Pinhome

Ciri dan Contoh Paragraf Argumentasi Paling Lengkap

Dipublikasikan oleh Cahyadi Nugraha ∙ 29 September 2016 ∙ 6 menit membaca

Paragraf argumentasi merupakan sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan menjabarkan pendapat, ulasan, bahasan, dan ide pribadi penulisnya. Tujuan dari paragraf argumentasi yaitu untuk menyakitkan serta mempengaruhi pembaca supaya memiliki pendapat yang sama dengan pendapat penulis.

Agar tujuan bisa tercapai, paragraf argumentasiperlu disertai dengan fakta-fakta aktual seperti data, hasil research, contoh, teori ahli, dan lain sebagainya.

Hal ini dilakukan untuk menguatkan pendapat yang dijabarkan dalam paragraf tersebut, sehingga pendapat Anda tidak hanya sekedar omong kosong sehingga pembaca akan merasa yakin dan sependapat dengan pemikiran Anda.

Ciri-ciri dari Paragraf Argumentasi

Paragraf Argumentasi Tentang

Berdasarkan penjelasan di atas tadi, suatu paragraf bisa dikatakan paragraf argumentasi apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini.

  1. Berisikan pendapat, pandangan, dan keyakinan si penulis terhadap permasalahan.
  2. Mempunyai data faktual yang digunakan untuk meyakinkan pembaca.
  3. Menjelaskan suatu permasalahan dengan cara menganalisa dan menganalogikan.
  4. Diakhiri dengan kesimpulan yaitu berupa pendapat yang lebih luas bukan merupakan penegasan kembali topik utama.

Jenis Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi dikelompokkan menjadi dua, yaitu berdasarkan cara pengembangan topik utama, yakni paragraf argumentasi sebab-akibat, dan paragraf argumentasi akibat-sebab.

  1. Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat

Paragraf Argumentasi Sebab-Akibat diawali dengan pendapat yang berupa sebab-sebab dari permasalahan tertentu yang akhirnya diarahkan pada satu kesimpulan umum dan disebut dengan akibat dari sebab-sebab tersebut.

  1. Paragraf Argumentasi Akibat–Sebab

Dimaknai sebagai kebalikan dari pengembangan paragraf argumentasi dan berpola sebab–akibat. Untuk paragraf argumentasi akibat-sebab pengembangannya diawali dari memaparkan suatu kondisi dan merupakan dampak dari sebuah permasalahan.

Dari sini lalu paragraf dikembangkan menuju pokok permasalahan serta menjadi pemicu ataupun penyebab munculnya kejadian tadi.

Contoh Paragraf Argumentasi

Paragraf Argumentasi

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan

Pendidikan di Indonesia saat ini masih tertinggal cukup jauh dengan pendidikan yang ada di negara-negara lain yang ada di dunia. Bahkan Indonesia sendiri masih kalah dengan negara tetangga kita, yaitu Malaysia dan Singapura dalam bidang pendidikan.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya penduduk mereka yang mengenyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Sedangkan di Indonesia, jumlah penduduk yang mengenyam pendidikan saja masih jauh tertinggal dengan negara lain, apa lagi di daerah-daerah tertinggal seperti papua, NTB, NTT, dan masih banyak lagi lainnya.

Tertinggalnya pendidikan di daerah-daerah tersebut disebabkan karena tidak meratanya pendidikan di Negara Indonesia. Pemerintah hanya membangun fasilitas pendidikan di daerah perkotaan.

Selain itu, sedikitnya jumlah guru yang ada di daerah tersebut juga ikut menciptakan semakin jauhnya akses pendidikan yang ada di daerah tersebut. Akhirnya, pendidikan di Indonesia tidak merata serta tertinggal, sehingga tidak dapat bersaing dengan negara lain yang ada di dunia.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sekolah

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sekolah

Sekolah SMAN 1 Kasih Bunda dinobatkan sebagai sekolah terbaik yang ada di Indonesia. Banyak siswa-siswi berprestasi yang dihasilkan oleh sekolah ini.

Hal ini terbukti dengan adanya juara-juara Olimpiade yang berasal dari sekolah ini. Tidak hanya itu, prestasi lain juga membanggakan selain di bidang akademik, ada bidang lain yang juga berprestasi seperti olahraga dan kesenian.

Tahun lalu sekolah ini mengirimkan 20 atlet yang mewakili Indonesia dalam ajang Sea Games serta paduan suara sekolah ini telah mengikuti kompetisi paduan suara internasional di Barcelona, Spanyol.

Prestasi yang membanggakan tersebut tidak terjadi begitu saja, namun semua itukarena kerja keras dewan guru dan juga pihak komite sekolah yang selalu berkomitmen untuk bisa menghasilkan anak didik dengan lulusan terbaik.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan

Musim kemarau sekarang ini merupakan kemarau terparah dalam 10 tahun terakhir. Hujan tidak turun selama 6 bulan menyebabkan tanah dan sumber air menjadi kering. Menurut BMKG, tahun ini diperkirakan hujan akan turun pada bulan depan.

Apabila hal itu terjadi, maka dapat dipastikan bahwa kemarau tahun ini bukanlah kemarau sebabnya terjadi selama 7 bulan. Sedangkan menurut data yang dikeluarkan oleh BMKG tahun lalu, kemarau hanya terjadi selama 5 bulan. Dengan demikian, petani banyak yang merugi karena gagal panen sebab tidak ada air yang mengairi persawahan mereka.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lalu Lintas

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lalu Lintas

Jumlah yang diakibatkan dari kecelakaan di jalan raya tahun ini terus melonjak. Bahkan lebih parah dari lima tahun terakhir. Menurut data yang dikeluarkan oleh kepolisian, tahun lalu jumlah kasus kecelakaan mencapai 4.500 kasus, dibandingkan dengan tahun ini yang telah mencapai 5.300 kasus pada H + 2 lebaran, sehingga sudah dipastikan akan semakin bertambah.

Dari 5.300 kasus tersebut, persentase yang paling banyak yakni kendaraan bermotor.Melonjaknya angka kecelakaan ini dikarenakanbertambahnya jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sosial Budaya

Perilaku remaja sekarang ini sudah keluar jauh dari nilai-nilai moral yang berlaku di masyarakat. Hal ini karena beberapa faktor seperti bebasnya budaya barat yang masuk ke Indonesia.

Budaya-budaya yang masuk tersebut dicontoh dan dijadikan suatu kebiasaan baru remaja sekarang ini, sayangnya perilaku yang ditiru yaitu perilaku buruk dari budaya barat tersebut, contohnya seks bebas, narkoba dan lain sebagainya. Faktor kedua yakni lemahnya ilmu agama yang dipunyai para remaja.

Padahal, ilmu agama sangat penting dan berguna sebab mampu mengontrol diri untuk menghindari suatu perbuatan yang buruk. Yang terakhir yaitukurangnya pengawasan dari orang tua. Orang tua sangat bertanggung jawab mengenai perilaku anak-anaknya.

Orang tua yang tidak peduli dengan anaknya dapatmenyebabkan mereka merasa tidak disayangi sehingga mereka mencari rasa sayang itu di luar. Hal tersebutlah yang bisa membuat mereka terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Akibatnya perilaku para remaja saat ini sangat bertolak belakang dengan nilai dan normayang ada.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Ekonomi

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Ekonomi

Biaya pendidikan di Indonesia saat ini cukup, bahkan sangatlah mahal. Walaupun pemerintah sudah memberikan bantuan, namun tetap saja para siswawajib membayar biaya untuk keperluan sekolah, yaitu seragam, baju, buku, dan lain sebagainya.

Mahalnya biaya pendidikan tersebut tidak hanya sebatas pada sekolah dasar saja, tetapi juga sampai di perguruan tinggi. Bahkan biaya untuk menempuh pendidikan di kampus sangat mahal karena pemerintah tidak memberikan bantuan langsung kepada perguruan tinggi yang ada.

Banyak anak yang telah lulus dari SMA lebih memilih untuk bekerja dibandingkan dengan melanjutkan ke perguruan tinggi. Sehinggapendidikan di Indonesia tidak merata dan hanya terkonsentrasi pada orang yang mampu. Sedangkan bagi orang yang kurang mampu, pendidikan tinggi hanya sebuah impian belaka.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan

Sekarang ini banyak sampah berserakan di mana-mana. Hal ini dapat kita lihat di sekeliling atau lingkungan kita. Sampah-sampah yang berserakan tersebut biasanya berasal dari orang yang tidak bertanggung jawab dan malas membuang sampah di tempatnya.

Sampah-sampah yang berserakan tersebutmenyebabkan muncul bau yang tidak sedap danmencemarkan udara sekitar. Bukan hanya itu, tumpukan sampah tadi bisa menjadi sarang dari berbagai penyakit yang berbahaya atau kronis.

Sumber dari penyakit tersebut tentunyaakan terbawa dengan udara lalu terhirup oleh manusia. Sehingga menyebabkanseseorang sakit dan bisa menular kepada orang lain yang menghirup udara tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat Anda ketahui mengenai contoh paragraf argumentasi. Semoga informasi paragraf argumentasi bisa bermanfaat.


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Maryam Residence di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia