BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Kelebihan dan kekurangan Rumah Atap Asbes
0
0

5 Kelebihan dan kekurangan Rumah Atap Asbes

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Mar 31, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
bahaya asbes untuk kesehatantop-right-banner

Di Indonesia, rumah atap asbes masih menjadi favorit masyarakat. Selain karena mudah didapatkan, harga abses juga murah dan serbaguna untuk dipakai di berbagai bangunan. Tapi meski mempunyai berbagai kelebihan, rumah atap asbes juga mamiliki kekurangan loh.

Asbes adalah salah satu bahan yang datang dari mineral alami. Sifatnya dibanding bahan mineral lainnya pun cukup unik. Asbes mampu menyerap suara, api, panas, anti listrik dan bahan kimia, fleksibel dan kuat. Tak heran, asbes menjadi bahan primadona yang digunakan tidak hanya pada rumah. Namun juga bangunan, ruko hingga instalasi listrik. 

Berikut ini kelebihan dan kekurangan rumah atas asbses.

Baca Juga:

Harga yang Terjangkau

Rumah atap asbes
Source : Selera

Jika dibandingkan material lain seperti baja ringan, rumah atap asbes jauh lebih murah. Harga atap yang lebih terjangkau inilah menjadi alasan mengapa asbes sering dipilih ketimbang bahan bangunan lainnya. Biasanya, asbes putih yang paling sering digunakan pada hunian. Tipe asbes inilah yang termasuk paling tidak berbahaya dibanding jenis lainnya. Asbes putih sendiri merupakan pencampuran serat mineral dan semen.

Baca Juga:

Lebih Ringan dan Mudah Dalam Pemasangan

Asbes juga memiliki bahan yang jauh lebih ringan dibandingkan material lain. Hal ini membuat pemasangannya jauh lebih mudah karena tidak diperlukan banyak penyangga. Jika menggunakan material lain Pins membutuhkan penyangga setiap 30 centimeter. Maka dengan asbes jarak antar penyangga 1 meter saja.

Baca Juga:

Penyekatan yang Tak Sempurna

Rumah atap asbes
Source : TribunNews

Ketika Pins menggunakan asbes, penyekatan di rangka atap kerap kali tidak sempurna. Hal ini akan menyebabkan air mengalir ke arah yang tidak seharusnya ketika hujan. Penumpukan air secara terus menerus inilah akan memunculkan jamur. Penyekatan yang tak sempurna juga bisa menjebak air di tempat yang tak terjangkau dalam waktu lama.

Baca Juga:

Embun dari Dapur

rumah atap asbes
Source : Lamudi

Proses memasak, uap panas yang tercipta saat Pins merebus air dan memasak makanan bisa berdampak pengembunan pada asbes. Pengembunan ini akan berdampak munculnya jamur pada asbes.

Baca Juga:

Kurangnya Ventilasi

Rumah atas abses
Source : Lamudi

Kekurangan lainnya jika menggunakan asbes adalah kurangnya ventilasi udara yang tercipta. Padahal ruang ventilasi ini bertujuan untuk mengurangi resiko munculnya jamur pada atap ruamh Pins. Tidak hanya membayakan kestabilan struktur bangunan dan rumah.

Munculnya jamur pada atap asbes dapat mempengaruhi kesehatan Pins dan orang-orang terdekat. Karena jamur yang muncul pada asbes tergolong jamur beracun. Artinya, jamur ini memproduksi spora kecil yang dapat berpindah melalui udara dan tak akan bisa dilihat dengan mata telanjang.

Baca Juga:

Tips Meminimalisir Resiko

Beberapa area rumah seperti dapur, kamar mandi dan tempat mencuci menjadi daerah yang paling rawan tumbuhnya jamur. Ikuti lang-langkah ini unutuk meminmalisir resiko dan menjaga kesehatan rumah Pins.

  • Pengecekan pada keretakan, kebocoran dan kekuatan atap asbes secara berkala.
  • Pastikan tersedia ventilasi yang cukup pada rumah kamu agar kelembaban bisa dihindari, misalnya dengan menambahkan turbin ventilator.
  • Buka pintu dan jendela secara berkala agar sinar matahari bisa masuk. For your information, sinar matahari menjadi agen pembunuh bakteri alami yang sangat ampuh loh.
  • Nyalakan fan setiap kali menggunakan kamar mandi untuk menghindari munculnya jamur.

Segera ganti bahan asbes jika dirasa sudah sesuai dengan kemampuan, waktu dan tenaga yang Pins miliki. Tak ada salahnya untuk mulai mencari referensi bahan terbaik apa yang cocok digunakan sebagai pengganti asbes di rumah Pins. Bahkan, Pins bisa mencoba membuat atap go green agar lingkungan rumah lebih sehat.

Itulah kelebihan dan kekurang rumah atap asbes. Semoga artikel ini bisa menjadi pertimbangan untuk hunian Pins. 

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download