Pinhome

Lifestyle

Pantai Nyang Nyang Bali

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 14 June 2021 ∙ 11 menit membaca

Pantai Nyang Nyang adalah tempat wisata yang keberadaannya bisa dibilang masih tersembunyi. Lokasinya terletak sebelum Pura Uluwatu di sebelah selatan Pulau Bali. Akses jalan menuju ke sana sangat sulit sehingga tempat ini jarang dikunjungi orang sehingga suasanya masih terasa alami. Ada berbagai ciri khas yang hanya dimiliki oleh pantai ini sehingga Anda tidak akan menyesal jika datang kemari.

Salah satu hal yang membuat Pantai Nyang Nyang menarik untuk dikunjungi adalah ombaknya yang cocok untuk kegiatan selancar. Jadi, para peselancar terkadang rela untuk menempuh akses jalan yang sulit agar bisa menikmati kegiatan surfing dengan baik. Tak heran jika menuju kemari, Anda akan menemukan papan kecil yang menjelaskan bahwa tempat ini adalah spot untuk berselancar.

Selain berselancar, ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan di sini. Walaupun perjalanan kemari amat sulit sehingga  jarang dikunjungi orang, keindahan ombak dan suasana alaminya bisa dinikmati sepuasnya. Pesona eksotis yang ditawarkan tempat ini akan membuat Anda betah berlama-lama dan ingin kembali lagi di lain hari. Hal inilah yang menjadi keunggulan pantai-pantai yang ada di Pulau Bali.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nyang Nyang Bali

panorama pantai nyang nyang bali
Foto: Milan G

Pantai Nyang Nyang memiliki daya tarik berupa keindahan alam yang masih terjaga karena jarang dikunjungi orang. Hal ini menjadi ketertarikan bagi siapapun yang ingin menikmati keasrian dari sebuah tempat wisata. Dengan suasana yang relatif sepi, Anda bisa menikmati keindahan pantai ini dengan tenang dan damai.

Suasana Pantai yang masih Alami dan Asri

Seperti yang sudah diketahui, Pantai Nyang Nyang memiliki keunggulan utama berupa suasananya yang masih sangat alami. Keasriannya masih sangat terjaga karena tempat ini jarang dikunjungi orang. Pasir putihnya yang masih kasar bisa menjadi terapi alami untuk kaki. Selain itu, tempat ini juga berbatasan langsung dengan Samudra Hindia sehingga panoramanya semakin terlihat indah dan menarik.

Tempat ini memiliki struktur yang landai dengan pasir putih. Banyak batu karang tersebar dimana-mana yang berfungsi untuk memecah ombak. Di tempat ini ada juga kulit kerang warna-warni yang semakin mempercantik pemandangannya. Hal ini membuktikan bahwa tempat ini masih terjaga keasrian dan kebersihannya sehingga nyaman untuk dikunjungi.

Keindahan alami dari tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan berwisata ke tempat yang masih asri dan sepi, Seluruh panca indra Anda akan benar-benar dimanjakan dengan keindahan yang dimilikinya. Menghabiskan waktu dengan bersantai atau berjalan-jalan di pinggir laut menjadi hal yang menarik untuk dilakukan begitu tiba di sini.

Ombak Lautan Alami yang Cocok untuk Berselancar

Salah satu keunggulan Pantai Nyang Nyang adalah besarnya ombak yang sangat cocok untuk kegiatan surfing atau berselancar. Hal inilah yang menjadi daya tarik tempat ini bagi para peselancar. Banyak peselancar yang rela untuk bersusah payah datang kemari hanya untuk mencoba untuk surfing dengan nyaman di ombaknya.

Selain ombak besarnya yang cocok untuk berselancar, tempat ini juga bisa digunakan untuk bersantai menikmati keindahan ombaknya. Walaupun ombaknya besar, terdapat batu karang alami yang tersebar dimana-mana sebagai pemecah ombak. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dan takut pada ombak di sini karena sudah terlindungi secara alami.

Samudra Hindia yang Mempesona

Samudra Hindia juga menjadi daya tarik tersendiri karena berbatasan langsung dengan Pantai Nyang Nyang. Pemandangannya sangat indah jika dilihat secara langsung dari sini. Indahnya warna biru laut bercampur pantulan cahaya matahari membuat Samudra Hindia menjadi lebih indah dan menarik. Anda akan betah berlama-lama di sini untuk menikmati panoramanya.

Samudra Hindia juga akan terlihat indah saat matahari akan terbenam. Kerlap-kerlip pantulan cahaya matahari terbenam pada air laut semakin mempercantik suasana. Anda harus mencoba dan menikmati secara langsung momen ini yang akan menimbulkan kesan tersendiri . Selain itu, Anda juga bisa memotret suasana yang sangat indah ini untuk diabadikan dan dibagikan ke medis sosial pribadi.

Berbagai Satwa yang Menunjukkan Ciri Khasnya

Ekosistem yang ada Pantai Nyang Nyang juga masih terjaga dengan baik karena tempat ini jarang dikunjungi orang. Ada berbagai satwa yang hidup di sini. Salah satunya adalah penyu yang sering menjadikan pasir di tempat ini sebagai media untuk bertelur. Anda sangat beruntung jika bisa menyaksikan penyu di sini karena saat ini satwa tersebut mulai jarang ditemukan di mana-mana.

Selain penyu, terdapat juga kawanan sapi yang merumput di area lapangan tempat ini. Ada juga kawanan monyet yang masih bebas berkeliaran di area pepohonan. Hal ini unik dan menarik karena hewan-hewan tersebut jarang ditemukan di dekat laut. Anda bisa mencoba memotret hewan-hewan ini dari berbagai sudut atau angle yang berbeda sehingga menarik untuk dibagikan ke media sosial pribadi.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Nyang Nyang Bali

aktifitas pantai nyang nyang bali
Foto: Jefri Yunikson Beeh

Berjalan kaki menikmati panorama pantai

Berjalan kaki di sepanjang Pantai Nyang Nyang merupakan hal yang sudah seharusnya dilakukan ketika tiba di sini. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui tempat ini secara detail dan semakin menikmati keindahannya. Anda akan merasa puas setelah berjalan kaki di area ini karena rasa lelah ketika menuruni bukit akan terbayarkan dengan keindahannya.

Hal lain yang membuat tempat ini menarik untuk berjalan-jalan adalah area lapangan hijau yang terletak di dekat bukit. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir terkena ombak ketika sedang jalan kaki karena sudah ada batu karang yang secara alami berfungsi untuk memecahkannya. Jadi, Anda bisa berjalan kaki dengan nyaman di sini.

Menikmati indahnya matahari

Suasana Pantai Nyang Nyang akan lebih indah dan eksotis jika matahari sudah mulai muncul. Anda akan menikmati pantulan cahaya matahari di lautan Samudra Hindia yang biru. Hal ini tentu akan sangat menarik untuk dinikmati berlama-lama di sini. Jika cuaca sedang cerah, panorama birunya langit yang berpadu dengan Samudra Hindia akan semakin menyenangkan untuk dipandang berlama-lama di sini.

Terbenamnya matahari juga membuat tempat ini menjadi sangat indah. Anda bisa menyaksikan bagaimana perubahan langit dari siang menuju malam. Warna jingga kemerah-merahan yang menghiasi langit menjadi kenikmatan tersendiri. Momen ini sangat pas jika digunakan untuk kegiatan memotret ataupun melakukan swafoto. Berbagai foto dengan latar menarik bisa diabadikan dari momen seperti ini.

Berselancar di ombak yang besar

Ombak yang besar di Pantai Nyang Nyang memang sangat cocok digunakan untuk berselancar. Hal ini yang menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini. Bagi Anda yang merupakan peselancar, ombak di tempat ini harus dicoba untuk kegiatan surfing agar bisa dirasakan sensasinya. Ombak besar disertai dengan angin yang sedikit kencang tentu akan memacu adrenalin dalam tubuh.

Tempat penyewaan papan selancar juga tersedia di tempat ini. Hal ini tentu sangat memudahkan bagi Anda yang tidak ingin repot-repot membawa papan selancar naik turun bukit untuk pergi ke sini. Jadi, fasilitas untuk berselancar di tempat ini bisa dikatakan cukup lengkap.

Bermain paralayang di bukit

Salah satu kegiatan yang memacu Adrenalin ini ternyata juga bisa dilakukan di Pantai Nyang Nyang. Adanya bukit yang berada sebelum masuk ke tempat ini memungkinkan untuk dijadikan sarana kegiatan paralayang. Melakukan paralayang dengan diiringi panorama Samudra Hindia yang cantik tentu akan menjadi pengalaman berbeda dan sulit untuk dilupakan.

Bermain sepak bola atau olahraga lain di pantai

Tempat ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu adanya lapangan rumput hijau yang terletak di balik bukit. Lapangan inilah yang menarik karena jarang ditemui di pantai-pantai lain. Anda bisa melakukan berbagai macam olahraga di sini. Olahraga sepak bola adalah hal yang sangat cocok apabila dilakukan di sini. Suasana pantai akan menimbulkan sensasi tersendiri ketika sedang asyik bermain bola.

Selain bermain sepak bola, berbagai olahraga lain juga cocok untuk dilakukan di sini. Salah satunya adalah voli pantai. Olahraga ini bisa dilakukan di area pasir maupun lapangan rumput. Hal inilah tentu akan sangat menarik bagi siapapun yang menggemari voli pantai.

Memotret satwa yang ada di pantai

Ekosistem yang ada di Pantai Nyang Nyang masih terjaga dengan baik. Oleh karena itu, ada berbagai hewan yang dapat ditemukan di sini. Salah satunya adalah penyu yang sering bertelur di area pasir. Memotret penyu adalah hal yang menarik dan menyenangkan. Anda bisa memotret binatang tersebut sekaligus memperhatikan bagaimana cara bertelurnya.

Fasilitas yang Tersedi di Pantai Nyang Nyang Bali

fasilitas pantai nyang nyang bali
Foto: Valeria Marcu

Fasilitas yang ada di Pantai Nyang Nyang cukup lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke sini. Terdapat berbagai fasilitas seperti: kamar mandi, toilet, rumah makan, penjual oleh-oleh dan sebagainya dengan harga terjangkau. Jadi, Anda bisa menikmati pantai ini dengan nyaman karena segalanya sudah tersedia dengan lengkap.

Harga Tiket Masuk Pantai Nyang Nyang Bali

Untuk masuk ke area Pantai Nyang Nyang, Anda tidak akan dipungut biaya sama sekali. Anda bisa memasuki destinasi wisata ini dengan gratis apabila berjalan kaki. Selain itu, di pintu masuk terdapat area parkir yang luas sebelum menaiki bukit jika ke sini menggunakan sepeda motor atau mobil. Harga parkirnya sangat terjangkau. Tiap sepeda motor hanya dikenai 2000 rupiah dan mobil hanya dikenai 5000 rupiah.

Walaupun di sana tidak dikenakan tiket masuk, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan jika ingin menikmati berbagai fasilitas yang sudah disediakan di sini. Jika ada ingin berselancar tetapi tidak membawa papan selancar maka benda tersebut bisa disewa di sini. Terdapat tempat penyewaan papan selancar bagi siapapun yang ingin segera melakukan kegiatan surfing di sini.

Selain itu, di Pantai Nyang Nyang juga terdapat fasilitas untuk kegiatan paralayang. Lokasinya yang berada di balik bukit membuat tempat ini bisa dijadikan untuk landasannya. Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mencoba kegiatan ini. Hal ini wajar dikarenakan untuk membangun dan menyediakan berbagai sarana untuk paralayang membutuhkan dana beserta tenaga yang tidak sedikit.

Anda harus mempersiapkan dana yang dirasa mencukupi untuk pergi ke sini. Walaupun tidak dikenai tiket masuk akan tetapi masih ada berbagai hal yang membutuhkan biaya tambahan seperti penggunaan fasilitas, transportasi, konsumsi, dan sebagainya. Jumlah yang dikeluarkan bervariasi dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Oleh karena itu urusan dana harus dipersiapkan sebelum berangkat ke sini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Nyang Nyang Bali

Tempat wisata ini berada di kawasan Uluwatu. Kawasan ini terletak di Kuta Selatan dan masih termasuk daerah Kabupaten Badung di Pulau Bali. Lokasinya berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat tempat wisata Seminyak dan Wisata Canggu di Kabupaten Badung.

Google Maps

Anda bisa mencapai tempat ini dari kawasan Gunung Payung maupun Morabito. Dari kedua tempat itu, Anda bisa langsung menuju Jalan Raya Uluwatu Pecatu kemudian ke Jalan Batu Nunggalan. Anda akan menemukan pintu masuk Pantai Nyang Nyang di situ.

Selain melewati dua daerah itu, Anda juga bisa pergi ke sana secara langsung dari Bandara Ngurah Rai. Anda bisa melewati Jalan Dharmawangsa kemudian menuju ke Jalan Toya Ning 1. Dari sini Anda bisa menuju Jalan Raya Uluwatu dan Jalan Batu Nunggalan untuk mencapai pintu masuknya. Jadi, walaupun lokasi tempat ini kelihatannya tersembunyi, tetapi masih cukup mudah dijangkau dari berbagai tempat.

Pantai Nyang Nyang sangat dekat dengan Pura Uluwatu. Jarak kedua tempat itu hanya satu kilometer. Tidak heran, karena kedua tempat ini masih berada dalam satu kawasan. Jika Anda kebetulan pergi ke Pura Uluwatu, maka tidak ada salahnya Anda berkunjung ke tempat ini. Anda bisa ke sini menggunakan kendaraan bermotor pribadi atau menyewa jasa angkutan umum dari penduduk desa di sekitar situ.

Setelah sampai di pintu masuk, Anda harus naik bukit yang membentang sebelum mencapai lokasi pantai. Diperlukan tekad dan fisik yang kuat agar bisa melewatinya. Setelah itu, Anda masih harus menuruni ratusan anak tangga agar bisa masuk ke area tempat wisata ini. Jangan khawatir, segala kelelahan Anda akan segera terbayar begitu menyaksikan keindahan langsung panoramanya.

3 Penginapan Terbaik dan Terdekat di Pantai Nyang Nyang Bali

Khayangan Estate

Tempat ini masih terletak di kawasan Uluwatu sehingga jaraknya tidak begitu jauh dari Pantai Nyang Nyang. Anda bisa menikmati berbagai fasilitas seperti wifi, AC, restoran, dan juga kolam renang. Fasilitasnya di sini sangat berkualitas. Harga sewa per malamnya bervariasi tergantung jumlah kamar dan juga tanggal reservasi.

Lumbung Wisesa

Penginapan ini juga masih terletak di kawasan Uluwatu. Jaraknya tidak begitu jauh dari Pantai Nyang Nyang. Biaya untuk sewa kamar per malamnya sangat terjangkau. Anda bisa memesan mulai dari 650.000 rupiah per malam secara online. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikmati kamar dengan view lumbung yang unik, wifi, restoran, dan kolam renang.

Made Roejas Family Homestay

Tempat ini merupakan penginapan dengan harga yang sangat terjangkau. Cocok bagi Anda yang menginginkan penginapan sederhana yang nyaman. Dengan harga mulai 45.000 per malam, Anda bisa menikmati kamar sederhana, wifi, dan makanan. Jadi, tempat ini pas bagi Anda yang memiliki budget terbatas.

Keindahan dan keunikan Pantai Nyang-Nyang tentu akan membuat betah siapapun yang berkunjung ke sini, Berbagai kegiatan bisa dilakukan di sini. Fasilitas yang cukup lengkap juga menjadi keunggulannya. Jaraknya dengan kawasan wisata lain juga tidak begitu jauh. Jadi, segeralah kemari untuk membuktikan sendiri keseruannya.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel