Pecahnya pertempuran Ambarawa

Dipublikasikan oleh Eka Mandala dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari ∙ November 17, 2022 ∙ 3 menit membaca

Pertempuran Ambarawa diawali dengan pendaratan tentara Sekutu di bawah pimpinan Brigadir Jenderal Bethel di Semarang pada tanggal 20 Oktober 1945. Tak beda dengan di Surabaya, Kedatangan tentara Sekutu ini semula disambut baik oleh rakyat Semarang, karena tujuannya adalah mengurus tawanan perang dan tentara Jepang yang berada di Jawa tengah. Gubernur Jawa Tengah bahkan menawarkan bantuan bahan makanan dan keperluan lain.

Insiden Bersenjata

Pihak Sekutu pun berjanji untuk tidak mengganggu kedaulatan RI. Insiden bersenjata mulai timbul di Magelang dan meluas menjadi pertempuran ketika tentara sekutu serta NICA yang membonceng membebaskan secara sepihak para interniran Belanda di Magelang dan Ambarawa.

Setelah diadakan perundingan antara Presiden Soekarno dan Brigadir Jendral Bethel, tentara Sekutu secara diam-diam kemudian meninggalkan Magelang dan mundur ke Ambarawa pada tanggal 21 Nopember 1945.

Resimen Kedu Tengah di bawah pimpinan Letnan Kolonel M. Sarbini segera mengadakan pengejaran. Gerakan mundur tentara Sekutu tertahan di desa Jambu, karena dihadang oleh pasukan Angkatan Muda di bawah pimpinan Sastrodihardjo yang diperkuat oleh pasukan gabungan dari Ambarawa, Suruh dan Surakarta.

Di desa Ngipik, tentara Sekutu kembali dihadang oleh Batalyon I Surjosumpeno. Pda saat pengunduran itu tentara Sekutu mencoba menduduki dua desa di sekitar Ambarawa. Dalam pertempuran untuk membebaskan kedua desa tersebut gugurlah Letnan Kolonel Isdiman, Komandan Resimen Banyumas.

Sehari sebelumnya telah terjadi insiden bersenjata antara rakyat dan tentara Sekutu di Ambarawa yang kemudian meluas menjadi pertempuran. Pertempuran tersebut terjadi di sepanjang rel Kereta Api yang membelah kota Ambarawa.

Pasukan Indonesia membentuk jajaran pertahanan sepanjang rel sebelah utara, sedangkan tentara Sekutu bertahan di tangsi-tangsi Militer sebelah selatan rel kereta api.

Dengan gugurnya Letnan Kolonel Isdiman, Kolonel Soedirman Panglima Divisi Banyumas, turun langsung ke medan pertempuran Ambarawa. Kehadiran Kolonel Soedirman memberikan semangat baru kepada pasukan-pasukan Indonesia.

Koordinasi diadakan di antara komandan-komandan sektor dan pengepungan terhadap musuh makin diperketat. Siasat yang diterapkan adalah serangan serentak di semua sektor pada saat yang sama. Bala bantuan terus mengalir dari Yogyakarta, Surakarta, Salatiga, Purwokerto, Magelang, Semarang dll.

Baca juga: Pertempuran 5 Hari di Semarang

pertempuran Ambarawa
pertempuran Ambarawa

TNI Mengusir Tentara Inggris

Pada tanggal 23 Nopember 1945 berlangsung tembak-menembak dengan tentara Sekutu yang bertahan di kompleks gereja dan pekuburan Belanda di Jalan Margo Agung. Tentara Sekutu mengerahkan Jepang dengan tanknya dan menyusup ke kedudukan pasukan Indonesia dari arah belakang.

Karena itu pasukan Indonesia meninggalkan kedudukannya dan pindah ke Bedono. Pada tanggal 12 Desember 1945 pasukan RI melancarkan serangan serentak. Setelah bertempur selama 4 hari pasukan-pasukan RI akhirnya berhasil menghalau pasukan tentara Inggris dari Ambarawa, mereka mundur ke Semarang.


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan BPC Unit Brand New di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Berita Pinhome
Berita Pinhome Tips Bisnis Properti dan Cara Dapat Bonus dari Transaksi Jual Rumah untuk Agen Properti

Jakarta, 31 Januari 2023 - Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prope

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Desain Tampak Depan Rumah Mewah untuk Hunian Idamanmu

Menentukan desain rumah bisa sangat menyita waktu dikarenakan adanya banyak pertimbangan. Pertimban

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia