Paket Kiriman J&T Belum Diterima Tapi Status Delivered / Sudah Diterima

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 19, 2022 ∙ 3 menit membaca

Pernah mengalami kejadian paket kiriman J&T belum diterima tetapi setelah dicek nomor resi pengirimannya, statusnya delivered / sudah diterima / terkirim? Jika pernah, bukan cuma Anda saja yang mengalami. Barang belum diterima tapi status barang sudah terkirim dan ada nama penerimanya, memang bisa bikin orang bertanya-tanya. Kenapa sih paket belum sampai kok keterangannya sudah terkirim?

Komplain ke J&T memang bisa membantu. Tapi kalau komplain lewat telepon, juga perlu biaya pulsa, kalau menghubungi nomor telepon J&T via HP. Tapi, sebaiknya jangan buru-buru telepon dulu. Agar lebih jelas, sebaiknya kunjungi J&T terdekat.

Bayangkan sudah berhari-hari nunggu paket, belum dateng juga. Begitu dicek, status barang sudah diterima, tapi barang belum ada di tangan. Kenapa ini bisa terjadi?

Jadi begini, kurir J&T (kalau di J&T disebut sprinter) dikasih target dalam mengirim barang. Misal, dalam sehari bawa 50 paket. Eh ternyata, 50 paket tersebut tidak semuanya terkirim. Ada beberapa yang belum sempat dikirimkan. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, pengiriman barang bisa terhambat. Nah, para kurir itu berpengaruh terhadap status resi pengiriman. Kalau kurir sudah melaporkan pengiriman paket, nanti di sistem J&T nya statusnya diubah jadi delivered atau terkirim atau sejenisnya.

Misal, sehari bawa 50 paket, eh ternyata cuma 40 paket yang berhasil dikirimkan dan diterima oleh penerima. Yang 10 paket tersebut biasanya dikirimkan hari berikutnya. Tapi, agar seolah-olah 50 paket itu selesai dalam sehari, kurir membuat laporan bahwa yang 10 paket itu sudah diterima. Padahal kenyatannya belum diterima.

Jadi, jika Anda mengalami kejadian seperti itu, paket belum diterima, tapi setelah dicek nomor resinya, paket sudah terkirim, maka bisa jadi paket Anda sudah ada di kurir. Sebaiknya tunggu sampai hari berikutnya, jangan buru-buru lapor. Jika Anda sering menggunakan jasa J&T, ada baiknya untuk menyimpan nomor HP kurir.

Bagaimana kalau menghubungi J&T lewat telepon?
Tindakan kurir seperti tadi sebenarnya tidak diperbolehkan. Jika Anda menelepon pihak J&T kemudian menceritakan bahwa paket Anda belum diterima tapi statusnya sudah diterima, biasanya customer service (CS) J&T meminta nomor resi paket kiriman Anda. Kemudian CS melakukan pengecekan nomor resi tersebut. Setelah dicek, bisa diketahui status barang, dan juga nama kurir (sprinter) yang bertanggung jawab terhadap paket kiriman Anda.

Kurir tersebut bisa saja dihubungi oleh pihak J&T kemudian dikasih sanksi berupa denda. Saya punya teman yang bekerja sebagai kurir J&T, pernah kena denda sebesar sepuluh kali ongkos kirim. Kalau ongkirnya 10.000, dikali 10, berarti dendanya Rp100.000. Bayangkan kalau ongkirnya sampai 50.000. Denda untuk satu paket saja bisa mencapai Rp500.000.

Memang apa yang dilakukan kurir itu tidak dibenarkan, karena bisa bikin bingung penerima paket, yang ujung-ujungnya bisa mendapatkan review negatif dari penerima paket. Tapi, kalau harus kena denda sepuluh kali ongkir ya kasihan juga.

Jika status paket Anda sudah diterima padahal belum diterima, ada baiknya untuk mendatangi kantor / drop point terdekat, tanyakan ke Admin J&T perihal paket Anda. Minta nomor HP kurirnya, biar langsung japri sama kurirnya. Kalau punya nomor HP kurir kan enak, siapa tau nanti pakai J&T buat kirim paket, bisa hubungi nomor kurir tersebut.

Demikian pembahasan mengenai paket kiriman J&T belum diterima tapi statusnya sudah diterima.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia