jawa Barat juga berhasil menurunkan angka positif Covid-19. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil juga mengungkapkan adanya peningkatan kesembuhan dari pasien-pasien positif Covid-19. Kabar baik untuk sobat Pins yang berasal dari Jawa Barat!

PSBB di Jawa Timur

hasil PSBB
Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim dr. Joni Wahyuadi (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)

Dilansir dari detik.com, penerapan PSBB di Sidoarjo dan Gresik dinilai lebih berhasil daripada di Surabaya. Angka kasus positif di Sidoarjo dan Gresik cenderung lebih menurun atau flat, lho Pins. Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Jatim dr. Joni Wahyuadi juga menghimbau untuk menggencarkan PSBB yang lebih disiplin lagi di Surabaya.

PSBB di Sulawesi Selatan

hasil PSBB
Petugas berjaga di perbatasan Kabupaten Gowa-Kota Makassar saat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hari pertama, Senin (4/5/2020). (Sumber: Bisnis.com)

Selama 12 hari penerapan PSBB di Makassar (24 April – 5 Mei) ada penambahan sebanyak 133 kasus positif Covid-19. Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengakui tingkat kepatuhan masyarakat selama PSBB masih sangat rendah.

Perlu Evaluasi

Selain DKI Jakarta, ada 4 provinsi dan 72 kabupaten/kota yang juga menerapkan PSBB, sobat Pins! Hasilnya, ada beberapa wilayah yang berhasil menekan jumlah pasien positif, ada juga yang tidak. Hal ini dapat disebabkan karena perbedaan kebijakan tiap daerah yang menerapkan aturan-aturan berbeda dalam pembatasan kegiatan masyarakat.

Dari TNI Sampai Menteri

Sobat Pins tahu gak kalau Gugus Tugas Covid-19 melibatkan banyak pakar dari berbagai latar belakang, lho! Diketuai oleh Doni Monardo yang juga merupakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Negara, Gugus Tugas Covid-19 juga diisi oleh menteri-menteri terkenal Indonesia seperti Sri Mulyani, Mahfud MD, dan lain-lain. Selain itu Polri dan TNI juga turut serta ikut membantu.

Akan tetapi, gerakan pemerintah tidak akan bisa berjalan dengan baik kalau kita sebagai masyarakat tidak turut serta kompak menjalankan PSBB atau karantina mandiri, sobat Pins! Ayo bersama-sama menjadi pribadi yang disiplin, rajin mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak aman antar individu untuk memperlambat penyebaran virus ini!

Buat sobat Pins yang bosan berdiam diri di rumah, kamu bisa loh buat kegiatan seperti mendekorasi ulang rumah kamu atau beberes rumah. Sebaiknya tetap #DiRumahAja ya Pins.

Baca juga: Mengenal Apa itu PSBB

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel