Pinhome

Tips Properti

Pelajari Cara Mengurus Izin Mendirikan Bangunan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Penting bagi Pins untuk mempelajari cara mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Apalagi jika Pins ingin memiliki tempat tinggal sendiri. Kenapa? Yuk, kita bahas sama-sama apa itu IMB, cara mengurusnya, dan apa saja keuntungannya!

Pada dasarnya IMB diperlukan dalam membangun bangunan, tapi ternyata tidak semua bangunan perlu IMB loh, Pins.

Apa Yang Dimaksud Dengan IMB?
IMB adalah izin yang diberikan oleh Kepala Daerah untuk membangun, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai persyaratan administratif dan teknis yang berlaku. Punya IMB itu wajib loh hukumnya, Pins!

Tapi kita gak perlu punya IMB kalau hanya melakukan pemeliharaan dan perawatan bangunan biasa, atau jika kita hanya membangun kandang binatang atau bangunan di halaman belakang, bahkan jika kamu membangun bangunan bawah tanah. Selain itu, perbaikan yang ditentukan Gubernur/Kepala Daerah juga gak perlu IMB, Pins.

Selain hal-hal yang disebutkan di atas, kamu wajib punya IMB. Dengan adanya IMB, selain bangunan yang kamu bangun menjadi legal, tata ruang kota juga jadi teratur. Kalau kotamu memiliki bangunan yang teratur, aman, dan nyaman, pasti jadi terlihat cantik, bukan?

Cara Mengurus IMB
Mengurus IMB tidak sesulit yang kita bayangkan. Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan dan sejumlah biaya yang harus dibayarkan untuk biaya pengurusan IMB. Jangka waktu mengurus proses IMB bervariasi, tergantung dengan kebijakan daerah dan kelengkapan berkas.

Renovasi signifikan dan berdampak pada lingkungan yang kita lakukan pada rumah/bangunan juga perlu memperbaharui IMB yang sebelumnya. Misalnya perubahan fungsi rumah menjadi toko, dan sebagainya.

Kalau rumah/bangunan tidak sesuai dengan IMB, kita bisa diberikan surat penertiban atau peringatan, Pins. Paling buruknya, jika surat dan sanksi telah diberikan, pemerintah bisa membongkar paksa bangunan dan memberikan sanksi administrasi dan pidana. Tentunya kita semua gak mau hal itu terjadi, kan? Makanya langsung urus IMB yuk di Dinas Pekerjaan Umum.

Baca Juga: Ingin Bangun Rumah? Simak Apa Saja Syarat Izin Mendirikan Bangunan di sini

Keuntungan Mengurus IMB
Kenapa sih kita repot-repot mengurus IMB? Jangan salah, punya IMB banyak keuntungannya, lho Pins!

Kalau rumah yang ingin dibangun atau dibeli punya IMB, rumah itu akan memiliki nilai jual lebih tinggi dan status tanah yang meningkat. Kenapa? Karena dengan adanya IMB, rumah atau tanah itu sudah jelas statusnya di mata hukum. Jadi jika seandainya ada masalah atau sengketa, status rumah atau tanah kamu sudah jelas.

Pengajuan KPR pun akan lebih mudah disetujui oleh bank dengan adanya IMB. Informasi peruntukan dan rencana jalan juga akan diinfokan kepada kita, sebagai pemilik bangunan dengan IMB yang berlaku.


Itulah pembahasan singkat dari Pinhome seputar IMB. Semoga bisa membantu kita dalam mengurus IMB ya! Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel