BlogLifestyleEdukasi4 Jenis Pakaian Adat Sulawesi Tengah dan Detailnya
0
0

4 Jenis Pakaian Adat Sulawesi Tengah dan Detailnya

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Achlisia Putri

Jul 20, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Pakaian tradisional Suku Kailitop-right-banner

Sulawesi Tengah merupakan provinsi di Indonesia yang wilayahnya paling luas dibandingkan provinsi lain yang berada di Pulau Sulawesi. Salah satu perbedaan kebudayaan ini diantaranya bisa dapati pada bentuk dan model pakaian adat Sulawesi Tengah.

Pins bisa menemukan banyak ragam suku bangsa dan budaya di Sulawesi Tengah. Masyarakat Sulawesi Tengah terdiri dari campuran dari setidaknya delapan suku besar, yakni Suku Kaili, suku Bugis, suku Mori, suku Toli Toli, suku Saluan, suku Babasal, Gorontalo, dan suku Pamona.

Pada artikel kali ini Pimhome akan mengulas penjelasannya untuk Pins pahami bersama.

Baca juga: Pakaian adat Sulawesi Tenggara

Busana Adat Suku Kaili

Suku Kaili merupakan suku yang dominan di provinsi Sulawesi Tengah yang berada di Kabupaten Donggala, Sigi, Parigi-Moutong, Tojo-Una Una, Kabupaten Poso, dan Kota Palu.

Dengan sebab sebagai suku mayoritas inilah maka kebudayaan suku Kaili yang sering tampil mewakili provinsi tersebut di kancah nasional, termasuk dalam hal pakaian adat Sulawesi Tengah.

Busana Adat Suku Kaili
Source : adatnusantara

Pakaian Adat Sulawesi Tengah suku Kaili bernama Baju Nggembe dan Baju Koje. Baju Nggembe merupakan busana adat khusus perempuan atau remaja putri yang dipakai pada saat pesta atau upacara adat. Busana ini mempunyai bentuk cukup unik, yaitu segi empat berkerah bulat dan blus longgar yang panjang nya sampai pada pinggang.

Pemakaian baju Nggembe juga dilengkapi beberapa aksesoris antara lain sampo dada (penutup dada), dali taroe (anting panjang), gemo (kalung beruntai), ponto date (gelang panjang), dan pende (pending).

Untuk busana bawahan, baju Nggembe dilengkapi sarung tenun donggala dengan nama Buya Sabe Kumbaja. Sarung tersebut dikepit pada pinggang dengan ujung sarung terjuntai di pangkal tangan. Sarung ini juga bisa diikat dan dilipat ke samping kiri atau kanan penggunanya.

Bagi para bujang atau pria, pakaian adat Sulawesi Tengah dari suku Kaili dinamakan Baju Koje dan Puruka Pajana. Baju koje yaitu busana atasan berbentuk kemeja berkerah tegak dan berlengan panjang.

Sedangkan puruka pajana yaitu celana lebar yang dilengkapi sarung di pinggang penggunanya. Para pria juga memakai destar (penutup kepala) yang dinamakan siga dan keris yang diselipkan pada pinggang.

Baca juga: Pakaian Adat Sulawesi Utara

Busana Adat Suku Mori

Suku Mori merupakan suku yang berada di daerah sekitar Kabupaten Morowali. Pakaian adat Sulawesi Tengah khususnya suku mori bernama Lambu. Pakaian tradisional Sulawesi Tengah jenis ini untuk wanitanya terdiri dari beberapa pernik yaitu blus berlengan panjang dan rok panjang berwarna merah serta aksesoris lain.

Busana Adat Suku Mori
Source : Cerdika

Aksesoris busana Lambu ini antara lain Pewutu Busoki (Konde), Lansonggilo (tusuk konde), Tole-tole (anting), Enu-enu (kalung), Mala (gelang), Pebo’o (ikat pinggang), dan Sinsi (cincin). Sementara bagi laki-laki, baju yang dikenakan antara lain kemeja dan celana panjang dengan warna merah, destar penutup kepala yang disebut bate, dan ikat pinggang yang disebut sulepe.

Baca juga: Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Busana adat Suku Toli Toli (Buol)

Suku Toli-toli berada di daerah sekitar Kabupaten Toli Toli. Pakaian adat Sulawesi Tengah dari suku tersebut bagi wanitanya terdiri dari:

  • Blus lengan pendek dengan lipatan kecil pada bagian lengan dan manik-manik dari pita emas (badu)
  • Celana panjang dengan hiasan sama (puyuka)
  • Sarung sebatas lutut (lipa)
  • Selendang (silempang), dan
  • Ikat pinggang berwarna kuning.
Busana adat Suku Toli Toli (Buol)
Source : Deteksi Post

Di samping pakaian utama di atas, masih dilengkapi dengan beragam aksesoris yang semakin menambah gemerlapnya busana ini seperti ting-anting panjang, gelang panjang, kalung panjang warna kuning, dan kembang goyang.   Sedangkan bagi kaum laki-laki, pakaian adat yang digunakan antara lain blus lengan panjang berleher tegak, celana panjang, sarung selutut, dan tutup kepala yang dinamakan dengan songgo.

Baca juga: Pakaian adat Sulawesi Barat

Busana adat Suku Saluan

Busana adat Suku Saluan
Source : Mongabay

Suku Saluan berada di daerah sekitar Kabupaten Luwuk. Suku tersebut mempunyai pakaian adat yang dinamakan dengan pakaian Nu’boune dan rok Mahantan untuk wanita, serta pakaian Nu’moane dan Koja bagi laki-laki.

Pakaian Adat Sulawesi Tengah Nu’boune yaitu sejenis blus biasa dengan warna kuning berhiaskan bintang sedangkan rok Mahantan yaitu rok panjang semata kaki. Pada saat memakai busana ini, perempuan suku Saluan juga memakai aksesoris antara lain: Potto (gelang), Kalong (kalung), sunting (anting), dan Salandoeng (selendang).

Sedangkan pakaian Nu’moane yaitu kemeja biasa dan Koja yaitu celana panjang dengan warna gelap. Para laki-laki akan memakai aksesoris berbentuk topi yang dinamakan sungkup Nu’ubak dan sarung dengan nama Lipa.

Baca juga: Pakaian adat Gorontalo


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek juga rumah dijual di BSD melalui Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download