Pinhome

Tips Properti

Pelajari Bagaimana Cara Membangun Rumah Modern

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Kini, semakin banyak orang yang menyukai rumah modern baik bercampur minimalis maupun tidak. Sehingga banyak kaum milenial yang beralih kepada konsep rumah dengan desain yang simpel namun tetap menampilkan kesan yang modern. Apakah Pins salah satunya? Yuk pelajari bagaimana cara membangun rumah modern!

Sebelum melakukan pembangunan rumah modern, ada beberapa hal yang harus Pins perhatikan terlebih dahulu. Membangun rumah bukanlah suatu hal yang murah dan mudah. Selain itu, membangun rumah akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Belum lagi apabila harus ada perbaikan untuk sampai memenuhi selera. Jadi mau tidak mau Pins harus ekstra sabar dalam membangun rumah.

Cara Membangun Rumah Modern

1. Siapkan Material yang Sesuai Konsep Rumah
Pertama-tama, Pins harus memperhatikan bahan-bahan bangunan apa yang ingin digunakan. Harga bahan bangunan saat ini yang semakin tinggi yang harus dipikirkan dengan matang. Beritahukanlah kepada arsitek rumah Pins bahwa anda menginginkan rumah dengan konsep modern namun dengan biaya yang sesuai.

Bicarakan konsep dan desain rumah Pins secara mendetil dengan arsitek (Sven Mieke/Pexels)

Lalu dalam area dalam rumah, Pins bisa menggunakan keramik berbahan granit atau marmer dengan berbagai macam warna. Jika Pins ingin yang simpel, dapat menggunakan lantai kayu. Dengan menggunakan lantai dari kayu ini, akan menonjolkan rumah yang modern dan luas, efek tersebut ditimbulkan dari warna dan garis-garis pada lantai kayu.

2. Pilihlah Juru Bangunan yang Sesuai dengan Kriteria
Untuk mewujudkan rumah modern yang sesuai dengan impian Pins, selektiflah dalam memilih juru tukang bangunan yang akan membantu Pins dalam membangun rumah. Karena mereka ini yang akan mencampurkan bahan-bahan bangunan dan membuat bangunan rumah yang tidak hanya bagus namun juga berkualitas. Sudah wajar kalau biaya yang dikeluarkan untuk membayar jasa ini menyita pengeluaran yang cukup besar. Oleh karena itu Pins harus teliti dalam memilih juru bangunan yang sesuai dengan kriteria.

Pemilihan juru bangunan yang terpercaya akan membuat proses renovasi rumah berjalan lancar (Claudio Hirschberger/Unsplash)

3. Buatlah Desain yang Sesuai dengan Konsep Modern
Untuk menampilkan rumah yang modern, Pins bisa menambahkan desain interior rumah berkonsep modern dengan permainan warna, seperti warna netral, putih, dan lain sebagainya. Namun tetap dengan melengkapinya menggunakan barang-barang yang up to date dan mungkin bisa digabungkan dengan barang-barang yang berteknologi tinggi sehingga akan menghasilkan rumah modern yang sesuai dengan impian anda.

Jangan lupa untuk perhitungkan desain dengan budget (Scott Blake/Unsplash)

4. Pastikan Luas Lahan Rumah
Selain hal-hal tadi di atas, tidak boleh lupa Pins juga harus memperhatikan luas lahan rumah yang ingin dibangun. Saat ini banyak rumah modern yang diusung di atas lahan yang tidak terlalu luas. Dengan begitu Pins juga dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Kebanyakan arsitek akan memberikan ide desain dengan bentuk bangunan yang tinggi sehingga memperlihatkan rumah dengan konsep modern.

5. Rumah Modern Memiliki Ruangan yang Multifungsi
Karena Pins ingin membangun rumah modern maka rumah yang akan dibangun harus memiliki ruangan-ruangan yang memiliki banyak fungsi selain dapat menghemat biaya pengeluaran, hal ini juga akan menonjolkan konsep modern. Sebagai contoh, ruang keluarga bisa dipadupadankan dengan ruang makan yang kemudian juga bisa ditambahkan fungsi dengan dapur bersih.

Kendati mungil, konsep open space di rumah modern memberikan kesan luas (Francesca Totolini/Unsplash)

6. Berikan Sistem Pencahayaan yang Modern
Selain menambahkan jendela yang besar, jangan lupa Pins juga harus memperhatikan sistem pencahayaannya. Pada umumnya rumah modern akan menggunakan sistem pencahayaan dengan accent lighting. Apa itu accent lighting? Accent lighting adalah sistem pencahayaan rumah dengan menggunakan lampu yang memiliki voltase rendah untuk menampilkan detail pada desain-desain yang ingin ditunjukkan. Kebanyakan sistem pencahayaan seperti ini terabaikan padahal bisa menambahkan tekstur pada interior rumah.


Nah itu tadi adalah beberapa cara membangun rumah modern. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Pins!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel