Pinhome

Uncategorized

Panduan Memperbaiki Bel Rumah yang Rusak

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Beberapa bangunan memiliki bel rumah untuk mempermudah tamu yang datang. Namun, karena sering dipakai, bel rumah bisa menjadi cepat rusak. Seperti tak berhenti berbunyi karena tombolnya tersangkut. Jika dibiarkan terus menerus, hal itu menyebabkan bel justru menjadi tidak berfungsi kembali.

Jika sudah seperti itu terpaksa Anda harus melepaskan tombolnya dari kabel dan segera memperbaikinya karena belnya akan aus sehingga Anda harus membeli bel yang baru. Hal tersebut pasti sangat meresahkan Anda. Terlebih lagi bagi orang-orang yang memiliki rumah besar pasti sangat membutuhkan bel.

Berikut ini adalah beberapa cara memperbaiki bel rumah dengan mudah

Apabila belnya tidak berbunyi tapi mengeluarkan suara dengungan pastikan kabel terhubung pada terminal di unit bel. Periksa sambungannya, bersihkan dengan amplas halus atau pembersih sambungan listrik. Setelah itu periksa pistonnya karena bisa jadi diakibatkan sudah usang. Sebaiknya Anda tidak pernah memberi bel minyak karena berakibat buruk pada komponen pistonnya.

Cek kabel, mungkin saja ada kabel yang putus. Jika memang kabel putus kupas pembungkus dari ujung kabelnya kemudian sambungkan dengan kabel yang sesuai.

Jika Anda mendapati bel sama sekali tidak berdering atau berdengung, itu artinya arus listrik tidak terhubung pada sistem. Periksalah trafonya karena dikhawatirkan bisa ada sesuatu bagian yang terbakar. Sebelumnya matikan terlebih dahulu aliran listrik karena membahayakan keselamatan Anda. Kemudian, cek semua kabel yang terhubung dan aman untuk trafo, bel serta tombolnya.

Lepaskan tombolnya kemudian periksalah. Tombol adalah bagian utama yang bergerak pada sistem sehingga cepat mudah rusak. Lepaskan sekrup pada tombol kemudian perlahan tarik tombolnya keluar dengan hati-hati.

Lihat, apakah dua kabelnya terhubung dengan aman ke terminal sekrupnya. Lalu, tempel obeng ke kedua terminal, Anda juga bisa menyikirkan dua kebelnya dan sentuh secara bebarengan.

Tags :

Bagikan Artikel