Pinhome

Berita Pinhome

Pelajari Cara Membuat Akta Kelahiran

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Akta kelahiran merupakan dokumen penting yang harus kita miliki dan wajib dibuat saat lahir, Pins. Akta kelahiran merupakan dokumen identitas asli mengenai status seseorang dan bukti kewarganegaraan yang bersangkutan. Nah, bagi Pins yang sudah menikah dan berencana memiliki anak, penting bagi Pins untuk mempelajari cara membuat akta kelahiran.

Jika selama ini Pins belum pernah bertanya kepada orangtua tentang bagaimana mengurus dokumen administratif termasuk KTP, jangan khawatir! Pinhome akan memberikan ulasan tentang bagaimana cara membuat akta kelahiran.

Mengenal Akta Kelahiran

Akta kelahiran sendiri dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pins. Akta ini wajib dimiliki setiap orang sebagai bukti sah status di sebuah negara. Untuk persyaratannya, bisa di cek di Disdukcapil setiap daerah. Sebagai contoh Disdukcapil Jakarta membuka layanan untuk akta kelahiran di kantor kelurahan. Namun permohonan pencatatan aktanya bisa dilakukan di dinas, suku dinas, seksi disdukcapil, puskesmas, rumah sakit dan loket pelayanan lainnya.

Perlu diingat, Pins, kamu harus melakukan ini paling lambat 60 hari setelah tanggal kelahiran. Hal ini  sesuai dengan Undang-undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Berapa lama prosesnya dan apakah ada biayanya?

Proses Penerbitan Kutipan Akta Kelahiran pada Instansi Pelaksana (Disdukcapil) paling lambat 14 hari kerja, Pins. Dan penerbitan akta kelahiran tidak dipungut biaya apapun atau gratis.

Sementara untuk pembuatan akte kelahiran warga Jakarta, cukup mudah karena bisa menggunakan aplikasi Sistem Integrasi Layanan Kependudukan (si Dukun) 3 in 1, Pins. Aplikasi andalan dari Pemda DKI akan mempermudah kamu untuk mendapatkan 5 dokumen kependudukan, yaitu:

  1. Kartu Keluarga yang telah diperbaharui
  2. Nomor Induk Kependudukan
  3. Akta Kelahiran
  4. Kartu Identitas Anak
  5. e-ID BPJS Kesehatan.

Untuk pengurusan pendaftaran akta kelahiran melalui melalui aplikasi Sistem Integrasi Layanan Kependudukan (si Dukun) 3 in 1, pada dasarnya akan terbagi menjadi 4 tahap.

Tahap pertama : pengisian formulir dan pengumpulan syarat oleh pelapor.

  1. Pemohon (orang tua dari bayi) mengisi formulir yang sudah disediakan pihak Puskesmas, RS atau Klinik
  2. Mengumpulkan syarat sebagai berikut:
  • Kartu Keluarga Asli
  • Fotokopi akta nikah orangtua 1 lembar
  • Fotokopi KTP orangtua 1 lembar
  • Fotokopi KTP 2 orang saksi 1 lembar

Tahap kedua: dari Pihak Puskesmas, RS atau Klinik akan menginput data ke aplikasi Si Dukun 3 in 1.

  1. Puskesmas, RS atau Klinik menerima persyaratan pemohon
  2. Data pemohon akan diinput melalui aplikasi Si Dukun 3 in 1
  3. Berkas akan di scan, kemudian akan diunggah melalui aplikasi tersebut.

Tahap Ketiga: Dukcapil akan memverifikasi kelengkapan pemohon yang diinput pihak Puskesmas, RS atau Klinik

  1. Proses verifikasi oleh Dukcapil untuk data inputan dari Puskesmas, RS atau Klinik
  2. Proses verifikasi data unggahan persyaratan pemohon
  3. Dukcapil akan memproses dokumen kependudukan, yakni NIK, KK, Akta Kelahiran, KIA, No ID Kepesertaan BPJS Kesehatan bagi bayi
  4. Dukcapil akan mengirim dokumen kependudukan ke Puskesmas, RS atau Klinik.

Tahap Keempat: semua proses selesai

Proses selanjutnya adalah pemohon akan menerima 5 dokumen kependudukan dari Puskesmas, RS, atau Klinik.

Mengutip laman resmi dukcapil, saat ini, sudah terdaftar 116 fasilitas kesehatan (faskes) terintegrasi dengan aplikasi Si Dukun 3 in 1 Dukcapil Pemprov DKI Jakarta. Untuk rinciannya terdiri dari 9 Puskesmas Kelurahan, 43 Puskesmas Kecamatan, 30 RSUD/RSUP, dan 34 RS dan Klinik Swasta.

Sedangkan untuk kamu yang berada di luar Jakarta, kamu bisa memperoleh pelayanan kelahiran dengan memenuhi syarat ini Pins:

a. Surat Keterangan Kelahiran dari Rumah Sakit/Dokter/Bidan/Pilot/Nahkoda

b. KK Asli dan Fotokopi bagi penduduk/SKSKPNP bagi penduduk non permanen;

c. KTP Asli dan Fotokopi untuk Orang tua/SKDS/Surat Keterangan Pelaporan Tamu;

d. Surat Nikah Asli dan Fotokopi dari Orang tua;

e. Paspor Asli dan Fotokopi bagi Orang Asing;

f. Surat Keterangan Kepolisian untuk anak yang tidak diketahui asal-usulnya; dan

g. Surat Keterangan dari lembaga sosial untuk kelahiran anak penduduk rentan.

Setelah syarat membuat akta kelahiran lengkap dan pengajuan selesai dilakukan, kamu dapat menunggu selama 5 hari kerja.

Baca juga Syarat Membuat Akta Kelahiran, Apa Saja?

Itulah beberapa cara membuat akta kelahiran. Ingat Pins, segera daftarkan akta kelahiran, karena hal ini sangat penting sebagai bukti dari negara untuk warga negaranya. Dan untuk kamu dan keluarga, akta kelahiran ini akan digunakan untuk banyak hal. Contohnya, pengurusan paspor, pendaftaran sekolah, pembuatan KTP, dan masih banyak lagi, Pins.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel