Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Pantai Laguna Kebumen – Review Foto dan Lokasi

Lifestyle

Pantai Laguna Kebumen – Review Foto dan Lokasi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 30 August 2018 ∙ 4 menit membaca

Kebumen terkenal dengan kawasan pantainya yang indah, dan tidak jarang para wisatawan selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke pantainya. Namun, dari sekian banyaknya pantai di Kebumen, terdapat 1 pantai yang cukup unik untuk dikunjungi, yaitu Pantai Laguna Lembupurwo Kebumen. Ternyata, masih banyak orang yang belum tahu keberadaan pantai ini, karena memang sengaja dibuat oleh penduduk lokal.

Hal Itu terjadi karena beberapa tahun yang lalu, penduduk lokal melihat kondisi muara sungai Wawar yang cukup mengkhawatirkan. Diperkirakan ke depannya bisa saja menghilangkan gumuk pasir yang berada di sekitarnya. Karena kekhawatiran tersebut, penduduk lokal akhirnya memutuskan membuat sebuah kanal agar arus sungai yang mengalir.

Baca Juga:

Review dan Foto Pantai Laguna

Untuk melengkapi keindahan di pantai tersebut, di sekitar wilayah ditumbuhi banyak pepohonan hijau. Seperti hutan cemara yang terhampar luas dan nyaman dipandang. Jika Anda memasuki kawasan hutan cemara, Dapat melihat laguna air yang begitu jernih dan sayang untuk lewatkan.

Panorama Pantai Laguna Kebumen yang Sangat Mempesona

Pengunjung tidak akan kepanasan karena sejuknya pepohonan yang terhampar luas. Tidak heran kalau suasana santai yang dinikmati bisa lebih nyaman karena hawa panasnya tidak begitu terasa. Pasirnya pun cukup gelap dan berair, jadi Jika pengunjung ingin bermain pasir lebih baik menggunakan media pendukung. Seperti sendok pasir, ember mainan kecil, dan sebagainya agar tidak terlalu kotor dan berair di tangan.

Asyiknya Liburan di Pantai Laguna Kebumen

Pengunjung yang ingin mencari makanan atau minuman, bisa mengunjungi warung-warung di sekitar kawasan Pantai Laguna. Harganya pun sangat terjangkau. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa persediaan makanan atau minuman dari rumah. Namun, ada hari spesial di mana pantai tersebut lebih ramai dikunjungi para wisatawan. Yaitu saat diadakannya acara Grebeg Rowo. Acara tersebut biasanya diadakan 9 hari setelah hari raya Idul Fitri setiap tahunnya. Ada pula tradisi sedekah laut yang selalu dilakukan di tiap bulan Sura.

Baca Juga:

spot foto keren ayunan di pantai laguna lembupurwo kebumen
Spot Foto Ayunan di Pantai Laguna Purwokerto

Jika merasa penasaran dengan acara-acara tersebut, datanglah beberapa jam sebelum acara dimulai. Agar Anda tidak mendapati tempat yang sudah dipadati oleh pengunjung lainnya. Pastinya akan ada banyak pengunjung yang datang untuk mengikuti acara-acara kedaerahan tersebut.

hunting foto cakep di pantai laguna lembupurwo kebumen
Hunting Foto Cakep di Pantai Laguna Kebumen

Lokasi Pantai

Pantai ini terdapat di Lembupurwo, daerah Mirit, yang berada di Kabupaten Kebumen yang terletak di Jawa Tengah. Peta Google Map.

Rute Menuju Pantai Laguna Kebumen

Ada beberapa rute yang bisa Anda gunakan, diantaranya:

1. Dari Kota Purworejo

Dari Purworejo, Anda hanya perlu melanjutkan perjalanan ke Kutoarjo dan harus melalui selatan Stasiun Kutoarjo. Terus saja sampai mengarah ke Grabag dan ikuti setiap papan petunjuk yang mengarahkan Anda ke Kebumen. Setelah mulai memasuki Kebumen, lewati jalan ke arah Pantai Jetis dan Pantai Ketawang. Setelah 10 km, akan tiba di Kecamatan Mirit. Ikuti saja papan petunjuknya yang mengarah ke Pantai Laguna Lembupurwo Kebumen.

2. Dari Jogja

Dari Jogja, lanjutkan perjalanan ke Purworejo melalui Wates. Sesaat sebelum tiba di tugu sambutan Purworejo, belok kiri dan ikuti saja jalan tersebut sampai melewati Pantai Jatimalang. Teruskan saja perjalanan sampai Kebumen – Gombong. Setelah mulai memasuki Kebumen, lewati jalan yang ke arah Pantai Jetis dan Pantai Ketawang. Setelah 10 km, Anda akan tiba di Kecamatan Mirit. Ikuti saja papan petunjuknya yang mengarah ke Pantai Laguna Lembupurwo Kebumen.

Harga Tiket Masuk Pantai Laguna Kebumen

Sebenarnya, untuk masuk ke pantai ini tidak harus membayar biaya apapun, kecuali untuk parkir saja sebesar Rp 3.000. Tetapi, jika Anda datang pada hari libur, wajib membayar biaya masuk sebesar Rp 3.000 dan parkir sebesar Rp 3.000.


Masih banyak lagi tempat wisata di Kebumen yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari wisata pantai, wisata alam lainnya, dan edukasi yang seru untuk keluarga. Selain itu, kebanyakan destinasi di Kebumen menawarkan harga tiket masuk yang terbilang murah dengan fasilitas lengkap. Tentunya, suasana berlibur akan semakin lengkap di daerah yang satu ini.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel