Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Patung Religi Berfungsi untuk Apa? Mari Simak Penjelasannya!

Lifestyle

Patung Religi Berfungsi untuk Apa? Mari Simak Penjelasannya!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 10 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Bagian dari desain interior maupun eksterior rumah beserta dekorasi menciptakan nilai estetika tersendiri dalam setiap hunian. Beberapa faktor tersebut diperlukan untuk membuat suasana rumah nyaman dan juga sedap untuk dipandang. Patung religi berfungsi untuk penghias hunian bisa juga dijadikan pilihan untuk rumah dengan desain yang elegan maupun klasik. Namun, sebenarnya fungsi patung religi dalam rumah itu apa?

Pinhome – Beberapa penghuni senang dengan dekorasi patung sebagai penghias hunian. Mayoritas memasangnya pada desain eksterior rumah sebagai bagian dari teras rumah, maupun sebagai penghias taman belakang rumah. Namun, tidak sedikit pula yang menarunya sebagai bagian dari dekorasi air mancur di hunian. Dalam kasus ini, patung religi berfungsi sebagai elemen tambahan pada rumah yang mendukung gaya arsitektur rumah agar semakin lengkap.

Baca Juga: Penasaran Bagaimana Teknik Pembuatan Patung? Yuk Intip Di Sini!

Patung Religi Berfungsi untuk Apa? Mari Simak Penjelasannya!
(failfare)

Nah, dengan beragam juga jenis patung yang memang dijual di pasaran, apa patung religi menjadi satu-satunya patung yang diminati masyarakat untuk menjadi bagian dari hunian? Kenapa harus patung religi? Terlampir penjelasan lengkap mengenai fungsi, contoh pengaplikasiannya dan cara merawat patung religi dalam hunian.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Patung Dari Sabun Batangan?

Fungsi Utama Patung Religi

Beraneka ragam jenis agama yang ada di dunia mempunyai ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah penggunaan patung religi dalam proses ibadah. Para penganut agama tersebut percaya bahwa kehadiran patung religi dalam rumah dapat membawa kebaikan pula pada hunian. Patung religi disini berfungsi untuk mempermudah proses ibadah sekaligus menambah nilai baik tersendiri bagi penghuninya.

Beberapa patung religi yang memang dibuat para pengrajin ternama juga memiliki harga yang dapat dikatakan tidak murah. Ini juga bisa menjadi penambah nilai investasi dalam hunian. Ornamen religi yang ada pada patung untuk sebagian penganut juga membawa ketenangan dalam rumah. Rumah akan semakin tenang dan penuh akan hal baik.

Jenis-Jenis Patung Religi Dunia

Untuk menambahkan patung religi dalam hunian, ada beberapa contoh menarik patung religi dunia yang dapat dibuat replika. Fungsi patung religi adalah patung yang biasanya pula menjadi simbol kepercayaan suatu daerah. Kira-kira apa saja ya patung-patung religi yang tersebar di dunia?

Tian Tan Buddha di Hongkong

Patung Religi Berfungsi untuk Apa? Mari Simak Penjelasannya!
(Twitter)

Patung Buddha menjadi salah satu patung religi yang banyak ditemukan dalam rumah penghuni. Di Amerika pun patung Buddha ditempatkan di rumah tanpa alih-alih keagamaan. Mereka percaya fungsi patung religi adalah simbol yang dapat membuat keseimbangan yang bai di dalam rumah.

Salah satu patung religi terbesar di dunia berada di Hongkong. Patung ini merupakan patung Buddha Sakyamuni yang terletak di Ngong Ping. Patung yang berbentuk seorang Buddha yang sedang duduk di atas teratai ini dikelilingi 6 patung perunggu yang melambangkan kesempurnaan.

Patung Bunda Maria di Filiphina

(Twitter)

Selanjutnya ada patung Bunda Maria. Bunda Maria menjadi salah satu patung religi yang berfungsi untuk menghadirkan simbol keagamaan yang suci yang dipercayai oleh umat Katolik sebagai makna rohani dari Bunda Yesus. Ini yang menjadikannya ada dalam setiap rumah penganut agama Katolik. 

Salah satu contoh patung terkenal dunia dengan figur Bunda Maria berada di Kota Manila, Filiphina dengan tinggi hampir 100 meter dikelilingi keindahan pantai Monte Carlo. Disini pula terdapat jadwal Misa yang dapat diikuti oleh para turis yang hadir. Kelak, turis yang hadir ke tempat ini akan dapat menyentuh puncak patung.

Patung Zeus di Olympia

patung religi berfungsi untuk
(wikipedia)

Walaupun patung religi berfungsi untuk sarana peribadatan beberapa agama, ada beberapa masyarakat pula yang hanya menginginkannya sebagai penghias rumah tanpa melihat dari segi keagamaan. Contohnya adalah patung-patung Yunani yang sudah ada dari beberapa abad yang lalu. Patung yang berbentuk layaknya manusia ini, bisa digunakan sebagai penghias taman maupun dekorasi dalam kolam.

Pins bisa mengetahui sejarah patung religi Zeus terkenal di Olympia, Yunani contohnya. Patung Dewa Zeus menjadi patung terbesar yang masuk dalam 7 keajaiban dunia kuno yang dibuat oleh ahli patung terkenal Yunani, Phidias. Walau kini keberadaannya sudah tidak bisa ditelusuri lagi tetapi karya tersebut sangat terkenal dikalangan seniman. Salah satu adaptasinya adalah patung Abraham Lincoln, Washington DC.

Cara Merawat Patung Religi

Patung religi berfungsi untuk sarana peribadatan bagi sebagian masyarakat. Tidak heran memang patung tersebut banyak dijumpai dalam hunian. Namun Pins, bila kamu ingin menempatkannya di rumah, jangan lupa untuk selalu merawatnya ya. Tips merawat patung religi dapat kamu jumpai terlampir :

  • Bersihkan dalam waktu berkala.
  • Perhatikan penempatannya, apakah berada di luar ruangan maupun dalam ruang. Ini akan mempengaruhi intensitas waktu kebersihannya. Patung yang berada di ruang outdoor akan sering terpapar cuaca yang memerlukan perawatan ekstra.
  • Selain di lap dengan bahan yang lembut, Pins bisa menggunakan kemoceng, ataupun disiram air agar semakin bersih.
  • Fungsi patung religi adalah sebagai penghias dekorasi menarik di sekitar hunian maka, Pastikan untuk menggunakan lapisan coating pada patung agar patung lebih mengkilap, tahan lama, dan sedap dipandang.

Kini Pins sudah mulai mengetahui bukan, beberapa patung religi berfungsi untuk menambah keyakinan dari para penghuninya dalam menempati suatu hunian. Patung tersebut yang dipercaya membawa kebaikan dalam rumah juga bisa ditempatkan menjadi penghias ruangan, jangan lupa untuk selalu merawatnya agar tidak cepat pudar dan berdebu.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel