Pinhome

Tips Properti

Pelajari Fungsi Atap Asbes untuk Membangun Rumah

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 22 April 2020 ∙ 3 menit membaca

Selain genteng, seringkali orang menggunakan asbes sebagai atap rumah mereka. Sama seperti genteng, asbes memiliki fungsi yaitu melindungi penghuninya dari panas dan hujan. Pasti Pins sudah sering mendengar soal asbes ini kan? Untuk tahu lebih dalam, yuk pelajari tentang fungsi atap asbes!

Pinhome – Jenis atap ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain karena harganya murah, bahan asbes ini mudah dicari dan kuat sehingga kerap menjadi pilihan masyarakat. Walaupun memiliki kelebihan, atap asbes juga memiliki kelemahan. Namun sebelum itu, mari pelajari apa itu atap asbes.

Apa itu Atap Asbes?

Asbes terbuat dari semen atau fiber. Asbes berbentuk lembaran tipis yang bergelombang dengan berbagai ukuran. Ukuran panjang dan tebalnya pun bermacam-macam. Atap jenis ini menyerap sinar matahari dan tidak memantulkannya. Asbes umumnya dijadikan sebagai atap garasi, tapi banyak juga yang menggunakannya sebagai atap rumah tinggal.

Apa sih kelebihan dari asbes?

Kelebihan yang membuat asbes paling banyak dipakai adalah harganya yang murah sehingga terjangkau oleh semua kalangan. Asbes juga sangat mudah ditemukan di toko material mana pun. Kelebihan lainnya adalah bobot asbes yang ringan sehingga mudah saat dipasang. Selain itu, asbes juga mudah dibersihkan serta tahan terhadap segala kondisi cuaca dan tahan terhadap serangga.

Apa kelemahannya?

Seperti yang dikatakan di awal, bahwa atap asbes tidak mampu memantulkan sinar matahari dan justru menyerapnya. Ini dapat menyebabkan penghuni rumah beratap asbes kepanasan di dalamnya. Jadi, asbes tidak direkomendasikan untuk rumah yang berada di daerah yang panas. Selain itu, asbes sangat rapuh dan mudah sekali pecah atau robek saat dipasang karena berbentuk lembaran panjang dan tipis.

Selain fakta di atas, atap asbes ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan loh Pins! Asbes terdiri dari partikel mikro yang tidak terlihat di udara sehingga dapat memicu kanker paru-paru dan penyakit lainnya. Bila kita menggunakan atap asbes sebagai atap rumah, ada kemungkinan kita menghirup zat asbes yang sangat kecil. Mungkin Pins tidak merasakan apa-apa; namun efeknya akan muncul setelah berpuluh-puluh tahun kemudian.

Baca juga: Kenali Bahaya Asbes Untuk Kesehatan Kamu


Sebaiknya Pins menghindari penggunaan atap asbes. Pins bisa menggunakan atap berbahan bitumen dan semen fiber. Bitumen adalah atap berbahan aspal dan serat selulosa yang terbuat dari kayu. Bitumen memiliki bobot yang cukup ringan, tidak berisik, tahan lama, dan tidak panas.

Sedangkan semen fiber terbuat dari campuran semen dengan bahan penguat dan serat mineral fiber. Atap jenis ini dikenal dengan kekuatannya yang tidak mudah lapuk, lembab, dan bocor. Kedua bahan ini bebas dari zat asbes tentunya lebih ramah lingkungan.


Itulah beberapa informasi mengenai apa itu atap asbes untuk membangun rumah. Semoga bermanfaat ya Pins.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel