Makanan Jalak Suren Terbaik Agar Rajin Bunyi

Diperbarui oleh Mega Puspita Ratna ∙ September 1, 2022 ∙ 8 menit membaca

Makanan Jalak Suren – Salah satu jenis burung yang sedang hangat diperbincangkan dan sampai kicau mania melakukan aksi damai 148 adalah Jalak Suren. Jalak Suren merupakan salah satu jenis burung yang masuk dalam daftar burung yang dilindungi Indonesia. Meskipun begitu, ambisi masyarakat untuk tetap pelihara masih tinggi.

Tidak terkecuali para pemula yang ikut memelihara burung ini meskipun mereka masih bingung harus memberi makanan apa agar cepat gacor. Kicauan Jalak Suren memang sudah jadi rahasia umum dengan khas tersendiri. Baik Jalak Suren jantan, maupun betina, keduanya memiliki kicauan yang sama merdunya. Selain itu, harga Jalak Suren terbilang cukup terjangkau untuk semua kalangan.

Kemampuan Jalak Suren dalam berkicau sebenarnya sangat dipengaruhi oleh cara merawatnya, baik merawat sangkarnya agar selalu bersih, maupun pemberian makanan Jalak Suren dengan asupan bergizi tinggi dan lain sebagainya.

Selain itu, dengan selalu memperhatikan makanan Jalak Suren, tentu saja kemampuannya dalam berkicau juga akan ikut terjaga. Pakan Jalak Suren yang bergizi bisa membuatnya semakin aktif dan makin mudah jika dilatih untuk menirukan kicauan masternya.

Makanan Jalak Suren Terbaik 

makanan jalak suren

Bagi kamu yang memelihara Jalak Suren baik yang sudah berkicau dengan rajin maupun yang masih dalam proses pelatihan dengan master kicaunya, maka sebaiknya perhatikan makanan Jalak Suren yang akan diberikan.

Semakin berkualitas pakan Jalak Suren yang disuguhkan, akan makin bagus pula buat stamina dan kesehatan Jalak Suren agar tetap terjaga. Apalagi jika pemberian pakannya bisa dilakukan dengan rutin setiap hari, tentu hasilnya akan semakin maksimal.

Buah-buahan Untuk Jalak Suren

Pakan yang paling disukai Jalak Suren adalah buah-buahan. Ada banyak sekali buah yang di sukai Jalak Suren ketika berada di alam liar, seperti pisang, pepaya dan lain-lain. Namun, pepaya dan pisang merupakan buah yang paling di sukai oleh burung Jalak Suren karena kedua buah tersebut bergizi tinggi, cukup lembek dan mudah dicerna.

Selain kedua jenis buah-buahan tersebut, Jalak Suren juga menyukai buah apel yang masih segar. Namun, jika dibandingkan dengan buah pepaya dan juga pisang, maka tentu saja Jalak Suren lebih suka dengan buah pepaya maupun pisang.

Pisang Kepok

Pakan Jalak Suren yang paling di sukai adalah pisang kepok. Banyak sekali kandungan protein, kalori, lemak, karbohidrat, zat besi dan juga asam folat dalam buah pisang ini yang sangat bermanfaat bagi perkembangan burung Jalak Suren.

Jalak Suren yang rutin memakan pisang kepok berat badan nya akan bertambah, karena pisang kepok mengandung banyak karbohidrat. Selain itu, paruh dan tulang-tulang nya akan makin kuat karena kalsium dan fosfor di dalam pisang kepok. Bahkan, pisang kepok juga bisa melancarkan sistem pencernaan Jalak Suren.

Baca juga : Daftar Harga Burung Jalak Paling Lengkap Terbaru Update

Saat ini yang paling sering di jumpai adalah dua jenis pisang kepok, yakni yang warnanya putih dan yang berwarna kuning. Pisang kepok putih lebih kecil ukurannya dan lebih kaku daripada pisang kepok kuning. Namun, lebih enak dimakan karena tidak menyangkut di paruh Jalak Suren.

Kamu bisa memberi pakan Jalak Suren dengan pisang yang sudah matang di pohon karena kandungan gizi nya sudah pasti lebih bagus daripada yang matang oleh karbit (matang karbitan). Bisa kamu berikan sehari sekali 1pcs yang di mix dengan buah lainnya seperti pepaya atau apel.

Apel 

Pemberian buah apel segar yang sudah di belah jadi 2 bagian bisa juga dijadikan sebagai penambah asupan gizi bagi burung. Pastikan jangan diberikan saat kondisi buahnya masih dingin atau yang baru keluar dari kulkas, tapi berikan buah apel yang benar-benar fresh.

Jika dibandingkan dengan pepaya dan buah pisang, pastinya Jalak Suren akan lebih menyukai buah apel yang kondisinya masih sangat segar. Hal ini bisa di lihat dari caranya dia makan yang biasa nya akan lahap sekali jika di kasih apel ataupun pisang segar.

Pemberian buah apel yang masih segar tersebut bisa dijadikan sebagai makanan Jalak Suren rutin agar dia tidak merasa bosan dengan pisang dan buah pepaya yang setiap hari dia makan. Bisa di mix waktunya antara pemberian buah apel maupun pisang segarnya.

Pepaya

Buah pepaya bisa kamu berikan sekali saja dalam sehari dengan takaran secukupnya yang di mix dengan pisang kepok atau buah apel atau bisa juga buah-buahan lain nya yang di sukai oleh Jalak Suren.

Pemberian pepaya segar dalam jumlah berlebihan bisa merugikan pencernaan burung tersebut. Jika pepaya terlalu banyak diberikan, maka Jalak Suren terkadang juga seringkali mencret atau pencernaannya terganggu.

Baca Juga : Mengenal Keunggulan Jalak Rio

Meskipun dalam jumlah yang wajar, pemberian buah pepaya segar bisa memperlancar proses pencernaan Jalak Suren. Namun, jika diberikan tanpa kontrol yang bagus juga bisa berakibat kurang bagus pencernaannya.

Buah pepaya sangat bagus untuk memperlancar proses pencernaan dari burung Jalak Suren agar BAB nya jadi lancar dan Jalak Suren bisa lebih lahap menyantap makanannya. Jika proses makannya lahap, maka kelincahan dan suara gacor nya akan tetap terjaga tentunya.

Jangkrik dan Kroto

makanan jalak suren

Selain buah segar, pakan Jalak Suren lainnya tentu saja kroto dan jangkrik. Jangkrik bisa jadi penyumbang protein terbesar pada Jalak Suren dan salah satu menu wajib baginya karena protein bisa menambah stamina nya.

Jangkrik jadi salah satu yang tak terpisahkan dengan Jalak Suren itu sendiri. Meskipun dalam beberapa hal tanpa diberikan jangkrik pun akan tetap baik-baik saja. Namun, dengan pemberian beberaapa ekor jangkrik setiap harinya bisa meningkatkan stamina dan kesehatan Jalak Suren.

Kamu bisa memberikan jangkrik segar yang masih hidup kepada Jalak Suren cukup 5 ekor saja perharinya agar tidak bosan, namun kebutuhan protein nya tetap terjaga dengan baik. Karena jika diberikan dalam jumlah yang banyak pun tentu saja kelebihan protein nya akan sia-sia.

Baca Juga : Macam macam burung Jalak lengkap

Di alam bebas nya, Jalak Suren bisa melahap banyak serangga dengan porsi sesuka hatinya. Namun saat di pelihara, sebaiknya berikan cukup 5 ekor saja agar pakan Jalak Suren lainnya bisa kamu mix kan dan membuat asupan gizi nya makin bagus.

Selain memberikan jangkrik, kamu juga bisa memberinya pakan kroto alias telur semut rangrang yang kayak sekali kandungan gizi nya. Kandungan protein nya yang sangat tinggi dan kandungan lemaknya yang rendah pada kroto juga sangat baik bagi Jalak Suren agar tidak kegemukan, namun tetap fit kondisinya.

Dengan pakan tambahan berupa kroto segar, Jalak Suren bisa berkicau lebih lantang dan lebih nyaring dari biasanya. Namun, perlu di perhatikan bahwa pemberian kroto cukup 1 sendok makan saja per harinya karena jika terlalu banyak dan ada sisanya, maka kondisi kandang akan jadi bau nantinya.

Jika kamu ingin memberikan pakan kroto lebih dari satu sendok per harinya, maka pastikan saja cara pemberian nya dilakukan dengan setahap demi setahap. Jika 1 sendok pertama habis, maka kamu bisa memberinya 1 sendok lagi setelahnya atau di lain waktu.

Makanan Voer

makanan jalak suren

Selain makanan Jalak Suren alami di atas, Jalak Suren juga bagus jika diberikan pakan voer khusus burung kicau agar variasi makannya juga lebih terjaga dan Jalak Suren terhindar dari rasa bosan berlebihan. Makanan voer diketahui memiliki banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh Jalak Suren.

Hindari memberi pakan Jalak Suren dengan voer yang mereknya berubah-ubah agar kandungan protein, vitamin dan mineralnya tidak ikut berubah. Jika pemberian voer berubah-ubah, maka ada kemungkinan bulu Jalak Suren jadi rontok dan kadang bisa berubah warna.

Baca Juga : Cara merawat cucak ijo agar gacor

Kondisi kesehatan dan stamina dari burung Jalak Suren atau burung berkicau lainnya memang tidak bisa dilepaskan dari pemberian pakan nya yang terjaga setiap harinya. Semakin bagus kualitasnya, tentu saja akan semakin bagus pula untuk perkembangan si Jalak itu sendiri.

Meskipun begitu, jangan abaikan juga pemberian minumnya. Pastikan minuman nya selalu tercukupi dengan baik dan kondisi air nya bersih dan steril dari bakteri-bakteri yang merugikan si burung Jalak.

Kamu bisa mengganti air minumnya tiap hari atau bisa juga sehari 2x ganti. Jangan sampai kehabisan minuman yang cukup lama karena bisa berakibat kurang bagus bagi kesehatan Jalak Suren jika berlangsung terus menerus atau terlalu sering kehabisan minuman.

Dengan asupan gizi yang selalu terjaga dengan baik, maka Jalak Suren bisa berkembang lebih baik lagi tentunya. Hal itu bisa membuat Jalak Suren lebih cerdas dan lebih mudah menirukan master kicau yang di dengarnya.

Demikian sekilas uraian tentang makanan Jalak Suren terbaik agar gacor dan rajin bunyi dan makin sehat tentunya. Semoga ulasan singkat mengenai Jalak Suren ini bisa memberi banyak pencerahan dan manfaat bagi kalian semua. 


Temukan beragam pilihan Temukan beragam pilihan terlengkap rumah dijual di Bandar Lampung & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Stop Loss? Pengertian dan Cara Menggunakannya

Berbicara mengenai dunia investasi dan trading, selalu terdapat istilah-istilah terkait yang mungki

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Xiaomi Terbaik Desember 2022, Wajib Punya!

Xiaomi merupakan salah satu produsen smartphone yang cukup terkenal dan sudah mendunia, terutama un

Finansial
Finansial Pahami Yuk! Contoh Pasar Monopolistik dan Pengertiannya

Pasar monopolistik adalah kebalikan dari pasar persaingan yang sempurna. Pada ilmu ekonomi, arti pa

Gadget
Gadget 8 Cara Mengatasi Lupa Sandi HP Vivo Untuk Pengguna Baru Android

Bagi para pengguna baru android pasti pernah mengalami banyak kendala yang sering dijumpai ketika s

Finansial
Finansial Mudah! Ini 7 Cara Menggunakan Tradingview

Supaya aktivitas jual beli saham yang kamu lakukan berjalan lancar, kamu dapat menggunakan berbagai

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia