Pinhome

5 Tahap Pemberian Pakan Ayam Bangkok Berdasarkan Umur

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 9 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Seperti hewan lainnya, dalam beternak ayam bangkok, pakan menjadi faktor yang sangat penting. Jika kamu menginginkan ayam yang sehat, kuat, dan tangguh, berikan pakan ayam bangkok yang tepat, baik jenis, waktu, maupun cara memberikannya.

Kebutuhan nutrisi ayam bangkok pada setiap tahap pertumbuhannya tidaklah sama. Oleh karena itu, pakan yang diberikan pada ayam pun berbeda, tergantung umurnya. Tulisan di bawah ini mengulas tahap pemberian pakan yang tepat berdasarkan usia ayam.

Pakan Ayam Bangkok Untuk Usia 2 Hari – 2 Minggu

Salah satu cara merawat ayam bangkok yang benar adalah memberikan pakan di waktu yang tepat, yaitu sesudah berusia 2 hari. Sebelum itu, ayam anakan cukup diberi air minum yang bisa juga dicampur vitamin.

Karena pada usia ini ayam masih sangat kecil dan lemah, makanan yang diberikan harus bertekstur halus. Anak ayam masih belajar untuk mematuk dan belum bisa menelan makanan yang ukurannya lebih besar.

Zat gizi yang paling dibutuhkan ayam bangkok pada usia ini adalah protein dan lemak. Oleh karena itu, pakan yang bagus untuk diberikan adalah pakan ayam pedaging. Selain tinggi protein dan lemak, ukurannya pas dan aromanya juga sangat disukai anak ayam.

Baca juga: Mengenal Ayam Bangkok Thailand dan Tips Memilih Kualitas

Pakan Ayam Bangkok Untuk Usia 2 Minggu – 1 Bulan

Menginjak usia 2 minggu, keterampilan anak ayam bangkok untuk mematuk sudah semakin baik, bahkan mulai aktif mencari sendiri makanan di sekitarnya. Ia juga sudah mampu makan makanan yang berukuran agak besar.

Di usia ini, kebutuhan anak ayam akan nutrisi juga berubah. Untuk menjaga agar pertumbuhannya tetap normal, kandungan lemak pada pakan ayam harus dikurangi. Komposisi zat gizi yang paling baik untuk anak ayam usia ini adalah protein 20%, serat 6%, dan lemak 3%.

Jenis makanan yang biasa diberikan di usia ini adalah campuran antara bekatul, jagung, dan tepung ikan dengan perbadingan 3:2:1. Namun, makanan yang dicampur sendiri secara manual tidak dapat diukur nilai gizinya secara akurat sehingga bisa berubah-ubah.

Untuk memastikan komposisi nutrisinya sesuai dengan kebutuhan anak ayam, banyak peternak yang memilih menggunakan pakan khusus, seperti HI-PRO-VITE 591. Karena dibuat di pabrik, perbandingan masing-masing zat gizi dalam pakan ini sudah diukur secara tepat dan seimbang.

Baca juga: 5 Tips Memilih Anak Ayam Bangkok yang Tepat (Kualitas Terbaik)

Pakan Ayam Bangkok Untuk Usia 1–3 Bulan

Pada rentang usia ini, anak ayam sudah mulai dilepas dari kandang atau diumbar, tetapi harus dibatasi karena masih rentan terhadap penyakit. Saat anak ayam berusia 1 bulan, pengumbaran bisa dilakukan paling lama 1 jam setiap hari dan pada umur 2 bulan, maksimal 2 jam setiap hari.

Masa pengumbaran ini sangat penting terutama jika KAMU memelihara atau membudidayakan ayam bangkok birma. Jenis ayam yang satu ini sangat terkenal aktif, lincah, dan cekatan. Jika selalu dikurung, ayam akan menjadi malas bergerak.

Pakan ayam bangkok yang paling tepat untuk usia ini adalah makanan khusus yang berkode 591,592, dan 593. Kode yang digunakan menunjukkan tahapan usianya, yaitu:

  • kode 591 untuk anak ayam usia 1 bulan;
  • kode 592 untuk anak ayam usia 2 bulan; dan
  • kode 593 untuk anak ayam berusia 3 bulan.

Agar ayam cepat gemuk, sebagian peternak memberikan kyojin atau pakan ayam-raksasa di usia 2 bulan. Pakan ini berupa campuran serbuk enzim dan bahan lain yang tinggi protein, lemak, serta kalsium dan biasa diberikan oleh para peternak ayam shamo di Jepang.

Baca juga: 4 Teknik Melatih Ayam Bangkok Aduan (Mutu Pemenang)

Pakan Ayam Bangkok untuk Usia 3 – 6 Bulan

Memasuki usia ini, unggas muda semakin aktif mencari makan sendiri, berlari-lari, bahkan tarung-tarungan hingga berjam-jam lamanya, terutama ayam bangkok super. Pakan yang diberikan harus bisa memenuhi kebutuhan energinya yang semakin besar.

Pakan yang paling baik untuk diberikan adalah jenis khusus dengan kode 593 untuk umur 3 bulan dan kode 594 bagi umur 4 bulan. Untuk usia anak ayam yang sudah menginjak 6 bulan, gunakan campuran pakan butiran berkode 594 dengan beras merah.

Ayam juga bisa diberi suplemen tambahan, seperti vitamin B kompleks dan kalsium/kalk agar cepat besar. Fungsinya adalah untuk membantu supaya pertumbuhan bulu dan tulang berjalan secara maksimal.

Pakan Ayam Bangkok untuk Usia 6 – 8 Bulan

Ayam yang sudah mencapai usia 6 bulan sudah tergolong dewasa. Makanan yang dibutuhkan ayam pada usia ini, tepatnya di usia 7 bulan, adalah yang mengandung protein untuk membentuk tubuh dan otot yang kuat.

Beras merah adalah jenis pakan yang paling tepat untuk diberikan di usia ini, sebagai pengganti voer dan makanan pabrikan. Namun, voer masih bisa diberikan sesekali sampai proses pertumbuhan bulu-bulu ayam selesai dengan sempurna.

Contoh variasi makanan yang bisa diberikan adalah beras merah, nasi, atau voer dengan kode lebih tinggi. Beberapa jenis pakan ayam bangkok tersebut diberikan secara bergantian atau dicampur dan bisa diberikan dalam bentuk pakan basah maupun kering.

Pada usia ini, ayam bangkok betina sudah siap bertelur sehingga inilah waktu yang tepat bagi kamu jika ingin mengembangbiakkan ayam. Kamu bisa memberikan pakan khusus pada ayam agar cepat bertelur.

Pakan khusus tersebut berupa campuran antara pakan pabrikan, bekatul, nasi atau aking (dengan perbandingan 1:2:1) dan sedikit air. Selain itu, ada juga peternak yang menambahkan suplemen ke dalam minuman untuk calon indukan ayam.

Untuk menghemat biaya, pakan pabrikan bisa diganti dengan pakan fermentasi. Dedak/bekatul, gula pasir, suplemen probiotik, dan air dicampur dalam wadah tertutup dan difermentasikan selama 5 hari.

Badan yang tegap dan kuat adalah ciri khas sekaligus merupakan keunggulan yang dimiliki ayam bangkok yang membuat harganya tinggi dan banyak dicari. Semoga ulasan mengenai pakan ayam bangkok ini bisa membantumu sukses membudidayakan ayam jawara ini.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Lifestyle
Lifestyle Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern

Pins, apa yang muncul di benak kamu jika nama Andre Taulany disebut? Wah, mungkin beberapa dari kam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia