Pinhome

Pecahnya pertempuran Ambarawa

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 14 February 2014 ∙ 3 menit membaca

Pertempuran Ambarawa diawali dengan pendaratan tentara Sekutu di bawah pimpinan Brigadir Jenderal Bethel di Semarang pada tanggal 20 Oktober 1945. Tak beda dengan di Surabaya, Kedatangan tentara Sekutu ini semula disambut baik oleh rakyat Semarang, karena tujuannya adalah mengurus tawanan perang dan tentara Jepang yang berada di Jawa tengah. Gubernur Jawa Tengah bahkan menawarkan bantuan bahan makanan dan keperluan lain.

Insiden Bersenjata

Pihak Sekutu pun berjanji untuk tidak mengganggu kedaulatan RI. Insiden bersenjata mulai timbul di Magelang dan meluas menjadi pertempuran ketika tentara sekutu serta NICA yang membonceng membebaskan secara sepihak para interniran Belanda di Magelang dan Ambarawa.

Setelah diadakan perundingan antara Presiden Soekarno dan Brigadir Jendral Bethel, tentara Sekutu secara diam-diam kemudian meninggalkan Magelang dan mundur ke Ambarawa pada tanggal 21 Nopember 1945.

Resimen Kedu Tengah di bawah pimpinan Letnan Kolonel M. Sarbini segera mengadakan pengejaran. Gerakan mundur tentara Sekutu tertahan di desa Jambu, karena dihadang oleh pasukan Angkatan Muda di bawah pimpinan Sastrodihardjo yang diperkuat oleh pasukan gabungan dari Ambarawa, Suruh dan Surakarta.

Di desa Ngipik, tentara Sekutu kembali dihadang oleh Batalyon I Surjosumpeno. Pda saat pengunduran itu tentara Sekutu mencoba menduduki dua desa di sekitar Ambarawa. Dalam pertempuran untuk membebaskan kedua desa tersebut gugurlah Letnan Kolonel Isdiman, Komandan Resimen Banyumas.

Sehari sebelumnya telah terjadi insiden bersenjata antara rakyat dan tentara Sekutu di Ambarawa yang kemudian meluas menjadi pertempuran. Pertempuran tersebut terjadi di sepanjang rel Kereta Api yang membelah kota Ambarawa.

Pasukan Indonesia membentuk jajaran pertahanan sepanjang rel sebelah utara, sedangkan tentara Sekutu bertahan di tangsi-tangsi Militer sebelah selatan rel kereta api.

Dengan gugurnya Letnan Kolonel Isdiman, Kolonel Soedirman Panglima Divisi Banyumas, turun langsung ke medan pertempuran Ambarawa. Kehadiran Kolonel Soedirman memberikan semangat baru kepada pasukan-pasukan Indonesia.

Koordinasi diadakan di antara komandan-komandan sektor dan pengepungan terhadap musuh makin diperketat. Siasat yang diterapkan adalah serangan serentak di semua sektor pada saat yang sama. Bala bantuan terus mengalir dari Yogyakarta, Surakarta, Salatiga, Purwokerto, Magelang, Semarang dll.

Baca juga: Pertempuran 5 Hari di Semarang

pertempuran Ambarawa
pertempuran Ambarawa

TNI Mengusir Tentara Inggris

Pada tanggal 23 Nopember 1945 berlangsung tembak-menembak dengan tentara Sekutu yang bertahan di kompleks gereja dan pekuburan Belanda di Jalan Margo Agung. Tentara Sekutu mengerahkan Jepang dengan tanknya dan menyusup ke kedudukan pasukan Indonesia dari arah belakang.

Karena itu pasukan Indonesia meninggalkan kedudukannya dan pindah ke Bedono. Pada tanggal 12 Desember 1945 pasukan RI melancarkan serangan serentak. Setelah bertempur selama 4 hari pasukan-pasukan RI akhirnya berhasil menghalau pasukan tentara Inggris dari Ambarawa, mereka mundur ke Semarang.


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Glass House Jatiasih di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia