Pantai Sawarna Banten | Foto, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Dipublikasikan oleh Pinhome dan Diperbarui oleh voni ∙ 20 January 2018 ∙ 4 menit membaca

Pantai Sawarna adalah pantai terindah di Banten. Ada cukup banyak pantai terindah yang diminati banyak wisatawan, salah satunya ialah Pantai Sawarna. Meski ada Pantai Anyer yang populer sejak lama, namun Pantai Sawarna tak kalah indahnya. Pantai ini cukup fenomenal, banyak sekali wisatawan yang datang.

Pinhome – tidak hanya dari Banten saja, banyak juga yang datang dari Jakarta, Jawa Barat, dan juga Jawa Tengah. Kepopulerannya semakin menjadi setelah foto-foto panorama keindahannya banyak yang beredar di sosial media. Sehingga menjadi ketertarikan bagi para pengguna aktif medsos untuk mengunjunginya.

Baca Juga:

Foto dan Suasana di Lokasi

Banyak dari pihak pengembang yang tertarik untuk membangun beragam jenis penginapan, mulai dari Villa, Cottage, dan juga Hotel. Ditambah lagi dengan usaha oleh agen travel dan tour yang menawarkan paket wisata di sana.

(Jalanbareng.com)

Sawarna diambil dari nama Desa setempat, yaitu Desa Sawarna. Adapun Pantai Sawarna sendiri merupakan hamparan pesisir pantai yang menuju ke Pantai Pulo Manuk hingga smapai Pantai Karang Taraje. Jadi, Pantai Sawarna ini terdiri dari beragam Pantai di Desa Sawarna, yaitu meliputi Pantai Tanjung Layar, Pantai Ciantir, Pantai Legon Pari, Pantai Pulau Manuk, dan Pantai Goa Langir. Selain itu, di kawasan ini juga ada objek wisata menarik, yaitu Goa Lalay atau Goa Kelelawar.

pantai sawarna Banten
(IDNTimes.com)

Sejarah tentang Desa Sawarna tak luput dari Jean Louis Van Gogh yang merupakan sepupu dari penulis legendaris dunia Vincent Van Gogh. Dialah yang membuka perkebunan kelapa seluas 54 hektar di kawasan Pantai Tanung Layar dan Pantai Ciantir. Dia mempekerjakan warga pribumi di daerah sekitar.

(Hargakamar.com)

Sehingga kini menghasilkan perbedaan logat bahasa dalam percakapan sehari-hari, dalam bahasa Sunda “Sorana” berarti “Suaranya” yang kemudian dijadikan sebagai nama tempat dengan sebutan Sawarna. Ternyata ada juga yang mengatakan bahwa kata “Sawarna” ini diambil dari kata “Swarna” yaitu oleh ketua Desa setempat pada tahun 90-an. Selain itu juga ada yang mengatakan bahwa “Sawarna” diabil dari bahasa Sundah yang berarti “Satu Warna”, dimaksudkan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut masih satu warna atau satu golongan, yaitu masyarakat Sunda.

Baca Juga:

Beragam Objek Wisata di Pantai Sawarna

pantai sawarna Banten
(Penginapan.net)

Kawasan wisata Sawarna ini luasnya sekitar 2.500 hektar dengan hamparan pantai sepanjang 65 km. Adapun Desa Sawarna ini berada di ketinggian sekitar 10 Mdpl, dengan kondisi alam yang masih sangat alami. Suasananya tenang, pemandangan alam begitu indah dan memanjakan mata. Berbagai objek wisata yang bisa kamu jumpai di kawasan Sawarna ini antara lain sebagai berikut :

1. Pantai Tanjung Layar

2. Pantai Ciantir

3. Pantai Karang Teraje

4. Pantai Lagon Pari

5. Pantai Karang Bereum

6. Pantai Goa Langir

7. Pantai Pulo Manuk

8. Bukit Cariang

Alamat dan Rute Pantai Sawarna Banten

Lokasi Pantai Sawarna ini terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Pesona pantai ini tidak diragukan lagi keindahannya, benar-benar eksotis dan mempesona. Maka tak heran bila banyak yang berbondong-bondong mendatanginya. Bila dari Jakarta, maka menuju ke lokasi dengan melewati Serang Timur, kemdian Pandeglang, kemudian melewati Malimping, lanjut menuju Bayah, selanjutnya sampai ke kawasan Sawarna. Google Map.

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna Banten

Adapun harga tiket masuk Pantai Sawarna sangat murah, cuma Rp 5.000/orang. Dengan harga tersebut kamu sudah bisa menikmati indahnya panorama alam di sana.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.