Pinhome

Lifestyle

Pantai Mesra Gunungkidul

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 9 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pantai merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan, tak terkecuali Pantai Mesra Gunungkidul. Terkenal dengan pantai-pantainya yang cantik, Gunungkidul adalah surga pantai yang berada di Yogyakarta. Airnya yang jernih dan udaranya yang sejuk memberikan sensasi tertentu apabila kamu berkunjung ke sana.

Salah satu contoh nyata dari indahnya pesona pantai Gunungkidul ialah Pantai Mesra. Jika kamu berkunjung ke daerah Gunungkidul, kamu wajib bermain ke pantai cantik ini. Pembangunan yang dilakukan pemerintah setempat untuk memperindah Pantai Gunung Kidul memberikan kesan yang elok ketika dikunjungi. Jika kamu penasaran dengan pantai ini mulai dari harga tiket, fasilitas, dan pemandangan yang ditawarkan di pantai ini, kamu dapat mengetahuinya lewat penjelasan berikut ini.

Sebelum terkenal seperti saat ini, Pantai Mesra Gunungkidul biasa disebut sebagai Pantai Ngrawe Gunungkidul. Pantai Mesra berada di satu kawasan dengan Pantai Baron, sehingga tidak heran lokasi antara kedua pantai sangat berdekatan. Gunungkidul sendiri bahkan dijuluki sebagai kabupaten 1000 pantai saking banyaknya pantai yang terbentang di pinggiran daratan Kabupaten Gunungkidul. Pengelolaannya ada yang dilakukan oleh pemerintah ataupun pihak swasta seperti perorangan atau sekelompok orang.

panorama pantai mesra gunungkidul jogja
instagram/bang.udin90

Untuk usia sebuah pantai, Pantai Mesra masih tergolong sangat muda. Pantai ini baru dibuka dan diberdayakan oleh salah seorang pengusaha yang bergerak di bidang otomotif dan kafe pada bulan Juni tahun 2019. Saat diperkenalkan ke publik, Pantai Mesra langsung diserbu oleh turis-turis yang berdatangan. Terlebih banyak orang asli Gunungkidul yang merantau sehingga mereka membawa sanak keluarganya atau teman-temannya untuk berkunjung ke Gunungkidul.

Pedagang juga banyak berjualan di Pantai Mesra Gunungkidul. Kurang lebih sekitar 25 pedagang membuka kios makanan dan minuman yang telah disediakan oleh pengusaha pantai ini. Kios makanan dan minuman itu berkumpul di satu bangunan berbentuk Joglo. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin bermalam di sekitar Pantai Mesra, mereka dapat menyewa penginapan model cottage dengan fasilitas resto dan kolam renang.

fasilitas pantai mesra gunungkidul jogja
instagram/rizalas_26

Di Pantai Mesra, kamu bisa menemui tempat-tempat duduk yang sudah disediakan oleh pengelola pantai. Jika kamu berniat untuk menikmati hawa pantai sekaligus menyantap makanan, kamu bisa berkunjung ke salah satu gerai yang ada di pantai dan memesan makanan dengan view yang menghadap ke laut. Selain itu, kamu juga bisa berjalan-jalan di atas pasir pantai atau bermain-main pasir dengan teman-teman atau saudaramu.

Disamping itu, jika kamu berencana untuk berlibur di sekitar pantai dan ingin lebih lama lagi berada di sekitar Kabupaten Gunungkidul, maka pengelola pantai telah menyediakan penginapan bagimu. Kamu akan mendapatkan kamar dengan fasilitas yang lengkap, kolam renang, serta restaurant yang ada di penginapan. Jika kamu pergi bersama rekan kerja untuk keperluan kerja, kamu juga bisa menyewa ruang meeting untuk melaksanakan kegiatanmu.

suasana pantai mesra gunungkidul jogja
instagram/d_yudha_17

Bagi mereka yang singgah untuk sekadar menikmati pemandangan pantai, maka tidak perlu ragu untuk menghamparkan tikar atau sesekali menceburkan diri ke pantai. Mayoritas wisatawan memang melakukan hal tersebut ketika mereka berkunjung ke Pantai Mesra Gunungkidul. Terlebih daerah pantai ini yang dijaga dengan bersih, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika akan terkena penyakit kulit.

Lokasi Pantai Mesra Gunungkidul

Untuk lokasi, Pantai Mesra berada di daerah Pantai Kukup, Ngepung, Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika kamu berniat mengunjunginya malam-malam untuk mengadakan sebuah acara, maka kamu bisa menyewa tempat yang ada di sekitaran pantai.

Google Maps

Tak heran jika pantai satu ini dinamakan sebagai Pantai Mesra. Suasananya yang mendayu mendukungmu untuk bermesra-mesraan bersama dengan orang terdekatmu, khususnya pasanganmu. Hanya bermodalkan motor dan uang yang tidak terlalu banyak, kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai. Terlebih, jika kamu berkunjung menjelang matahari terbenam. Kamu akan melihat pemandangan yang sangat elok di Pantai Mesra.

Jam Buka

Pantai cantik ini buka 24 jam, tanpa waktu tutup ataupun waktu buka. Namun, pedagang di sekitarnya baru mulai berdatangan ketika jam 8 atau jam 9 pagi.

Rute Menuju Pantai Mesra Gunungkidul

Untuk mengunjungi Pantai Mesra, kamu bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Kendaraan umum yang bisa mengantarkanmu ke tujuan salah satunya adalah Bus Damri. Kamu dapat menaiki Bus Damri tujuan Wonosari kemudian melanjutkan perjalanan dari titik terdekat. Cara satu ini memang cukup sulit dilakukan namun dapat menjadi alternatif untukmu.

Selain itu, kamu juga bisa menaiki kendaraan pribadi untuk pergi ke Pantai Mesra. Baik motor maupun mobil dapat menjadi pilihan untuk bisa ke Pantai Mesra. Asalkan, kendaraan pribadi yang dibawa sudah dicek kelengkapannya terlebih dahulu untuk memastikan bahwa keselamatanmu terjaga. Apalagi Gunungkidul memiliki jalan yang berliku-liku.

Harga Tiket Masuk Pantai Mesra Gunungkidul

Untuk masuk ke Pantai Mesra Gunungkidul, kamu harus merogoh kocek kurang lebih Rp 13.000 saja. Dimana, Rp 3.000 untuk memarkirkan kendaraan kalian, dan Rp 10.000 untuk bisa masuk ke pantai ini. Tiket Rp 10.000 yang kamu bayar untuk memasuki pantai sudah termasuk pantai yang berada di sekitar Pantai Mesra seperti Pantai Baron dan sebagainya. Tentunya, harga tersebut terbilang sangat terjangkau untuk masuk ke pantai.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel