Extra Fooding Kenari agar Gacor dan Rajin Bunyi - Pinhome

Pinhome

Extra Fooding Kenari agar Gacor dan Rajin Bunyi

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 19 October 2021 ∙ 7 menit membaca

Extra fooding Kenari – Burung Kenari termasuk jenis burung yang juga sempat menjadi primadona di pasar burung tanah air. Namun, seiring dengan munculnya burung kicau jenis baru seperti Murai Batu, Tledekan, Kacer, Lovebird dan sebagainya, nama Kenari kian meredup di pasar burung Indonesia.

Akan tetapi, jika menilik suara burung Kenari gacor tentunya burung ini tidak dapat dikesampingkan dan akan tetap memiliki tempat tersendiri di hati para pecintanya. Jika berbicara tentang Kenari gacor dan rajin bunyi, hal tersebut merupakan harapan dan impian para kicau mania meski terkadang hal tersebut tidak sesuai.

Agar burung Kenari gacor dan rajin bunyi, kamu dapat memberikan pakan tambahan yang bergizi. Makanan burung Kenari ini berasal dari alam sehingga dapat dipastikan aman dan tidak memiliki efek samping. Extra fooding Kenari berupa sayur, buah, dan pakan hewani, biasanya lebih cepat membuat burung gacor dan rajin bunyi.

Burung Kenari dapat diberi berbagai macam extra fooding alami. Kamu dapat mencarinya sendiri dan tidak perlu beli karena sebagian besar makanan tersebut sudah tersedia di lingkungan dekat rumah.

Bagi kamu yang tinggal di pedesaan, tentunya makanan burung Kenari sudah tersedia cukup banyak di pekarangan. Hanya saja, porsi dan frekuensi pemberian pakan harus disesuaikan dengan kondisi burung Kenari.

Sebab, setiap jenis makanan dapat berpengaruh pada kesehatan dan birahi burung. Kalau sampai salah memberi pakan, burung Kenari yang harusnya diturunkan birahinya malah membuat burung Kenari over birahi.

Baca Juga: Kenari Macet Bunyi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Extra Fooding Kenari

extra fooding kenari

Dibawah ini merupakan exta fooding Kenari agar gacor dan rajin bunyi.

1. Kroto

Kroto sangat cocok dijadikan sebagai pakan tambahan burung Kenari karena mengandung banyak protein. Namun, saat ini keberadaan kroto mulai langka di berbagai kios burung. Alhasil, banyak kicau mania beralih ke pakan tambahan yang lain.

Baca juga: Manfaat Krokot Untuk Lovebird dan Cara Memberikannya

2. Telur Puyuh

pakan kenari

Selain kroto, telur puyuh juga mengandung protein tinggi sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pakan tambahan burung Kenari. Sudah banyak resep racikan pakan Kenari yang dibuat dari bahan telur puyuh. Biasanya, pakan ini untuk Kenari menjelang lomba atau burung yang sedang memulihkan kondisi tubuh.

3. Apel Merah

pakan kenari

Buah yang dapat dijadikan sebagai pakan tambahan burung Kenari adalah buah apel merah karena mengandung banyak vitamin, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, serat, mineral, dan fitonutrien.

4. Daun Mengkudu

Manfaat daun mengkudu untuk burung Kenari sangat banyak, di antaranya dapat menyembuhkan tenggorokan serak, meningkatkan volume suara, mengatasi suara ngriwik, membuat burung rajin bunyi, melancarkan pencernaan, menjaga stamina burung, dan lain-lain.

5. Kubis

Hampir sama dengan daun sayur yang lain, kubis juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan burung sehingga cocok dijadikan sebagai pakan tambahan burung Kenari. Burung yang mengonsumsi kubis biasanya tidak terlalu over birahi. Pemberian kubis harus diganti secara rutin karena kubis mudah busuk atau layu.

6. Cabai Merah

Banyak yang mengira burung Kenari akan kepedasan saat memakan cabai merah. Padahal, burung tidak memiliki reseptor lidah seperti manusia. Sehingga burung dapat memakan berbagai jenis cabai, termasuk cabai merah.

7. Buah Jeruk

Semua tahu, bahwa buah jeruk mengandung vitamin C yang bagus untuk memperkuat daya tahan tubuh, menguatkan tulang, melancarkan pencernaan burung, dan lain sebagainya.

8. Daun Ginseng

Orang-orang di Korea memanfaat daun ginseng untuk pengobatan tradisional. Ternyata manfaatnya juga baik untuk burung Kenari. Daun ini dapat menjadi sumber energi, meningkatkan sirkulasi darah, menjaga berat badan burung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan menjaga keseimbangan hormon.

Baca juga : Cara Merawat Kenari Bakalan Agar Cepat Bunyi dan Gacor

9. Biji Canary Seed

Mungkin banyak yang tidak tahu, biji canary seed mengandung lemak, minyak, hingga protein. Biji-bijian ini sangat cocok dimakan saat burung Kenari sedang kedinginan, mabung, atau cuaca hujan. Terkadang biji canary seed juga diberikan untuk mendongkrak birahi Kenari. Pemberian biji ini cukup seperempat cepuk saja.

10. Biji Hitam Niger Seed

biji niger
(Shutterstock)

Ternyata biji hitam dan biji canary seed memiliki manfaat yang hampir sama. Tak heran, burung Kenari selalu diberi biji-bijian seperti ini di saat-saat yang dibutuhkan saja. Jadi, pemberian biji hitam tidak boleh setiap hari.

Baca juga: Racikan Biji Niger Untuk Makanan Burung Lovebird

11. Sawi

Sayur daun sawi mengandung serat yang tinggi dan baik untuk pencernaan. Namun, kamu perlu berhati-hati karena daun sawi dapat membuat Kenari cepat gemuk. Sehingga pemberian sawi sebaiknya tidak setiap hari.

Untuk menjadikan daun sawi sebagai pakan tambahan burung Kenari atau cara memberikan daun sawi bisa dicuci dulu kemudian digantung di dinding sangkar.

Baca juga: Manfaat Sawi Putih Untuk Lovebird

12. Biji Fumayin

Dulu biji fumayin terkenal sebagai EF burung Kenari untuk membuatnya gacor. Namun, sekarang peredarannya mulai dibatasi karena efeknya dapat membuat burung kecanduan. Selain, orang yang menjual fumayin dapat berurusan dengan pihak berwajib karena fumayin mengandung zat adiktif.

13. Biji Sawi

Daun sawi dapat memperlancar sistem pencernaan burung. Sedangkan bijinya dapat membuat Kenari gacor dan rajin bunyi sehingga sangat cocok sebagai extra fooding Kenari. Kandungan di dalamnya yakni vitamin C dan vitamin A.

14. Milet Putih

Pakan milet putih sudah menjadi menu makanan sehari-hari burung pemakan biji-bijian. Manfaatnya tentu untuk menambah energi dan membuat burung rajin berkicau.

Baca juga: Jenis Makanan Berbahaya Untuk Burung Kenari

15. Milet Merah

Tidak berbeda jauh dengan milet putih, milet merah juga diberikan sebagai sumber energi burung. Terkadang, milet putih dan milet merah juga dicampur agar mendapatkan khasiat yang luar biasa.

16. Jagung Muda

Untuk burung Kenari lomba sangat cocok diberi jagung muda yang kecil-kecil. Sebab, jagung muda mengandung kalori, vitamin, dan mineral yang bagus untuk kesehatan burung yang membuat jagung muda cocok sebagai pakan burung kenari

17. Wortel

Wortel dapat membantu menghasilkan pigmen warna pada bulu Kenari. Sehingga, bulu Kenari yang warnanya kusam dapat menjadi lebih cerah dengan pemberian wortel. Cara pemberian wortel untuk Kenari yaitu direbus dulu kemudian diparut sampai halus.

18. Buah Pepaya

Tahukah kamu, buah pepaya banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata burung. Selain itu, buah ini juga dapat memperlancar pencernaan burung.

19. Selada

Burung Kenari yang memakan selada pasti akan terhindar dari radikal bebas karena terdapat anti oksidan pada selada. Di samping itu, pemberian daun selada dapat membuat bulu burung Kenari semakin cerah dan tidak kusam.

20. Gambas atau Oyong

Sayur gambas atau oyong dapat mengatasi gangguan pernapasan, menajamkan penglihatan burung, mengatasi radang tenggorokan, sebagai obat cacing, anti-oksidan, mengatasi burung kegemukan, menurunkan rasa panas pada tubuh burung, menstabilkan birahi burung, dan memancing burung cepat bunyi.

21. Ulat Hongkong

makanan jalak suren
(Shutterstock)

Apabila burung bosan makan milet putih saja, kamu dapat memberikan pakan tambahan berupa ulat hongkong. Ulat ini dapat mendongkrak energi dan stamina Kenari di lomba, meningkatkan performa di lomba, menaikkan birahi, dan menjadikan burung Kenari rajin bunyi.

Baca juga: Ulat Hongkong vs Ulat Kandang, Mana Yang Lebih Bagus?

22. Mentimun

Manfaat mentimun pada burung Kenari dapat mendinginkan suhu tubuh Kenari di saat cuaca panas, mengurangi lemak di tubuh, dan menurunkan birahi burung. Pemberian mentimun dapat digantung di jeruji sangkar atau diambil bijinya saja, lalu dikeringkan dan diberikan pada burung Kenari.

Makanan Kenari di atas sangat bergizi dan tanpa efek samping. Setelah mengkonsumsi extra fooding Kenari, perlahan burung akan lebih gacor dan rajin bunyi seperti yang diharapkan. Sehingga saat mengikuti lomba, burung Kenari jadi gacor dan tidak akan macet bunyi.

Burung lebih aktif di lapangan dan performanya meningkat. Selain extra fooding Kenari, kamu juga harus memberikan latihan dan perawatan rutin pada Kenari, seperti mandi jemur, pemasteran, pengembunan, dan lain-lain.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang extra fooding Kenari agar gacor dan rajin bunyi.

Baca juga: Cara Merawat Kenari Agar Ngedur Saat Lomba


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Grand Al Ihsan di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel